Pentingnya melakukan persiapan pernikahan dan menyaksikan pameran

January 25, 2018


Menikah itu tidak ribet tapi perayaan kebahagian yang menguras energi,pikiran dan dana. Perayaan kebahagiaan ini menjadi penanda status sosial,semakin kaya maka pesta yang diadakan makin waah.

Awalnya tujuan resepsi adalah syukuran sekaligus memberitahukan bahwa telah terjadi penyatuan Cinta diantara dua manusia. Sayangnya terjadi pergeseran, resepsi pernikahan lebih kepada pemaksaan kemampuan diri diluar batas untuk mengokohkan gengsi. Akibatnya setelah acara usai bagolek-golek,  pusing memikirkan cara bayar hutang.

Menikah itu menciptakan kebahagiaan bersama seseorang yang dikasihi  bukan?  Jangan sampai ada celah yang merusaknya seperti hutang yang menumpuk atau bagaimana akan hidup berdua dengan uang segini .Kegelisahan akibat keuangan diresepsi yang kebablasan akan mempengaruhi kehidupan baru  loh. Sebelum itu terjadi lakukanlah persiapan pernikahan secara detail.

Memulai hidup baru yang sebenarnya

Berdua denganmu pasti lebih indah, ini benar banget.  Nasi dengan lauk seadanya pasti nikmat jika bersama pasangan tapi jangan lupa keuangan kacau bisa mencuri rasa itu. Bukan berarti tidak mau diajak susah ya, akan lebih baik jika hidup baru dimulai dengan rasa tenang.

Mempersiapkan pernikahan menuntut banyak kesabaran dan memakan waktu berbulan-bulan. Ketika berada di fase ini saya merasakan sesak saat waktu terus berjalan sedangkan persiapan masih belum berarti.  Di masa ini seolah waktu berkejaran -kejaran.

Komunikasi dengan calon pasangan harus intens dilakukan untuk menciptakan pernikahan impian. Bersama menyiapkan pernikahan merupakan bentuk awal dari kesepakatan antara pasangan. Kalau awalnya saja tidak kompak bagaimana selanjutnya dalam menjalani kehidupan berumah tangga.

Persiapan pernikahan dapat dilakukan dengan dua jalan, yaitu menyerahkan sepenuhnya kepada wedding organizer atau bisa dikerjakan sendiri dengan bantuan dari keluarga.

Apapun jenisnya itu persiapan pernikahan akan membutuhkan perencanaan yang matang. Perencanaan ini harus memperhatikan setiap detilnya agar acara berjalan lancar, tetap sakral, dan tak terlupakan bagi mempelai dan para undang.

Hampir 2 tahun berlalu, pernikahan saya begitu berkesan bagi tamu undangan. Kesan dalam arti tidak mewah tapi lebih kepada kepuasan mereka saat menghadirinya. Tidak ada cela diperayaan yang sederhana itu, adapun item penilaiannya meliputi makanannya enak, parkir luas, orgen tunggalnya tidak berisik.

Persiapan pernikahan ini membuat kami ngos-ngosan sebab dilakukan sendiri dan memakan waktu 3 Bulan ditambah lagi belum adanya pengalaman mengadakan acara ini. Akhirnya kelelahan itupun bisa terbayar dengan suksesnya acara.

Tanpa adanya persiapkan yang matang dalam pernikahan mustahil bisa mewujudkan pernikahan impian. Persiapan yang bisa dilakukan :

1. Tentukan waktu
Waktu tidak bisa disepelekan dalam mengadakan acara termasuk pernikahan. Makin ramai makin berkah,karena setiap yang datang akan memberikan doa kebahagiaan.

Pilihlah diwaktu yang kemungkinan keluarga atau teman bisa datang seperti habis lebaran, sebelum akhir tahun.

2.tentukan budget
Kalkulasi dana harus tepat,hitunglah semua pengeluaran dari yang kecil sampai besar.  Jika dana kurang mencukupi, cobalah hitung kembali aliran dana yang masuk sampai hari pernikahan. Atau kurangi item yang tidak perlu.

Saat hitungan sudah pas, sumber danapun harus diketahui. Apakah berasal dari 2 belah pihak mempelai atau sumbangan dari orang terdekat. Paling enak endorse ya, tapi apa daya jika bukan siapa-siapa.😩


3.tentukan model pernikahan/konsep

Perencanaan keuangan sudah o. K Saatnya memikirkan konsep pernikahan. Apakah ingin dirumah atau digedung. Setiap pilihan ini ada keuntungan dan kerugiannya.

Saya memilih dirumah karena tidak ingin terikat waktu, tamu yang jauh bisa datang tanpa perlu takut acara telah usai. Kerugiannya setelah acara kami pontang-panting goro membersihkan rumah.

Resepsi pernikahan juga bisa dipandang sebagai perayaan atau penghormatan budaya serta agama. Karena itu tema pernikahan tidak bisa asal-asalan atau bertentangan dengan agama dan budaya.

Tema pernikahan harus diputuskan dengan cepat sehingga bisa menghitung budget sewa pakaian dan pelamaninan. Kedua inilah yang memakan banyak biaya.

Menggelar secara adat akan melibatkan ritual adat, biasanya jika berbeda suku maka ritual akan banyak pula.
Beruntung kami berasal dari satu daerah sehingga tidak repot dalam pelaksanaan acaranya.


4 pilih perlengkapan pernikahan
Menjadi raja dan ratu sehari itu membutuhkan banyak perlengkapan untuk bisa mewujudkannya seperti mas kawin,katering, dekorasi, foto, undangan ,hiburan dan souvenir.

Disinilah sumber keriwehan terasa, mencari katering yang enak dan tidak mengecewakan tapi harganya bersahabat. Ketika rasa dan tampilan makanan alakadarnya maka sepanjang masa akan dikenang orang. Intinya orang telah menyediakan waktu datang sembari membawa amplod,ternyata dia kecewa saat makan.

Desain undangan dan menyebarkan merupakan keriwehan lainnya. Walaupun jaman sudah canggih tapi tidak semua orang senang undangan online. Ternyata ada rasa yang berbeda ketika undangan diantar langsung kepada tamu dibandingkan online.

5. pangkas biaya yang tak jelas
Pernikahan itu akan menghabiskan banyak rupiah walaupun begitu beberapa biaya bisa dipangkas seperti mc acara,pagar ayu,pembacaan ayat suci yang bisa dari bantuan teman.

Pameran pernikahan sebagai gambaran dalam mempersiapkan pernikahan


Pernikahan impian itu bisa terwujud jika ada perencanaan dan bertemu dengan penyelenggara/Wedding Organizer yang paham. Mereka bisa menerjemahkan setiap keinginan pengantin.

 Kerepotan menyiapkan pernikahan akan terasa jika pasangan bekerja sehingga banyak yang menyerahkan pada Wedding Organizer(wo). Sayangnya dikampung saya belum ada jasa ini.

Walaupun begitu saya berharap pembaca blog ini tidak merasakan keriwehan itu. Mencari dan menghubungi vendor itu melelahkan, apalagi jika ketemu dengan yang tidak paham keinginan kita.

Bertempat di Grand Galaxy Convention Hall (JEE Ballroom Group) Grand Galaxy Mall Lt.2 Jl. Grand Galaxy Boulevard No.1 Bekasi , akan diadakan “4th BEKASI WEDDING EXHIBITION”.

Event tahunan ini akan diadakan pada 26-28 januari dan  sudah memasuki tahun  ke-4 Acara ini merupakan pameran pernikahan dengan tujuan untuk mempertemukan antara calon-calon pengantin dengan para vendor di industri pernikahan.

Berbagai macam kebutuhan untuk penyelenggaraan pernikahan bisa ditemukan disini dengan harga promo seperti exhibition vendor yang terdiri atas Catering, Decoration, Photo & Video Graphy, Entertainment, Jewellery & Travel, Venue, Undangan & Souvenir, Bridal, Sanggar Rias, dan Busana, dan lainnya.

Berbeda dengan pameran lainnya yang dikenakan biaya masuk disini gratis. Bukti masuk dengan memperlihatkan tiket yang didapatkan secara online dengan Register Tiket BWE4. Keuntungan lainnya adalah bertabur door prizes berupa kamera dan beberapa set wedding ring serta hadiah menarik lainnya berupa: Satu Set Perlengkapan Ruang Tidur Lengkap. Dan masih ada promo khusus berupa sepasang cincin kawin berlian hanya seharga Rp 3 jutaan.

Rugi melewati acara ini sebab berbagai keuntungan akan didapatkan termasuk bertemu artis meyda safira.

Setiap orang memiliki pernikahan impiannya, jangan sampai gagal mewujudkannya karena apa?  Pernikahan hanya terjadi seumur hidup.


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers