Milenial Ingin Investasi Tapi Dana Terbatas? Coba Reksadana

November 08, 2019

Setelah menikah, orang tua menganjurkan kami investasikan uang daripada menabung. Lah, bukannya dari kecil sudah diajarkan menyimpan uang?

Yups, benar tapi menabung itu efektif dalam skala kecil. Ketika ada inflasi rugi tapi ngak terlalu kerasa. Berbeda kalau nominal besar, terasa kerugiannya besar.

Selain itu adaaaaa ajaa jalan keluarnya uang. Ngak percaya??? Hmmm,... siapa yang suka khilaf gesek ATM saat ada diskon? Beli sesuatu yang tak penting, intinya konsumtif. 

Tak hanya itu, kadang lebih memilih liburan ke tempat mahal. Kesemua itu demi kepuasan batin sesaat saja. 

Ikhtiar itu bernama investasi

Investasi merupakan cara untuk melipat gandakan keuntungan dan jujur kami bingung dengan anjuran tersebut. Sebab bicara investasi sering diidentikkan sama yang udah mapan atau orangtua. Kok rasanya berat memulai untuk milenial yang baru menempuh hidup baru macam kami ini.

Modal minim dapat apa? Investasi sebenarnya bukan hal baru bagi saya, sebelumnya orang tua sudah menerapkannya dan juga cara pengelolaan keuangan ini merupakan salah satu instrumen untuk tercapainya tujuan jangka panjang. 

Saya melihat sendiri bagaimana hasil investasi itu membiayai sekolah dan rumah. Jika dipikir ajaib, bukan berasal dari keluarga kaya dan tanpa beasiswa orang tua bisa menyekolahkan semua anaknya dan membangun rumah yang layak.

Orang tua sebagai role play dalam investasi saja bisa untung apalagi bagi kami yang belum ada tanggungan, pasti lebih besar keuntungan yang akan didapat. Rasanya pengen mencoba peruntungan untuk menyiapkan masa depan makin baik.

Keuntungan yang didapatkan adalah :

1. lebih disiplin dan tidak boros dalam menggunakan uang


Tidak bisa dipungkiri masa muda apalagi sudah berdua, inginnya menikmati hidup. Merdeka dalam menjalankan semua hal yang disukai. Ingin cicipi semua hiburan dan kesenangan hati.

Tak ada yang salah dengan semua itu tapi jika dipikirkan lagi susah payah bekerja uang terbuang sia-sia. Tapi berbeda dengan yang dirasakan ketika memutuskan untuk berinvestasi. Hasilnya akan dituai dikemudian hari.

Sebelum mulai investasikan, kita tentunya akan menyisihkan pendapatan bukan? Tidak semuanya akan dibeli, setiap rupiah yang keluar akan dipertimbangkan seberapa penting harus dipenuhi. Ternyata hal ini bisa bikin disiplin, tidak boros dan terhindar dari masalah utang piutang

2. Kebebasan Finansial

Kemerdekaan bisa menggunakan uang sesuai keinginan itu indah, tapi lebih indah lagi jika ketika umur udah menua kita tak perlu lagi bekerja keras.

Saat pensiun penghasilan pasif udah ada, jadi tidak khawatir hidup akan mandek ketika anak ngak ngasih jatah tiap bulan.Ngak pusing mikirin cara bayar cicilan. Hal ini dinamakan dengan kebebasan finansial.

Kebebasan finansial terbentuk ketika mulai berinvestasi sejak dini. Orang dengan tipe ini bisa memilih gaya hidup yang diinginkan dengan menggunakan hasil investasi yang dimilikinya.

Kebebasan finansial seperti memberikan jaminan di Masa Depan bahwa semua hal akan baik-baik saja lantaran udah ada sesuatu yang menjadi pegangan.

3.Mewujudkan Impian Jangka Panjang

Manusia tak lepas dari berbagai keinginan ini itu, tapi tidak semua terwujud dalam waktu dekat. Perlu kesabaran dan berusaha, investasi merupakan usaha yang menjanjikan untuk mewujudkan impian dimasa depan.

Semakin muda menanam uang semakin cepat terwujud semua keinginan. 

4.Keuntungan lebih besar

Semakin cepat mencoba investasi makin besar untung yang didapatkan, nilai investasi akan semakin bertambah seiring berjalannya waktu.

Selain itu juga mendapat pengalaman. Tidak selamanya menanam uang dalam suatu produk bisa langsung sukses, kegagalan itu membuat kita punya kesempatan untuk mempelajari kesalahan. 

Manfaat udah diketahui tapi tetap aja ada keraguan akan keberhasilan dari investasi bukan? Apalagi bagii generasi muda, berikut ini tips yang bisa diterapkan :
  • Lakukan riset mendalam meliputi mekanisme kerja investasi, resiko serta keuntungan
  • Pilih jenis investasi
Banyak yang bisa diinvestasikan, disesuaikan dengan dana yang dimiliki seperti emas, tanah,properti dan tabungan. Ingin yang kekinian bisa memilih trading forex ,peer to peer  lending dan reksa dana.

Setelah ketemu yang cocok jangan buru-buru masukkan uang dalam jumlah banyak. Berinvestasilah dengan modal kecil
  • Lakukan diversifikasi yaitu membagi modal ke dalam beberapa aset
Tujuannya mencegah kegagalan total jika salah satu mengalami kerugian

Modal minim dan ingin cepat untung coba Reksa dana


 Reksa dana merupakan jenis investasi yang paling diminati karena proses pembelian dan pengelolaannya cukup sederhana serta resiko yang relatif kecil sehingga menjadi salah satu alternatif investasi bagi kaum anak muda.

Sistem reksa dana mirip tabungan berjangka dari bank. Jangka waktunya bervariasi seperti setahun, dua tahun atau lima tahun.

Perbedaannya modal kita dikumpulkan dengan pemilik dana lainnya kemudian diputar ke instrumen investasi di pasar. Modal untuk memulai Reksa dana relatif kecil, tidak sampai jutaan cukup ratusan beribu saja perbulannya.


Kalau tidak mengerti pasar, tak perlu takut sebab ada MI (Manager Investasi) yang akan menganalisa pasar dan menghitung risiko investasi. 

Tempat untuk mencoba produk reksa dana itu banyak tapi jangan sampai salah masuk ya.Pilihlah yang telah mendapatkan izin dari OJK dan didukung oleh SoftBank. Rekomendasinya di ajaib.

Platform online ini bisa dimulai dari modal kecil yaitu sebesar Rp 10.000 saja. Penasaran? Baca website dan unduh aplikasinya.

Saya bertekad kuat investasi murah tapi bisa bikin untung seperti sumpah pemuda yang mampu bikin kita merdeka dari penjajah. Sekarang kita harus merdeka secara finansial.

You Might Also Like

0 komentar

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Total Pageviews

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers