Persiapan Sebelum Mulai Menyewa Apartemen

June 24, 2019

Semakin ke kota harga lahan makin mahal sehingga untuk bikin rumah tapak (Landed Housing) dirasa memberatkan. Akhirnya pilihan beralih pada hunian bertingkat (Vertical Housing).

Jenis hunian vertikal ada 2 yaitu apartemen dan rumah susun. Perbedaan keduanya adalah dari penyedianya.

Rumah susun disediakan pemerintah sebagai program untuk menyediakan rumah layak huni bagi masyarakat. Rumah jenis ini memiliki fasilitas umum yang dipakai bersama.

Sedangkan pada apartemen dibangun oleh swasta dengan berbagai fasilitas yang memanjakan dan memudahkan penghuninya seperti kolam renang, mall dan pusat kebugaran.

Fasilitas umum yang ditawarkan serba mewah inilah yang bikin kita berdecak kagum saat tahu ada yang tinggal di apartemen.*oraang kaaya

Menghuni tempat baru pastikan bikin deg-degan, ditambah lagi dengan pertanyaan-pertanyaan gak jelas seperti bisakah berbaur dengan orang, diterimakah dilingkungan atau amankah disana?

Hal-hal kayak gini bikin gelisahkan? Maka dari itu kuasailah aspek  pada hunian termasuk saat menetapkan hati untuk tinggal di apartemen. Kenapa? apartemen jauh berbeda aturan dan sistemnya dibandingkan dengan rumah tapak.

Berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan:

1. Persiapan mental
Selain pertanyaan-pertanyaan diatas saat berada di apartemen kita akan merasakan sepi karena penghuni lain/ tetangga jarang ditemui. Orang sibuk dengan urusan masing-masing dan kalaupun ketemu orang banyak biasanya di lift.

Kadang kala juga merasa bosan akibat pemandangan terbatas, istilah tembok ketemu tembok. Berbeda dengan rumah tapak kita punya halaman luas.

Persiapan mental lain yang harus diperhatikan adalah aturan yang banyak yang bikin tak bebas seperti jam berkunjung, membawa hewan peliharaan dsb

2. Persiapan list prioritas atau kriteria yang diinginkan seperti:

- Nyaman dan amankah lingkungan
keamanannya harus terjaga 24 jam dengan adanya security dan kamera CCTV juga terpasang di setiap sudut. Setiap penghuni akan diberikan kartu akses yang hanya bisa mengakses lantai di unit tempat tinggal mereka.

- Adakah disediakan furniture
Ini penting juga diperhatikan, sebagai penghuni kita tak perlu ribet untuk mengurusi furnitur. Pilihan yang menyediakan fasilitas full compact furnished yang mana semua furnitur rumah tangga disediakan.

-  sirkulasi udara baguskah di hunian
Walaupun dominan AC tapi sirkulasi udara juga harus ada. Ada kalanya kita ingin merasakan aliran angin dari jendela.

- Keadaan kamar mandinya dan ketersediaan air yang bersih.

- Lokasi strategis point yang harus dipertimbangkan, akan lebih baik jika dekat dengan daily aktifity seperti perkantoran atau sekolah. Jika tidak ada yang dekat atau harganya melambung setidaknya dekat dengan halte busway dan stasiun commuter agar mobilisasi gampang mau kemana pun.

3. informasi yang cukup tentang Developer atau agen

Pelajarilah track record dari developer apartemen tersebut. Banyak kasus terjadi dari developernya atau jika tidak lagi ada kaitan dengan pengembang dalam arti udah tangan kedua dengan menggunakan agen properti.

Menggunakan jasa developernya atau agen harus teliti Legalitas dan Kelengkapan Dokumen Sebelum membeli atau sewa apartemen.

Agar tidak tertipu oleh agen gunakanlah situs yang terpercaya untuk JUAL BeLi Apartemen salah satunya jual-apartemen.com

Harga yang tertera disitus ini murah karena langsung dengan pemilik apartemennya. Bebas dari calokan! 

Iklan yang ada pun dari seluruh kota yang ada di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Cikarang, Bekasi, Karawang, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Jogja, Malang, Balikpapan, dan Batam.

Oh iya..Untuk kamu lebih mudah mendapatkan apartemen Jakarta Selatan dibandingkan rumah.

4.persiapan dana 

Udah ketemu prioritas saatnya mengkaji dana yang ada ditangan. Hitunglah budget sewa unit apartemen + listrik , jangan lebih dari 50% dari total pemasukan bulanan.

Semoga tips sederhana ini bisa membantu dalam menemukan hunian bertingkat yang murah dan bagus

You Might Also Like

0 komentar

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers