4+ Cara Mengatasi Gusi Berdarah Wajib Dicoba

October 04, 2019

4+ cara atasi gusi berdarah
Salah satu masalah mulut yang nampak sederhana dan sering dialami orang adalah gusi berdarah?
Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor. Utamanya, karena adanya plak pada gigi yang berlebihan. Hal ini membuat gusi terkena dan kemudian menjadi tergores sehingga gusi berdarah. Penyebab lainnya adalah kekurangan vitamin K dan C

Umumnya gusi berdarah sering dialami pada mereka yang  kurang merawat kesehatan gigi bahkan menganggap sepele. Saya termasuk kelompok tersebut, sikat gigi hanya sekali sehari dan seolah membayar hutang diwaktu pembersihan gigi dengan menyikatnya kuat. Lebih mementingkan durasi dari frekuensi penyikatan, takut banyak plak tapi gak maksimal menjaga kebersihan.

Ketika mulai terasa kurang nyaman masih aja biasa , ngak tanggap, padahal ketika gigi bermasalah maka akan menyebar ke daerah yang lainnya. Lalu, bagaimana jika gusi sudah berdarah? Jangan khawatir, beberapa tips ini ampuh untuk mengatasi gusi berdarah

Cara Ampuh Mengatasi Gusi Berdarah

4+mengatasi gusi berdarah

Untuk mengatasi gusi berdarah tidak bisa sembarangan,  beberapa cara ini bisa dicoba

Kompress Menggunakan Es Batu

Jika tiba-tiba gusi berdarah, hal pertama yang dilakukan adalah kompres es, bertujuan menstabilkan gusi yang berdarah.

Suhu dingin dari es batu akan membuat aliran darah terhenti. Selain itu, manfaat lain yang dirasakan mengurangi rasa nyeri pada gusi.

Kompres es batu baik tapi harus diingat jangan langsung meletakkan pada luka atau daerah yang bengkak. Alasi atau bungkus es dengan kain bersih, letakkan d digusi tunggu beberapa saat, Maka darah akan berhenti mengalir.

Kumur Dengan Air Garam

Air garam menjadi hal yang wajib ada saat gusi berdarah, bahkan cara ini jadi pilihan utama sebelum menggunakan Es batu. Sebab bagi masyarakat, kompres dingin identik dengan deman.

Jadi yaitu ketika mulut ada darah mereka langsung mencari air garam dan berkumur-kumur. Hal ini bukan hanya kepercayaan semata, ternyata garam bersifat inflamasi dan antiseptik untuk membantu meredakan pembengkakan.

Membutuhkan waktu tapi yakinlah dengan rutin berkumur dengan air garamasalah gusi berdarah akan berhenti bahkan bisa hilang dengan cepat.

Menggunakan Kunyit Dan Minyak Kelapa

Perpaduan kunyit dan minyak kelapa bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gusi berdarah. Kandungan kurkumin  yang ada pada kunyit bekerja untuk meredakan. pembengkakan serta mampu untuk melakukan percepatan gusi.

Adapun cara penggunaanya sangatlah mudah. Siapkan kunyit bubuk dan minyak kelapa, kemudian campurkan keduanya sampai merata.

Lalu, oleskan pada bagian gusi yang berdarah. Tunggu kurang lebih 15 menit.
Selanjutnya, kumur-kumur sampai dengan bersih menggunakan air hangat.
Penggunaan secara rutin akan menghentikan perdarahan pada gusi.

Konsultasi Ke Dokter

Langkah terakhir yang ditempuh jika kedua cara tradisional diatas tidak mempan adalah dengan pergi ke dokter. Mengapa hal ini perlu dilakukan? untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat mengenai permasalahan.

Gusi berdarah tidak bisa dibiarkan saja,h karena bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh. Lakukan konsultasikan dengan dokter. Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan untuk mendapatkan informasi penyebabnya. Sehingga dokter dapat memberi penanganan yang tepat.

Itulah cara ampuh yang bisa digunakan untuk mengatasi gusi berdarah. Penanganan yang tepat akan sangat membantu untuk mengatasinya.

You Might Also Like

0 komentar

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Total Pageviews

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers