Cara Membantu Sesama di Masa Pandemi covid-19

April 22, 2020


Mencari uang dimasa Pandemi ini begitu sulit apalagi semenjak ada anjuran #dirumahaja dan PSBB ( pembatasan sosial bersklala besar) membuat semua pejuang keluarga pertaruhkan dirinya, siap mati hadapi Corona.

Hidup seolah terkekang dan lebih parahnya lagi penggunaan uang harus cermat dan hemat. Membeli segala sesuatu harus dilihat seberapa butuh, selagi bisa ditunda, tunda saja dulu.

Alhamdulillah, saya ngak merasakan dampak langsung, maksudnya masih bisa makan dan berhemat. Entah bagaimana nasib ojol, pedagang, pekerjaan serabutan, buruh harian dan pekerja harian lainnya yang harus keluar rumah untuk mencari makan.  Urusan perut itu berat, dan kita harus bersama menghadapinya dengan saling bantu

Apa yang bisa kita lakukan dimasa Pandemi covid-19?

1. Untuk tenaga kesehatan
Kita memberikan bantuannya dengan tidak menambah korban lagi. Tetap berada dirumah dan keluar hanya untuk hal penting saja. 
Keterbatasan APD menjadi masalah, bagaimana seorang nakes bisa bekerja jika mereka tidak memiliki perlindungan diri. Maka dari itu kita donasi untuk membeli APD.

2. Orang disekitar 
Tak perlu jauh membantu, lihat masyarakat disekitar tempat tinggal apakah ada yang kelaparan? Berikan mereka sembako. Atau ada ODP dan PDP harus isolasi tentu mereka butuh makan. Kita bisa memberikan mereka makanan selama 14 hari.

Penggalangan donasi sudah merata saat ini, bisa dilakukan dengan teman sekampung, satu perkumpulan. Atau bahkan komunitas dan cara ini lebih membantu, maksudnya kita bisa menemukan sasaran donasi. 

Bicara komunitas, KBJ(komunitas blogger Jambi) saat ini open donasi. Ini ditujukan khusus bagi warga Jambi yang merasakan dampak Corona. Dari kita untuk kita. Jadi kita bisa menunjuk mana yang paling membutuhkan bantuan.


Donasinya bisa dalam bentuk apa saja, mulai dari uang, bahan makanan, masker, hingga sembako.
 
3. Bantuan tak langsung
Kita tak bisa turun ke jalan karena ingin menjaga diri dari virus Corona tapi masih ingin membantu, masih bisa! Caranya dengan menyediakan lapak Online.

Seperti yang dijelaskan diatas, pedagang merasakan dampak dari Pandemi ini. Mereka kehilangan omsetnya, kita bantu dengan mempersilahkan mereka berpromosi dagangan mereka di kolom komentar.

Bantuan tak langsung lain yang bisa dilakukan dengan Tidak menyebarkan hoax.
 
Ujian pandemi corona ini berimbas kepada semuanya. Kita harus saling bahu membahu


#Bpnramadan2020 








You Might Also Like

56 komentar

  1. Kadang orang terlalu jauh ikut menyumbang ke komunitas besar, walau itu ada benarnya, tetapi masyarakat yang kesusahan disekitar kita justru tidak terlihat oleh kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak,lebih baik membantu yang dekat atau yang ada disekitar dulu.

      Delete
  2. Keren kakak. Betul sekali, lakukan dari yang paling bisa kita lakukan, dengan membantu orang-orang sekitar yang terdekat 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...utamakan disekitar kita, kalau semua ke tempat jauh, akhirnya bantuan tak merata

      Delete
  3. Setuju bgt
    Usaha saya juga bersampak. Dalam 5 bln kedepan masi bisa berhemat. Berikutnya semoga pandemi berakhir hehe
    Mari saling bantu 🙏😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...semua orang merasakan dampaknya. Semoga kita bisa Sabar menghadapi cobaan ini.
      Saat seperti ini kita lebih harus berhemat dari biasa

      Delete
  4. Tolonglah dulu orang-orang terdekat, seperti keluarga yang kurang mampu, tetangga sekitar dan seterusnya. Karena pasti di setiap keluarga ada yang mampu dan kekurangan.

    Saya juga karyawan biasa yang harus tetap bekerja, kalo gak gitu, ya gajih dipotong. Kalo gajian kurang, gak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Belum lagi ada cicilan yang harus dibayar. Loh kok malah curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Urutannya keluarga, tetangga barulah masyarakat luas, semoga kita bisa menerapkannya.

      Tak mengapa curhat mas, suami saya juga masih kerja diluar. Semoga para pencari nafkah dilimpahkan kesehatan dan kesabaran menghadapi Pandemi ini

      Delete
  5. BEner banget mbak akibat covid 19 ini bukan hanya berimbang dalam segi kesehatan tapi juga perekonomian. Hiks sedih banget banyak yang kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Memang walaupun kita tidak punya harta berlimpah tapi harus tetap bergerak salinng membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketakutan saat covid-19 ini ada 2 yaitu kesehatan dan ekonomi yang tak stabil.

      Ketika kita bisa membantu dengan harta banyak itu hebat. Akan jadi luar biasa ketika hidup biasa tapi masih bisa membantu

      Delete
  6. Iya Mbak,, membantu nakes agar dapat APD lebih banyak sangat-sangat diperlukan. Soalnya ga mungkin APD nya pake APD yg itu terus, ada masa pakainya kan sampe brp x, sementara pasien positif nambah terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika Pandemi ini kita tak hanya diminta membantu orang yang kurang mampu tapi juga jangan egois.

      Menurut saya sebuah keegoisan kita awam masih pakai APD, padahal nakes lebih butuh untuk tangani pasien covid-19

      Delete
  7. Bener banget. Saring sebelum sharing biar hoax ngga kemana mana nyebarnya. Gara gara hoax jadi banyak orang yang cemas berlebihan, atau bahkan ada juga yang sampai menyepelekan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah cemaas berlebihan ngak bisa berpikir tenang dan gegabah dalam ambil keputusan

      Delete
  8. Lapak online ini bermanfaat banget ya kak utk org yang jualan di tengah situasi sulit begini. Saya jg lihat banyak dari orang biasa hingga influencer melakukan hal serupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kekuatan influncer jangan diragukan lagi. Apapun yang dilakukan selalu menarik pengikutnya

      Delete
  9. Betul sekali kak membantu sesama saat situasi ini bisa jadi penolong untuk yg membutuhkan . Saya sendiri bantu tmn menginfokan dagangan teman di medsos sy dan tdk sedikitpun ambil untung krna semua follower sy arahkan langsung ke cp temen..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bagi kita sederhana sebuah lapak online atau mengarahkan mereka untuk berbelanja tapi bagi mereka (yang jualan) begitu besar. Semoga saja pandemi ini makin mengasah empati kita

      Delete
  10. Lapak online memang efektif buat saat ini kak. Bahkan di balikpapan pedagang sayur dipasarpun difaslitasi oleh pemerintah buat jual beli pakai aplikasi go shop yang bekerja sama dengan gojek. Menurut saya bagus satu sisi ngebantu ojol agar dapat pesanaan, pedagang sayur laku dan masyarakat nggak perlu desakan ke pasar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus banget ide pemerintahnya KK. Membantu 3 pihak. Andai saja seluruh Indonesia bisa seperti itu mungkin penyebarannya bisa ditekan kk

      Delete
  11. Mumpung momennya Ramadhan, kita juga bisa berzakat via online ya Unni Riska. Jadi, penyebaran zakatnya lebih luas dan tepat sasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..KK, setiap lebaran kita selalu berzakat itu udah membantu. Apalagi sekarang masa Pandemi ini banyak yang susah mencari nafkah atau di PHK

      Delete
  12. kita bergandengan maka bisa melangkah. terima kasih atas pengingatnya mbak riska

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Kk saat ini harus bergandengan. Tak bisa egois, semua terkena dampak

      Delete
  13. Kemarin liat di tv.. penduduk miskin akan bertambah jumlahnya akibat pandemi ini...semoga pandemi segera berlalu dan semua kembali seperti sedia kala

    ReplyDelete
    Replies
    1. PHK dimana-mana, pedagang merugi. tak hanya orang yang miskin saja yang merasakan dampak Pandemi ini. Orang kaya pun juga terimbas. Semoga secepatnya kita bisa kembali ke kegiatan biasa

      Delete
  14. Betul banget k, jangan banget deh nyebarin hoax dan yang serem-serem selama musibah covid ini, karena saya lelah banget lihatnya. Banyak banget yang awal-awal nyebarin hoax.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Awal itu banyak hoax saya jadi capek. Entah apa manfaatnya nyebarin

      Delete
  15. Benar, Mbak. Masyarakat bawah banyak yang terdampak. Semoga kita bisa membantu mereka. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, paling merasakan dampak masyarakat bawah,kalau yang atas masih bisa mengandalkan tabungan

      Delete
  16. seharusnya kita bisa membantu apa saja yang kita bisa. minimal mendoakan mereka. bukan malah sebaliknya. bantu nggak, doa nggak, bisa nyinnyir dan sebar hoax

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ... Sekarang ini kebebasan membuat kita kehilangan kendali. Istilahnya asbun(asal bunyi) tak mikirin perasaan orang

      Delete
  17. Setuju banget kak. Membantu ke orang-orang terdekat lebih diutamakan. Terlebih ke keluarga dan tetangga, sebab kalau kita ada apa-apa ya mereka lah yang lebih dulu datang untuk menolong kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika orang terdekat sudah aman secara ekonomi barulah kita memperluas penyebaran bantuan

      Delete
  18. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu sesama ya Mbak, yang jelas kita mesti meningkatkan empati di situasi sulit seperti sekarang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga saja empati kita makin terasah dengan covid-19

      Delete
  19. Kadang saya bingung, banyak sekali yang open donasi. Tapi kita mesti lihat disalurkan ke mana. Kalau bisa yang terdekat dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik kita salurkan ke lembaga yang udah jelas ya mbak, sehingga bisa dipertanggungjawabkan

      Delete
  20. Banyak hal ya yang bisa kita lakukan untuk membantu sesama di era covid ini. Semoga setelah selesai pandemi akan tetap saling membantu sesama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga saja pembiasaan ini mengakar dalam kehidupan sehari-hari

      Delete
  21. Ditengah pandemi yg mewaba saat ini menjadikan kesusahan hidup. Dibatasinya ruang gerak untuk bekerja di luar, membuat para pedagang sulit untuk menjajakan dagangannya.

    Sebagai orang yg masih memiliki tabungan, alangkah baiknya jika uang yg dimilik disisihkan untuk membantu sesama agar tidak terlalu membebani hidup yg sedang susah ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedikit bantuan kita besar bagi orang lain manfaatnya

      Delete
  22. setuju,, membantu nggak perlu yang jauh2 atau yang terlihat ribet,, cukup masing2 dari kita membantu mulai dri yg terdekat dulu, insyalloh barokah ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. jangan sampai kuman diseberang lautan tampak gajah di pelupuk mata tak tampak

      Delete
  23. Memang, saat seperti ini perlu bergandengan tangan saling bantu

    ReplyDelete
  24. Sebenernya se-simple itu ya untuk berbagi untuk sesama...
    Kita nggak kemana-mana tapi bisa bantu sesama, dibantu teknologi...
    Tetap jaga kebersihan dan kesehatan di masa pandemi ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat teknologi udah canggih kita bisa menggunakan untuk memudahkan dalam berbagi

      Delete
  25. Betul mbak..membantu sebisa kita. Membeli dagangan kawan atau ikut menawarkan ke teman yang lain itu yang biasa saya lakukan. Semoga covid segera berlalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belanjalah ditempat teman dengan harga wajar bukan harga teman. He..he

      Delete
  26. Nah ini artikel yang pas banget. Membantu sesama di sekitar kita itu urgent banget. Meski hanya mendonasikan 1 bungkus mie instan dan 1 butir telur pun sudah sangat berarti bagi mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebungkus mie dan sebutir telur bagi mereka yang membutuhkan sudah lebih dari cukup.

      Delete
  27. Banyak cara yang bisa kita lakukan bagi orang-orang yang terdampak, setuju banget soal bantu tenaga kesehatan dengan dirumahaja. Mereka sudah bersusah payah berperang di pertempuran di berbagai rumah sakit dan tempat isolasi, salah satu cara kita membantu ya dengan tetap dirumahaja agar rantai penyebarannya bisa putus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak apa terkurung dirumah beberapa bulan daripada Pandemi ini tak berakhir. Kasihan tenaga kesehatan mereka telah berusaha maximal,kita harus bantu mereka dan hal sederhana dengan diam dirumah

      Delete
  28. banyak hal yang bisa kita lakukan untuk saling bantu. salah satunya dengan diam di rumah saja. agar covid tidak menyebar. atau dengan masak dan berbagi makanan dengan yg membutuhkan. bisa kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Mbak kita bisa berperan dalam hal kecil seperti #dirumahaja dan berbagi.

      Delete

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*