6 Keuntungan Menggunakan Website Dalam Bisnis Online

September 29, 2019


Seorang teman pernah berkata " mencari uang di masa digital mudah, asalkan tahu caranya". Dan dia telah membuktikannya.


Mungkin saya tak bisa menjadi saksi perjalanan kehidupannya tapi 8 tahun ini begitu wow progresnya.

Perkenalan kami dimulai saat  memfotokopi tugas, istrinya yang melayani sedangkan si teman lagi melepas lelah dilantai. Dari semalaman dia mendekorasi tempat dan paginya kelelahan. Sebuah hal yang sulit untuk membagi ruangan 5x10 meter sebagai rumah  sekaligus tempat usaha.

Bermula dari sebuah mesin fotokopi dan komputer untuk menopang kehidupan. Takkan ada yang mengira dalam 8 tahun bisa membeli rumah sendiri dan mobil pribadi.

Bisnis fotocopi dirasa menguntungkan, selama kertas bukan hal langka maka ia akan berjalan terus. Orang akan menggandakan dokumen, jilid buku dan belanja alat tulis. Tak mengherankan setiap tempat pelayanan umum seperti kantor dan sekolah mudah ditemukan fotokopi. Kerasa persaingannya ketat bukan?

Perlu sesuatu yang beda jika ingin bertahan. Si teman menyadarinya dan bikin gebrakan dengan mendirikan CV. Dia jemput bola dengan langsung datang ke kantor-kantor untuk menawarkan jasanya seperti jilid, fotocopy, servis komputer, cetak foto dan penjualan alat tulis.

Tak sampai di situ saja, pemasaran dengan sentuhan digital tak dilewatkannya. Tak bisa dipungkiri setiap tahun angka penetrasi internet di Indonesia mengalami peningkatan. Ditahun 2017 tercatat sebanyak 54,86 persen, survei terbaru Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) terbaru jumlahnya menjadi 64,8 persen.

Artinya, apapun jika dikoneksikan dengan digital peluangnya akan naik termasuk pemasaran. Bicara pemasaran secara online , ada 3 jenis yaitu marketplace, media sosial dan website.

Berada di situs market place besar seperti lazada, Tokopedia dsbnya banyak ketentuan yang harus dipenuhi dan ada potongan fee. Ketika menggunakan media media sosial seperti IG dan FB berjualan dilakukan sesuai keinginan tapi banyak customer yang kurang yakin, takut tertipu dan pemasaran terbatas.

Berbeda menggunakan website cakupan pemasaran udah luas, terutama dijaman sekarang. Setiap butuh solusi, review produk atau jasa akan searching. Tak mengherankan, akhir 2018 jumlah website di dunia mencapai 1,94 miliar. Setiap harinya, ada sekira 5 juta pencarian yang dilakukan warganet dengan menggunakan Google.

Keuntungan berbisnis via website 

Tak hanya cakupan pemasaran yang luas dan mudah dicari, berbagai keuntungan didapatkan saat menggunakan website seperti:

1.Meningkatkan kredibilitas
Sebagai pembeli online saya hati-hati banget saat belanja,  caranya menelusuri suatu produk dari website resminya untuk memeriksa spesifikasi, harga, hingga cara pengiriman. Dan ternyata saya ngak sendirian, 6 dari 10 konsumen juga begitu.

2. Informasi lebih akurat
Memiliki website sendiri, kita bisa mengatur apa saja yang ingin ditampilkan seperti jadwal kegiatan ,promosi khusus, atau layanan yang sedang ada. Hal ini bikin konsumen tetap bisa mengetahui hal terbaru.
Berbeda jika menumpang jualan disebuah situs kadang ada informasi yang usang karena lupa mengupdate dan tak jarang bikin rancu.

3. Simpel dan ngak habisin banyak waktu

Pernahkan, keki dengan pelanggan yang hobi bertanya" sis/ gan ini spesifikasi apa? Padahal semuanya udah ditulis dan ini sangat habisin waktu. 
Hal itu ngak bakal terjadi jika punya website. Kesemua infonya udah ditulis detail pada tiap produk. Dan kecenderungan orang akan lebih teliti saat buka situs web, dia akan membaca seksama karena tahu tidak setiap jam pemilik berada diwebnya.  
Kalaupun ada pertanyaan yang sama, disediakan Frequently Asked Questions (FAQ). Fitur rujukan ini memudahkan pelanggan dalam memahami informasi. 
Seperti saat masuk sebuah toko yang pemiliknya tidak menyambut langsung dipintu masuk tapi semua hal yang dibutuhkan udah tertulis didalam toko.

4. Buka 24 jam sehingga meningkatkankan penjualan
Ketika pelanggan sibuk bekerja maka akan belanja diwaktu luang seperti malam hari, dia akan browsing mencari pilihannya dan terdampar diproduk berwebsite. Kenapa bisa begini? Karena peringkat hasil pencarian.

5. Murah
Bisnis online jelas lebih murah daripada konvensional, tak perlu memikirkan dekorasi untuk menarik  pelanggan atau sewa toko pertahun.

6. Branding
Perlu waktu untuk branding dan itu bisa diwujudkan, caranya mendesain website secara khusus atau dengan memiliki ciri khas tersendiri. 

Memulai bisnis dengan website

Diatas udah dijelaskan keuntungan bisnis dengan website tapi keraguan akankah berhasil selalu ada. *Wajar saja

Ada beberapa hal harus diperhatikan dalam membuat website

1.Konten
Tentukan konten yang ingin ditampilkan apakah berupa gambar, teks, atau video.

2. Desain Web
Tahap ini krusial karena inilah penentu seperti apa tampilan website. Jika tidak paham coding carilah tim khusus yang merancangnya. Atau membeli  template yang SEO friendly.

3. Siapkan domain dan web hosting,
Sebenarnya tanpa beli domainpun, mengunakan  gratisan dari platform blogspot maupun wordpress bisa, tapi kurang efektif dan tidak branding.

Misalnya ingin berjualan sepatu lukis, linknya www.sepatulukis.blogspot.com
Atau www.sepatulukis.wordpress.com

ketika membacanya terasa panjang , susah diingat dan pemiliknya terkesan ngak serius berbisnis karena ngak mau berkorban untuk beli domain.

Lebih indah, singkat dan mudah diingat www.sepatulukis.com

Minimal beli  domain demi profesionalitas dan harganya pun terjangkau. Tidak sampai jutaan,

Tampilan fitur web lengkap, menarik dan server tidak terganggu jika menggunakan web hosting. Fungsinya adalah sebagai penyimpan informasi, gambar dan video. Jika menggunakan ini maka website tidak akan susah dibuka oleh pelanggan.

Ada servis ada harga, begitu juga dengan hosting. Harganya lebih mahal dari domain tapi jangan khawatir beli yang terjangkau hosting Indonesia.

Bila kita analogikan seperti ini website itu adalah sebuah mall, domain itu nama tokonya sedangkan hosting tokonya yang bisa kita isi dengan barang. Jika gak ada hosting tak ubahnya seperti pedagang kaki 5, masih bisa transaksi tapi ngak bisa memajang dagangan dengan leluasa takut dirazia satpol PP.

Belanja kelengkapan website di qwords


Sudah 2 tahun saya menggunakan jasa qwords dan selama itu tidak ada kendala apapun diblog ini. Setiap keluhan ditanggapi dengan cepat.

Di era digital semua aktivitas bisnis dilakukan secara daring demi meningkatkan penjualan. Memiliki sebuah website bukan hal mewah tapi termasuk kebutuhan Primer bagi tipe bisnis apapun.

Tulisan ini diikutkan dalam lomba blog qwords

You Might Also Like

0 komentar

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Total Pageviews

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers