Kenali Jenis Kertas dan Kegunaannya

November 29, 2019

Walaupun jaman udah digital, keberadaan kertas tetap diperlukan untuk menyusun dokumen, pencatatan, art dan komunikasi.

 Tidak semua komunikasi bisa dengan meniadakan kertas termasuk untuk surat menyurat terutama dari instansi ke instansi lain.

Kertas menjadi pengganti proses penulisan secara kuno yang biasanya dilakukan di bongkahan kayu, kain, sutra, batu, tembok atau dinding hingga tulang belulang hewan yang dilakukan para manusia jaman dahulu.

Kertas merupakan suatu bahan yang terbuat dari bahan dasar kayu yang dilakukan pengepressan, tujuannya untuk menghasilkan kertas dengan ukuran yang tipis.

Kertas itu banyak macamnya tidak semuanya cocok digunakan untuk pembuatan dokumen, surat menyurat dan  Art. Ada pembagian penggunannya yang diperuntukkan untuk hal yang berbeda pula, apa sajakah

Kertas HVS

Kertas HVS merupakan jenis kertas yang sangat umum dijumpai di seluruh perkantoran, sekolah, dan instansi lain termasuk di beberapa rumah.

Penggunaan kertas HVS biasanya digunakan untuk penulisan dokumen, tugas sekolah, surat-menyurat, skripsi hingga penulisan atau penyusunan sebuah buku.

Kertas HVS memiliki ketebalan atau ukuran 60 gsm hingga 100 gsm dan bertekstur halus berwarna putih tergantung penggunaan dan peruntukkannya.

Book paper

Kertas ini memiliki tekstur yang kurang halus dan warna kekuningan, memiliki ketebalan berkisar antara 50 hingga 90 gsm.

Kertas ini biasanya digunakan untuk keperluan tekstual saja, artinya akan memiliki kualitas yang kurang baik jika digunakan untuk mencetak gambar.

Biasanya kertas  ini akan dengan mudah kamu temukan di buku-buku novel, dan buku cetak lainnya.

Art paper

Kertas satu ini memiliki ketebalan sekitar 120 hingga 150 gsm, memiliki warna putih dan tekstur sangat licin. Jenis kertas ini biasanya digunakan untuk keperluan poster, brosur, dan akan menghasilkan gambar yang baik jika digunakan untuk pencetakan gambar atau foto.

Art cartoon

Jenis kertas ini biasanya akan sering kamu temukan dalam pembuatan sertifikat, dengan ketebalan 190 hingga 260 gsm akan cocok juga digunakan dalam pembuatan undangan dan dokumen lain seperti hard cover. Kertas ini memiliki tekstur licin, mengkilap dan berwarna putih.

Linen jepang

Kertas ini memiliki tekstur licin dan mengkilap dengan ketebalan 240 gsm, kamu akan dengan mudah menemukan jenis kertas ini sebagai bahan pembuatan sertifikat atau juga kartu nama.

Buffalo

Kertas ini biasanya digunakan untuk pembuatan jilid, memiliki tekstur seperti guratan kayu dan ketebalan yang tinggi, sehingga akan cocok digunakan sebagai jilid suatu dokumen atau juga buku-buku.

Stiker cromo

Kertas ini merupakan salah satu jenis kertas yang memiliki lapisan lem di bagian belakangnya, bertekstur licin dan biasanya berwarna putih, merupakan jenis kertas yang umum digunakan dalam pembuatan stiker.

Itu dia beberapa jenis kertas yang umum digunakan dalam pembuatan dokumen, walaupun  begitu masih banyak jenis kertas di luar sana yang juga dapat digunakan dan biasa digunakan di perkantoran maupun instansi lain.

You Might Also Like

0 komentar

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Total Pageviews

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers