6 Tindakan Preventif Hadapi Covid-19

April 23, 2020

Setiap melihat tayangan, jumlah korban positif Corona yang makin banyak membuat saya gelisah. Memunculkan berbagai pertanyaan yang tak ada jawaban. Sampai kapan Pandemi ini? Bagaimana nasib kelompok bawah menghadapinya? 
Jika Corona tak jua pergi, bagaimana akan menyemarakkan Ramadhan? Dan Nampaknya puasa tahun ini dilalui dengan keheningan, tak ada lagi tadarusan, tarawih dan bubar(buka bersama) Aaaargh....

Penyebaran virus Corona masif dan meluas membuat semua hal yang jadi kebiasaan didalam hidup berubah dengan cepat. Kita tak bisa berkumpul karena tak pernah tau orang didepan kita itu carier, membawa penyakit menular tapi tubuhnya baik-baik saja. 

Jika itu gatal-gatal kita bisa waspada dengan orang tersebut, tapi tidak dengan covid-19. Saat imun melemah maka akan tertular. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga kesehatan tubuh.

Cara menjaga kesehatan ada 2 yaitu secara fisik dan psikis. Keduanya harus sama-sama dijaga. Pada tubuh ada psikoneuroimunologi yaitu hubungan antara kondisi psikologi dengan sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh. Ketika cemas saja berbagai gejala terasa bukan? Itu contoh sederhananya. 

Imunitas harus selalu dijaga untuk bisa melawan covid-19, ketika imunitas baik maka kesembuhan bisa terjadi.

Cara preventif dalam hadapi covid-19 yang saya terapkan
1.menjaga kebersihan 
Kita akan segera mandi saat tubuh kotor atau menggosok gigi setiap selesai makan tapi tidak dengan cuci tangan. Kita hanya akan membasuh tangan dikondisi sehabis buang air dan makan. 

Padahal,tangan merupakan media perpindahan kuman yang cepat. Tangan itu sebenarnya kotor walaupun terlihat bersih. Duh... butuh mata batin melihat seberapa bersih tangan. Ha..ha

2. Makan bergizi dan perbanyak sayur dan buah
Tak ada Pandemi pun kita masih harus makan sehat dan dilengkapi dengan sayuran dan buah-buahan.

3. Tambahkan vitamin c dan rimpang 
Walaupun kita bisa dapatkan asupan dari makanan, tapi khusus untuk melawan covid-19 saya menambah suplemen vitamin C. Berharap daya tahan tubuh makin joss demi memenangkan peperangan ini.

Saya juga merutinkan setiap pagi minum rimpang seperti kunyit, jahe, temulawak serta menambahkan kunyit dan madu. 

4 Berjemur
Cara mendapatkan Vitamin D  gratis dengan berjemur. Semenjak covid-19 anjuran berjemur digalakkan lagi, sayangnya banyak yang tak kompak untuk waktunya. Ada yang menyebut bagus jam 8 ada juga jam 10.

Vitamin D tak hanya untuk tulang saja tapi juga turut mempengaruhi imunitas.

5. Mengikuti aturan dengan dirumah aja 

Kerasa berat menjalani 5 minggu ini, diam dirumah. Ada kalanya nangis karena bosan tapi bisa apa. Untung yah, dijaman ini ada smartphone sehingga bisa melakukan banyak hal seperti intip resep masakan, DIY, menonton, bersosial media dan video call 

Ada kalanya harus keluar maka gunakan masker, hindarkan kerumunan dan phisikal distancing.

6. Jaga kesehatan mental 
Kesehatan mental harus diperhatikan. Saya berusaha untuk tidak stress menghadapi kondisi ini. Dengan cara menyaring semua informasi yang masuk, lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.


Semoga tindakan preventif ini mampu melindungi diri dari semua penyakit termasuk covid-19.


You Might Also Like

0 komentar

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*