Ikuti 5 Cara Nasmoco Grup agar Bisnis Bisa Berumur Panjang

April 10, 2020

Bagi warga Jawa tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) nama Nasmoco grup bukanlah hal asing. Bagaimana dengan diluar daerah itu?  Masih bisa mengetahui selama rajin browsing. Kenapa dengan Nasmoco, apa kelebihan dan kenapa bisa bertahan selama 59 tahun? Penasarankan!

Kilasan  Perjalanan Nasmoco Grup

Pada tanggal 15 April 1961 sebuah PT bernama PT Ratna Dewi Motor memberanikan diri menyediakan pesanan Toyota Tiara sedan impor di Jakarta dan pesanan 7 unit dari pemerintah Tingkat 1 Jawa Tengah. 
  
Ternyata, usaha ini tak sia-sia, mendapatkan respon bagus dari masyarakat Semarang  sehingga membuat PT. Ratna Dewi Motor Company mendatangkan produk Toyota lainnya.

Pelan tapi pasti PT ini tak hanya menambah penjualan mobil Toyota, tapi juga menjual suku cadang dan membuka bengkel.

Puncak dari perjuangan adalah keberhasilan PT. Ratna Dewi Motor ditunjuk menjadi dealer utama PT. Toyota Astra Motor untuk wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa DIY pada 30 Agustus 1972.

Untuk lebih mudah diingat sekaligus mengokohkan keberadaannya, maka pada tanggal 22 Desember 1973 diubahlah nama PT. Ratna Dewi Motor menjadi PT. New Ratna Motor atau lebih dikenal dengan nama Nasmoco.

Seleksi alam akan selalu terjadi, begitu juga dalam dunia usaha. Siapa yang kuat ia akan mampu bertahan. Tak hanya bisa bertahan sampai puluhan tahun tapi juga mempunyai 24 cabang dan 15 Sales and Service Point (SSP) atau TOSS (Toyota Outlet Service Station) yang tersebar di seluruh wilayah Jawa tengah dan DIY. 

Dalam perkembangannya berbagai penghargaan telah diraih seperti Ajang Toyota Dealer People award 2020, sertifikasi mutu pelayanan yaitu ISO 9001 : 2015 dikeluarkan awal tahun 2019. 

Memiliki banyak cabang, berbagai penghargaan dan berumur panjang merupakan sebuah keberhasilan yang patut disyukuri dan dicontoh bagi pengusaha lainnya.

Apa saja kunci keberhasilan 

1.Memiliki perancangan matang

Nasmoco Group merupakan jaringan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Khususnya produk Toyota.

Dalam menjalankan usahanya ini mereka memiliki perencanaan matang, ini bisa dibaca dari sejarah pendiriannya. Ada 4 orang yang punya kesamaan visi, cara pandang, kebulatan tekad . Setelah ada kesamaan para pendirinya, maka akan lebih matang dalam perencanaan. 

Nasmoco tak hanya melayani penjualan tapi juga servis, dan menyediakan spare part serta rental kendaraan. Artinya mereka ingin apapun yang dibutuhkan customer tersedia di satu tempat. Istilahnya one stop shopping.

2.Memperhatikan kualitas SDM

Dalam menjalankan bisnisnya perusahaan mengedepankan Good Corporate Governance di setiap aspek operasional seperti sales, servis dan spare part.

Selain kebijakan yang bagus kesuksesan perusahaan tidak terlepas dari peran karyawan. Oleh karena itu, cara yang dilakukan dengan rekrutmen karyawan yang memiliki standar kompetensi yang tinggi, selain itu juga mengembangkan SDM melalui training.

Training  diadakan digedung milik sendiri yang berada di Jl. Raya Keliwage km 5  Semarang. Luas bangunannya kurang lebih 900 dilengkapi dengan sarana prasarana pendukung dalam proses belajar dan mengajar.

Adapun pendidikan yang diberikan tak hanya sekedar peningkatan skil dan pengetahuan tapi juga etika. 

Perusahaan menyadari costumer adalah raja sehingga karyawan harus bisa melayani dan punya kepekaan .

 3.mengikuti perkembangan zaman

Di masa ini mobilitas tinggi, setiap waktu begitu berharga dan sebuah kesia-siaan jika terbuang. Maka dari itu nasmoco group 
membuka layanan Booking Service dan Nasmoco App.

Inovasi ini  mempermudah customer mengakses layanan bengkel tanpa harus menunggu lama.

4. Mengutamakan keinginan Customer yang menyukai kemudahan dan kenyamanan

Servis ditempat resmi membuat puas dan tenang karena terjamin dalam pengelolaan mesin kendaraan. Nah, nasmoco group juga menyediakan 2 layanan servis yaitu General Repair serta Body Repair and Paint.

Selain itu setiap bengkel juga dilengkapi dengan Armada Nasmoco Emergency Assistance (NEA) yang siap melayani selama 24 jam. Jadi, kalau kendaraan kita butuh perbaikan lama bisa merental NEA.

Nasmoco juga menyediakan 14 Sales Service Point (SSP) di beberapa daerah yang belum terjangkau oleh bengkel cabang/dealer Nasmoco

5. Menggunakan teknologi dan peralatan canggih

Seperti yang sudah diberitahu, ada 2 jenis servis di sini yaitu general repair dan body repair serta pain

Bengkel yang mengurus kerusakan umum (General Repair) dilengkapi dengan peralatan Hi- Tech yang super canggih. Seperti Intelligent Tester, CO Tester / Gas Analyzer dengan jumlah stall 297.

Sedangkan untuk kerusakan bagian mobil dan butuh pengecatan (Body Repair & Paint), bengkel telah dilengkapi fasilitas Ruang Epony/Surfacer, Mixing Machine, Spraybooth + Oven (Combybooth), Car Bench/Frame Aligner, Special Service Tool, dengan jumlah stall 297.

Jika memiliki mobil tak biasa atau premium seperti Lexus jangan bingung, di sini tersedia Lexus Satellite Service (LSS).

Satelit ini sebagai alat bantu bagi mekanik dan juga tersedia peralatan sesuai standar Lexus. Sesuai dengan mobilnya premium, ruang tunggu untuk pemilik Lexus pun tak sembarangan. Mereka disediakan ruang tunggu VIP yang nyaman.

Nikmati kejutan ditahun 2020 

Awal tahun 2020 ini ada promo Toyota Jawa Tengah dan DIY yang sayang banget dilewati yaitu DP murah, undian berhadiah bernama Toyota Fun Fest 2020 dan fantastik59 nasmoco.

Jika membeli produk Toyota seperti Agya, Calya, rush, Avanza dan Innova tak perlu DP sampai puluhan juta, dibawah 10 juta saja mobil sudah bisa dibawa pulang. 

 Tak cuma DP murah, setiap pembelian mobil Toyota juga mendapat kesempatan mengikuti promo undian Fun Fest 2020, berhadiah 10 Innova Venturer dan 10 Calya serta 20 Iwatch series 4. Oh iya... Ini periodenya sampai bulan Maret saja.

Jangan sedih, masih ada undian berhadiah lagi  bernama fantastik59 nasmoco. Ini hadiahnya lebih banyak lagi , yaitu 
1 Agya, 1 Calya dan 1 Calya serta TV LED 43 inch. Tuh kan mantab betul, yuk beli Toyota di nasmoco,

You Might Also Like

0 komentar

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*