Hal-hal yang Perlu di Check pada Motor Baru 2019 yang Anda Beli

September 25, 2019


Motor baru 2019
Bagi orang baru saja menebus motor baru, pastinya akan merasa sangat gembira. Bisa jadi motor tersebut hasil menabung dengan menyisihkan uang untuk membelinya.
Tentunya bukan hanya merasa senang saja, Anda juga pasti merasa puas karena perjuangan menabung selama ini terbayar sudah dengan datangnya motor impian Anda. Namun jangan terlampau senang sampai lupa untuk memeriksa keadaan motor baru Anda. Terkadang ada yang langsung menerimanya begitu saja.

Ada beberapa poin penting saat motor baru diantar ke rumah oleh pihak penjual. Pihak dealer biasanya akan memberikan beberapa informasi dan penjelasan mengenai motor tersebut. Berikut ini beberapa hal yang perlu di periksa saat menerima motor baru 2019 yang Anda terima.

Periksa Kondisi Fisik Motor

Kondisi fisik motor saat dipilih di dealer harus sama dengan saat motor di antar ke rumah. Misalnya saat di dealer Anda memilih warna putih corak biru. Namun saat diantar ke rumah,  motor yang datang berwarna hitam.

Selain itu periksa kembali mungkin ada bagian yang lecet atau terkena goresan. Hal tersebut memang agak sepele, tapi jika sampai ada sedikit saja, tentunya Anda akan merasa kurang nyaman.

Periksa Kondisi Setiap Bagian Motor

Saat motor baru 2019 Anda tiba di rumah Anda, sebaiknya periksa keadaan motor Anda apakah ada lecet atau cacat. Periksa juga mungkin ada bagian yang tak terpasang.

Namun catatan khusus bagi Anda, untuk spion biasanya baru dipasang ketika motor sudah diturunkan dari kendaraan pengangkut. Anda juga bisa memeriksa setiap baut yang terpasang, apakah terpasang dengan baik atau tidak.

Periksa Fungsi Motor

Fungsi yang perlu Anda periksa ialah mesin, kelistrikan, lampu-lampu hingga klakson. Cobalah nyalakan dan cek fungsi lampu utama, lampu rem dan kedipan lampu sein. Tekan tombol klaksonnya apakah mengeluarkan bunyi yang baik atau kurang baik.

Lalu,nyalakan dengan semua cara, yaitu electric starter dan kick starter untuk motor yang masih dilengkapi tuas starter kaki. Dengarkan suaranya mesin dan knalpotnya. Motor baru 2019 biasanya akan mengeluarkan suara yang halus.

Cek Fungsi Dashboard / Panel Spidometer

Untuk motor baru yang bermode tampilan digital, cek semua tampilan indikator yang biasanya akan menyala semua sesaat setelah kunci kontak dalam posisi ON.

Periksalah dan pastikan tidak ada indikator digital yang putus, atau tampilannya cacat. Koordinasikan pada pengirim motor jika ada kesalahan agar bisa mengatasinya. Terutama pada spidometer dan jarum penunjuk bensin.

Periksa Surat-menyurat dan Dokumen Pelengkap Kendaraan 

Pada saat motor baru 2019 Anda tiba, maka pengirim akan memberikan surat berbentuk form yang ada isian checklist. Form tersebut akan di isi oleh pengirim motor sebagai bukti penerimaan oleh Anda.

Nantinya form tersebut akan ditandatangani oleh penerima. Saat penerima baca dengan teliti isi setiap form tersebut. Jangan asal menandatangani sebuah dokumen. Periksa juga dokumen motor seperti STNK dan BPKB apakah sudah sesuai dengan motor Anda.

Periksa Tool Kit Bawaan Motor 

Tool kit biasanya terselip di kotak kecil di bawah jok. Didalamnya terdiri dari kunci L4, kunci busi, sling pengikat helm serta kunci pas 10/12 didalam wadah berwarna biru. Tool kit ini sangat diperlukan untuk pelengkap sebuah sepeda motor. Jika tidak memilikinya, motor tersebut perlu dipertanyakan keasliannya.

Itulah beberapa hal yang perlu diperiksa saat motor baru 2019 Anda baru sampai. Walaupun biasanya motor juga akan diperiksa oleh si pengirim, namun Anda akan lebih puas lagi jika ikut memeriksanya juga.

You Might Also Like

0 komentar

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Total Pageviews

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers