4 Kriteria Blog Yang Langsung Saya Tutup atau Berhenti Kunjungi, Jika Tidak Terbuka dalam 5 Detik

March 15, 2019

Bagi yang suka baca, apapun itu medianya tetap akan dilahap termasuk via blog . Pada media blog kita ngak hanya membaca saja tapi juga ada umpan balik yang diharapkan yaitu berkomentar. Istilahnya blogwalking.
Baca: hal -hal yang sering dialami saat bogwalking

Sebenarnya blogwalking  itu menyenangkan banget . Tak hanya menambah pengetahuan, memberikan inspirasi tapi juga menghibur. Tapi saya akan berhenti mengunjungi suatu blog jika ada keaadan ngak mengenakkan seperti


  1. Punya judul clikbait

Kutipan dari tulisan Ankesh Anand, dari Indian Institute of Technology berjudul  “We used Neural Networks to Detect Clickbaits: You won’t believe what happened Next, mengatakan clickbait merupakan istilah untuk judul berita yang dibuat untuk menggoda pembaca.

Artinya si penulis berusaha menggaet pembaca dengan menggunakan bahasa yang provokatif . Kenapa? Saat kita mencari artikel dimesin pencarian maka judul adalah elemen yang paling pertama dibaca, dengan memainkan judul maka pembaca akan terperangkap dan mengklik artikel.

Biasanya yang sering clikbait pada website, kini blogpun sudah banyak membuat judul yang cetar tapi saat dibaca jauh panggang dari api. *bertolak belakang .Errr....tidak ada keselarasan antara judul dengan isi konten .

clikbait itu merupakan ketidakjujuran dalam berkarya dan saya ngak akan mengujung lagi blog tersebut.  Dan ternyata ini gak hanya merugikan pembaca tapi juga mendatangkan citra dari search engine .Ieee... Seremkan?

Tak bisa dipungkiri menulis judul yang menarik itu sulit dan tak semua orang mempu melakukannya. Latihan dan rajin membaca akan membantu kok.
Baca: beberapa aplikasi ini akan membuat  blogging via smartphone lebih menyenangkan 

Dalam menulis judul yang menarik masukkanlah keyword yang ada dalam artikel, gunakan kalimat yang unik dan spesifik serta menambahkan angka/ nomor di judul.


2. Cerita unfaedah

Tak bisa dipungkiri ya, blog itu seperti diary digital. Kita bisa menuliskan semuanya dari hal yang menyenangkan sampai yang bikin keki. Walaupun begitu, jangan tulis yang unfaedah, hendaknya setelah baca blog kita ada yang bisa diambil pelajaran atau hikmah.

Baca: menulis merupakan cara aktualisasi bagi perempuan

3. gaya bahasa dan cara penyampaian

Ciri khas blog dari media lainnya adalah pengguna gaya bahasanya.  Ada yang menulis artikel menggunakan gaya bahasa yang semi baku dan baku.

Dalam menulis saya menggunakan bahasa yang semi baku dicampur dengan bahasa bahasa daerah. Hal itu dilakukan agar pembaca mudah memahami tapi tidak bosan saat membaca tulisan-tulisan saya.

Selain gaya bahasa cara penyampaian juga harus diperhatikan. Jangan sampai mutar-mutar, harus ada keselarasan antara paragraf .  Hindari juga paragraf stuffing.

4. Loading yang lama

Ketika sedang mencari artikel disalah satu website/ blog saya akan langsung menutupnya dan cari referensi lain jika memakan waktu lama untuk membuka keseluruhan konten. 90% pengunjung seluler meninggalkan website ketika waktu pemuatan halaman bergerak dari 1 hingga 5 detik.

Waktu  loading sangat mempengaruhi kunjungan diblog. Semakin lama, semakin besar kemungkinan untuk ditinggalkan. Akibatnya, Bounce Rate naik dan mempengaruhi kemunculan blog kita di Google. Hal ini bikin traffic makin kecil.

Baca: setelah nilai domain authority dan page authority turun, kita bisa lakukan ini untuk bertahan

Kenali sumber yang membuat loading blog berat dan cara mengatasinya , sebagai berikut

  • image
Sebelum upload foto kompreslah menggunakan TinyPNG. Aplikasi ini fungsinya untuk mengurangi ukuran file image, tanpa mengurangi resolusinya.

  •  animasi
Jadi ingat awal pertama saya ngeblog, menghabiskan waktu di depan komputer hanya untuk memasang animasi tanpa sempat bikin artikel.

Animasi yang saya pasang seperti kursor yang berkedip-kedip , Bintang bersinar dsbnya. Pokoknya yang bikin lucu diblog dan tak jarang menambahkan Banner gif animasi dan player music. Ternyata, kesemua ini bikin waktu loading blog kita lama.

  • Penggunaan video langsung
Dulu saya suka banget menambahkan video, tujuannya untuk memperkuat artikel yang dibuat. Ini bikin berat waktu loading blog lama.

Jadi jika mau unggah video ke blog kita harus unggah terlebih dahulu ke Youtube atau hosting penyedia video yang lain. Setelah itu, baru  kita embed

  • template yang minimalis
Blogger sering memodifikasi template atau mendownload untuk menampilkan ciri personalnya. Tapi harus diingat bahwa, template yang minimalis lebih disarankan untuk mengurangi waktu loading blog .

Adapun Ciri template minimalis adalah tak banyak widget. Widget dibutuhkan untuk petunjuk dan penyederhanaan dalam blog, maka kita harus memilihnya untuk dipasang disidebar.

Adapun widget yang menurut saya cocok dipasang adalah Artikel terbaru, Artikel populer, about blog dan logo  komunitas

Banyak alat yang bisa dipakai untuk mengecek kecepatan loading blog. Salah satunya pagespeed insight. Tool ini memiliki tingkat akurasi yang lengkap disertai dengan solusi  perbaikan.

Saya tak pemilih dalam mengunjungi blog karena suka baca tapi jika ketemu 4 kriteria diatas akan langsung tinggalkan. Rada lebay menurut sebagian orang ,tapi jika bicara kenyamanan gimana donk ?


You Might Also Like

1 komentar

  1. Mengunjungi blog selama beberapa detik bisa berpengaruh ke bounce rate pemilik blog. tapi saya setuju dg poin2 yg uni tuliskan. Saya juga malas membaca beberapa tulisan blog. hehehe. Tapi saya usahakan enggak langsung tutup, biarlah.. Kecuali kalau loadingnya lama, atau templatenya rusak. Misal di web/ mobile jadi kedempet-dempet gitu tulisannya. Di sisi lain, sebetulnya blog itu suka2 aja kan uni? hehe mau diisi curhat atau foto atau kalimat gaje. Tapi kalau blogwalking... Si empu blog memasukkan url tulisan di forum BW dan sesuai dg poin2 yg uni sebutkan ini, beuhhh. Balik lagi.

    Btw, paragraf stuffing itu ap artiny Uni? Sepertinya ada banyak yg harus dipelajari.

    Makasi artikelny Un. Rancakkk

    ReplyDelete

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

Join

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*