Tips Traveling Ke Belitung Untuk Hijaber

December 02, 2018

Tips traveling hijabers ke belitung
Deburan ombak ,hembusan angin, pasirnya yang lembut dan pohon kelapa yang "melambai" membuat pantai selalu menjadi destinasi wisata favorit semua orang termasuk saya.
Sebenarnya ada alasan tambahan lainnya yaitu ngak suka mendaki gunung. Capek.  😆

Bicara liburan kepantai, saya berharap bisa mengunjungi tempat laskar pelangi. Yup pulau Belitung. Sebenarnya banyak pantai lain yang bagus,wonderful Indonesia tapi semenjak menonton Film laskar pelangi yang inspiratif saya jatuh cinta dengan pantainya. Jika ada kesempatan dan rejeki ingin photo ala-ala anak SD muhammadiyah di pantainya yang eksotis.

Kemanapun liburan dengan waktu singkat sekalipun,  tetap perlu persiapan . Jangan sampai udah bela-belain pergi eh,  pas disana ngak bisa senyum lantaran ada yang ketinggalan.  Itu mah saya banget. Bha..bha.

Atau ngak nyaman akibat salah kostum, terutama bagi hijaber. Nah...saya pernah ke pantai dekat rumah tapi ngak nyaman karena tak ada persiapan.

Beberapa tips ini semoga bisa membantu teman hijaber yang ingin berlibur ke pantai di Belitung

1.tentukan waktunya
Ngak pas waktunya bakalan sia-sia atau ngak maksimal menikmati liburan.  Tentukan bulan berkunjungnya karena ini berkaitan dengan kondisi cuaca dan pengunjungnya.

Di musim kemarau antara April – Oktober, waktu yang pas untuk explore pulau-pulau kecil di sekitar Belitung. Namun, harus mempersiapkan obat-obatan untuk mencegah masuk angin dan mabuk laut sebab kondisinya cukup berangin.

Berbeda lagi jika pada bulan November- Maret.  Masa ini angin ngak terlalu kencang tapi curah hujan tinggi terutama di sore hari. Musim hujan rawan DBDkan, bawalah semprotan atau losion anti nyamuk.

Jika tak ingin merasa sesak karena ramai ,hindari berkunjung pada bulan Juni atau Juli. Itu masa liburan anak sekolah.

2. Sesuaikan pantai dengan aktifitas yang ingin dilakukan

Aktivitas yang ingin saya lakukan adalah berkaki ayam (tanpa sendal) merasakan lembutnya pasir dan segarnya udara, melihat sunset. Sedangkan, keindahan laut dengan berbagai ikan hias dan terumbu karang dengan snorkling ataupun diving. Ngak mau rugikan, udah nyampe ke sini ngak maximal menikmati indahnya ciptaan Tuhan.

Maksud saya penyesuaian pantai dengan aktifitas adalah jika ingin berenang hijaber harus bawa baju renang sendiri. Takutnya ngak ada yang nyewakan, yah untuk jaga-jaga aja.

Keunikan pantai di Belitung adalah berpasir putih, bebatuan granit dan airnya jernih. Penasaran kan?  Nih wisata pantainya yang wajib diketahui

a. Pantai Tanjung Tinggi

Jejeran batu granit dengan ukuran besar akan ditemukan di sini. Ombaknya pun jinak cocok banget untuk berenang tanpa harus takut terbawa ombak. Kalau lapar, kita bisa makan di warung-warung yang menjajakan seafood.

b Pantai Tanjung Kelayang (pulau burung)

Pantai ini dikenal sebagai ikon Belitung .Ciri khasnya adalah salah satu batu granitnya seperti kepala burung.
Pantai ini merupakan pintu untuk berkeliling ke pulau-pulau kecil karena banyak kapal kayu yang mau mengantarkan berkeliling.

c. pantai pulau Lengkuas

Di sini terdapat sebuah mercusuar  yang masih kokoh berdiri walaupun sudah berumur tua. Bangunan ini sudah ada pada tahun 1882 dimasa Belanda .

Pemandangan menawan bisa dilihat dengan menaiki mercusuar setinggi 50 m. Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan melihat sunset, berenang dan snorkeling.

d. Pantai Punai

Berbeda dengan pantai lain , batu granitnya kecil dan untuk menuju pulau ini cukup berjalan kaki jika air sedang surut.

 e.Pantai Nyiur Melambai
 Pantai ini aman untuk berenang karena garis pantai yang panjang, kontur pantai yang melandai, dan ombaknya tidak terlalu. Keberadaan pohon pinusnya membuat suasana teduh dan sejuk .


f.Pantai penyabong
Pantai ini belum setop yang lainnya. Ciri khasnya adalah batu-batu granit raksasa yang saling bersambung dan memanjang di sisi kanan maupun kiri pantai. Pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Batu Lubang.

Selain pantai spot lainnya yang menarik
- Kawah kaolin

  Perpaduan antara air danau berwarna biru dan kaolin berwarna putih sumber keindahan.

- SD Muhammadiyah Gantong

- museum andrea hirata

-Pulau Pasir

 Pulau ini terbentuk dari gundukan pasir putih yang ada di tengah laut. Adanya kekontrasan air laut yang biru jernih dengan gundukan pasir, sumbar keindahannya. Namun,  tak selalu terlihat

-Pulau batu berlayar

 Gugusan batu granit di pulau ini mirip layar. Di pulau mungil  ini kita bisa bermain dengan bintang laut



Traveling tanpa kuliner takkan lengkap. Belitung memiliki Kopi Manggar dan Kopi Kong Djie yang wajib dicoba . Makanan yang direkomendasikan Mie Belitung, Gangan, Ketamisi, es jeruk kunci atau ikan bakar dengan sambal serai khas Belitung. Ahhh, dijamin sedap

3.bawa perlengkapan untuk melindungi diri
Diatas udah disinggung obat dan losion nyamuk. Perlengkapan lainnya yang harus dibawa adalah kacamata antiradiasi, topi dan sunbock.

Tujuan penggunaan kacamata adalah mencegah kerusakan mata akibat paparan sinar matahari.  Selain itu kacamata juga buat penampilan keren.

Penggunaan sunblock dan topi akan menghalau sinar matahari secara langsung, walaupun udah berhijab. Pilihlah topi yang lebar.

4. Gunakan busana yang simpel
Hindari pakaian yang bewarna gelap kecuali mau lihat sunset. Atau yang berwarna putih karena saat basah bisa menjiplak tubuh.

Gunakan busana berwarna pastel atau terang yang mudah menyerap keringat. Contoh bahan yang cocok adalah katun dan kaos.  Lebih baik menggunakan celana longgar tapi jika ingin pakai rok  bisa kok, asalkan bahannya jatuh dan ringan. Dan akan lebih aman jika dilapisi leging. Jadi tak perlu takut roknya tersingkap karena tertiup angin kencang.

Nah ...soal gaya hijab, tak perlu macam-macam. Ngak usah lilit sana sini. Atau yang berhiasan rumit seperti payet. Pakailah hijab yang simpel dan saya rekomendasi jilbab langsung (bergo). Kalau mau jenis paris boleh tapi mudah berubah posisi atau berubah bentuk saat tertiup.

Pilihlah bahan hijab yang adem dan tipis tapi tak menerawang seperti chiffon, kaos, katun, rayon, sutra dan spandex.

Tunggu apalagi hijaber, yuk bikin itenari ke  Belitung..

 Yuk tuliskan kisahmu dan bagikan kepada semua orang sekaligus ikutan lomba #wonderfulIndonesia yaaa...

Setelah menulis artikel, bisa submit ke form ini : https://goo.gl/forms/RJuGs5pjTXEj5ZpD3


Sumber:

http://jadiberita.com/113782/deretan-pantai-di-belitung-yang-bakal-bikin-kamu-serasa-di-surga.html

https://indopos.co.id/read/2018/06/06/140572/yuk-mampir-ke-10-destinasi-belitung-lebaran-nanti
 
Gambar :
https://www.tripadvisor.co.id
https://www.pegipegi.com
http://anekatempatwisata.com




You Might Also Like

0 komentar

Beautynesia

beautynesia blogbeautynesia

Iblogmarket

IBX5A99EA8C4DE69

Like us on Facebook

blogger muslimah

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers