Hidup Sehat Itu Mudah, Ikuti 5 Cara

December 01, 2018

Tips mudah hidup sehat
Menjaga kesehatan itu mudah dan murah, saking murahnya tidak berbiaya alias gratis tapi kenapa masih ada yang sakit? Karena ketahuan(bahasa apa nih) maksudnya sudah tahu tapi tak terbiasa menerapkannya.

Konsisten itu mudah diucapkan tapi tidak dengan penerapannya apalagi jika menyangkut  hidup sehat. Kok yakin? Pengalaman sendiri bhahaa.

Sedari kecil udah didengungkan tentang kesehatan .Mau sehat harus begini, mau sehat harus ini dan ini. Nyatanya itu tinggal pengajaran semata, terlupa sesaat dan clinggg muncul ketika pertahanan roboh (sakit).

Grasak-grusuk mencari pertolongan untuk mendapatkan kembali kesehatan. Berobat ke sana kemari dari yang bernilai medis sampai non medis. Bahkan mau mencoba yang bernuansa supernatural yang sulit diterima logika. *skeptis

Beragam usaha ini dicoba oleh berbagai kalangan  demi mendapatkan kesembuhan. Tak jarang usaha ini menghabiskan banyak biaya. Jadi yang mahal itu sakit.

Usaha menjaga kesehatan tidaklah harus mengkhususkan waktu , pakai metode tertentu dan mengangarkan dana. Cukup dengan menjadikannya kebiasaan sehari-hari, tuh sesimpel itu.

Hidup harus seimbang begitu juga kesehatan, kita harus menjaga fisik dan jiwa juga. Penyakit tak melulu bersumber dari fisik, rasa cemas atau takut bisa berdampak pada kesehatan, menimbulkan penyakit. Ada orang yang diare karena tegang, saat semua berlalu diapun sembuh tanpa harus ke dokter.

Baca: peluntur Cinta itu bernama waham

Tips hidup sehat yang saya terapkan

1. Perbanyak konsumsi air putih

Manfaat minum air putih adalah untuk mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi. Tuh segitu besarnya manfaat air bagi tubuh. Sayangnya kebutuhan tidak tercukupi akibat adanya pengeluaran dari urine, buang air besar, keringat dan pernapasan.

Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan air dalam tubuh dipengaruhi oleh kondisi iklim dan cuaca, aktivitas fisik yang dilakukan dan berat badan . Normalnya kebutuhan harian air itu 2,7-3,7 liter.

Sumber cairan dalam tubuh tidak melulu dari air , buah-buahan dan sayur juga menolong .Cuma  permasalahannya seberapa greget loe eh banyak makan buah dan sayur setiap hari .

Cara terbaik dan tercepat untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan banyak minum.*Jangan sampai kembung .
Selama ini anjurannya adalah 8 gelas, sayangnya banyak yang ngak pas untuk gelasnya. Menggunakan 8 gelas kecil, waduh itu belum nyampe 2 liter loh.

Mengkhususkan minum air tawar sebagai kebiasaan baik itu sulit . Selama ini ia diminum hanya pada kondisi haus dan setelah makan. Ini berbahaya, menimbulkan dehidrasi dan jika dibiarkan akan lemas .

Sebenarnya tubuh ini canggih, ketika kurang minum akan langsung berdampak pada urin yang pekat,berbau dan sedikit. Sayangya kita banyak ngak ngeh. Mencari minuman pengganti selain air putih .

Lalu bagaimana cara menerapkan minum air sebagai kebiasaan baik?  kalau saya minum diantara waktu sholat dan ditambah sebelum dan sesudah makan serta menjelang tidur. 8 gelaas ya? Iyaa pakai gelas besar

Nah....khusus dipagi hari saya minum air jeruk lemon hangat. Saya dapat dobel manfaat dari lemon dan minum air putih

2. Tidur yang cukup

Sebuah mesin jika dipaksa terus bekerja maka hasil tak maximal bahkan bisa rusak , begitu juga dengan tubuh .

Tidur sebagai cara merestar tubuh. Ia tak hanya menghindarkan diri dari risiko terkena penyakit, mendapatkankan kebugaran karena mengistirahatkan sistem dalam tubuh seperti otak ,kulit dan hormon.
Manfaat lain dari tidur yang tak kalah penting adalah menghindarkan diri dari stres. Kalau lagi ada masalah beraat banget paksalah untuk tidur , semoga saat bangun ketemu solusinya .

Tak hanya fokus dimalam hari ,siangpun harus tidur .Tak perlu banyak cukup 30 menit

Kebutuhan tidur orang dewasa itu 8 jam. Lebih dari itu ngak bagus, terlelap lebih dari delapan jam secara konsisten bisa menurunkan tingkat konsentrasi seseorang.

Masalah lain muncul jika kurang tidur .
Menurut Harvard Health Publication, "kekurangan waktu tidur memiliki korelasi langsung terhadap risiko terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung.
Bukan hanya itu, kurang tidur juga setara dengan mengonsumi racun, atau pun menjalani pola makan yang buruk". Ieee serem

3. Menjaga makanan yang masuk ke perut

Bicara makanan itu bahasannya panjang , kenapa karena kita tak bisa sembarangan memasukkan makanan. Sumber penyakit banyak dari perut .

Cara saya menjaga kesehatan melalui makanan :
  •  halal ,ini poin utama banget ya
  • Tepat waktu dan tepat juga porsinya
  • Terpenuhi unsur yang dibutuhkan tubuh
  • Tidak menggunakan 4p(pengawet, pewarna, perasa dan penyedap) 
  • Makan banyak buah dan sayuran dengan warna cerah  
Makanan berwarna cerah kaya akan anti oksidan ,zat ini diperlukan tubuh untuk menghilangkan dan menangkal radikal bebas dalam tubuh kita 

4. Berolahraga Teratur

Olahraga merupakan bagian yang sulit untuk konsisten. Selalu ada alasan untuk pembenaran rasa malas . Ngak ada temanlah, ngak ada sepatu, banyak kerja ,cuaca yang tak bersahabat dsb. Siapa yang beginiii? cunggg. Ini saya banget .

Keinsyafan saya datang ketika menjalani promil . Menerapkan pola hidup sehat demi mendapatkan buah hati. Akhirnya memaksakan diri olahraga tanpa kelengkapan he .. He . Ngak pake sepatu. Lari keliling komplek dengan bersendal ria cyiin. Pura-pura ngak liat saat ada yang mentertawakan saya 😆

Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan. Menurunkan risiko penyakit, kepadatan tulang lebih baik, menurunan berat badan dan peningkatan rentang hidup .

Manfaat ini membuat saya bersemangat, hujanpun tak menyurutkan . Tetap olahraga rutin dirumah . Melakukan gerakan sederhana yang mampu mengeluarkan keringat . Cek di IG banyak banget tutorial dan tayanganyatayanganya.

5.Berpikir positif

Aspek jiwa perlu diperhatikan jika ingin sehat paripurna . Hidup ini udah ribetkan, jangan ditambah lagi dengan pikiran negatif lainnya.

Pikiran -pikiran tak jelas ini merusak diri sendiri ,belum tentunya apa yang kita pikirkan itu yang ada dipikiran orang. Pikiran negatif mendekatkan pada salah sangka.

Dan juga jika dipelihara akan menimbulkan stress. Stres akan menimbulkan penyakit dan gangguan kesehatan. Pernah dengar ada orang berobat tapi ngak ketemu penyakit. Itu disebabkan oleh pikiran.

Ada penyakit tertentu yang makin berat saat pikiran kalut.Contohnya psoriasis, asam lambung,  Hipertensi, diabetes, dan eksim.

Pikiran merupakan sumber dari bahagia dan kesedihan ,maka dari itu mulailah berpikiran positif . Ada kalanya masa bodoh itu baik ,tapi jangan sering -sering  ya.

Tak mudah memang jika berbicara tentang pikiran dan saya merasakannya .

Yuk mulai hidup sehat dari sekarang







You Might Also Like

0 komentar

Beautynesia

beautynesia blogbeautynesia

Iblogmarket

IBX5A99EA8C4DE69

Like us on Facebook

blogger muslimah

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers