Berwisata Sendiri ke Candi Borobudur Magelang

April 06, 2020

Indonesia memiliki banyak objek wisata  seperti keindahan alam dan bangunan bersejarah. Kesemuanya selalu menarik untuk dikunjungi. Dan dari kesemuanya itu,saya tertarik untuk berwisata ke Candi Borobudur.
Tak bisa dipungkiri, candi yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah ini memiliki pesona tersendiri sehingga masuk di 7 keajaiban dunia.

Candi Borobudur merupakan Candi Buddha terbesar. Letaknya yang dekat dengan Yogyakarta membuat saya berencana untuk berangkat melalui kota Yogyakarta.

Berikut rangkaian kegiatan dari mulai persiapan sampai wisata :
Melihat Budget yang Dimiliki
Saat ingin melakukan wisata tentunya, harus melihat budget yang saya punya. Saat itu, saya memang menabung untuk berwisata ke salah satu Candi tercantik di dunia ini.

Saya sangat tertarik karena Candi ini memiliki banyak keunikan dari mulai stupanya yang banyak, reliefnya yang menceritakan cerita rakyat, dan bangunannya yang masih menggunakan batu yang disusun dengan sangat indahnya. Saya telah memiliki uang yang tidak banyak, sehingga saat berwisata harus berhemat.

Mencari Transportasi Murah
Setelah melihat budget maka yang terpenting adalah mencari transportasi yang murah. Saya memilih menggunakan kereta api dengan kelas ekonomi agar harganya murah.

Saya mencari tiket kereta di platform yang jelas murah dan terpercaya. Saya menemukan harga yang cukup memuaskan, menurut saya tidak begitu mahal. Karena saya tidak bisa berlama-lama berwisata dan harus bekerja kembali maka saya sekalian membeli tiket untuk pulang sekaligus. Selain itu saya juga memesan kendaraan pribadi yang bisa saya gunakan.

Booking Tiket Wisata ke Borobudur secara Online
Setelah saya memesan tiket kereta pulang dan pergi maka selanjutnya saya memesan tiket masuk wisata Borobudur secara online. Mengapa harus online? Sebab dengan online saya akan mendapatkan banyak promo menarik dibandingkan membelinya langsung di loket masuk. Tentu saja juga membuat saya lebih aman tidak kehabisan.

Mencari Penginapan Terdekat
Karena saya sendiri maka saya mencari penginapan yang murah namun fasilitasnya bagus. Saya mencari penginapan di Yogyakarta sehingga saya bisa bermain sebentar di Yogyakarta. Banyak hotel yang murah namun tidak murahan. Memilik desain yang cantik namun tidak mahal. Saya mencari hotel yang dekat dengan stasiun Tugu agar bisa lebih cepat.

Persiapan Berangkat
Setelah semuanya sudah siap, saya pun bergegas menata semua perlengkapan dari mulai baju, sepatu, kamera, makanan ringan, air minum, dan lainnya. Semuanya sudah masuk dalam tas backpack saya. Esok paginya saya berangkat ke stasiun, dan sampailah saya di Yogyakarta.

Check-in Hotel dan Menyewa Kendaraan Pribadi
Setelah sampai di Yogyakarta, saya check in hotel di dekat stasiun karena saya sudah memesan tadi malam. Saya meletakkan barang-barang saya yang tidak terlalu penting dan membawa tas kecil saya yang berisi hal-hal penting. Pagi itu saya sudah janjian dengan penyewaan kendaraan dan diantarkan ke penginapan saya. Saya memilih kendaraan pribadi sebab saya belum banyak tahu tentang Yogyakarta dan Magelang.

Mulai Berwisata
Sekitar satu jam dari Yogyakarta, saya pun sampai di Candi Borobudur yang saya inginkan. Di sini saya bisa masuk dengan mudah karena menggunakan tiket yang saya pesan sebelumnya. Saya berfoto-foto dan merekam semua kegiatan saya agar bisa menjadi kenangan yang indah, setelah puas maka saya mencari oleh-oleh. Saya membeli beberapa pernak-pernik khas candi Borobudur yang bisa saya berikan pada sanak keluarga.

Kembali ke Yogyakarta
Setelah lelah bermain dan sudah mendapatkan banyak oleh-oleh maka selanjutnya saya kembali ke hotel. Di hotel saya mandi dan membersihkan diri selanjutnya mencari makan di sekitar stasiun Tugu dan jalan Malioboro.  Setelah larut malam, saya pun tertidur.

Check Out dan Pulang
Sekitar jam 9 saya terbangun dengan badan agak sakit semua karena banyak naik tangga. Langsung membersihkan diri dan bersiap untuk pulang tak lupa sarapan terlebih dahulu. Kendaraan sudah saatnya dikembalikan karena saya hanya menyewa 24 jam. Selanjutnya saya berjalan ke stasiun Tugu dan mulai naik kereta untuk pulang.

Itu tadi sedikit pengalaman yang kami ceritakan pada persiapan sampai berkunjung ke Candi Borobudur yang berada di Magelang Jawa Tengah ini. Jangan lupa untuk selalu menceritakan pengalaman Anda saat berwisata agar menjadi gambaran untuk orang lain.