Aksi Dompet Dhuafa Mengatasi Masalah Kemanusian

December 24, 2017


"Didalam Hartamu ada hak orang lain dan untuk mendapatkan berkah berikanlah hak itu.  Setiap bulan sehabis menerima gaji disisihkan 2,5% untuk zakat" demikian nasehat ibu

Ibu mengajarkan kami untuk berbagi, salah satu cara mengeluarkan zakat secara rutin. Zakat ini  bernama zakat profesi atau penghasilan yang dikeluarkan setiap bulannya dan bersumber dari penghasilan.

Selain zakat profesi dan fitrah dalam islam juga ada zakat untuk emas, hewan ternak, pertanian, barang tambang dan perdagangan.

Zakat berbeda dengan ibadah lainnya seperti shalat,puasa dan haji, sebab selain mengandung makna ketaatan zakat juga ada nilai  sosial.

Mengeluarkan zakat mencerminkan kepedulian sebab zakat bertujuan memberikan bantuan materi kepada yang berhak.  Diharapkan bantuan tersebuat  dapat meningkatkan kualitas hidup penerimanya.

Selain zakat cara lain untuk menyucikan harta adalah dengan infak dan shadaqah.  Melaksanakan ajaran ini akan membuat jiwa menjadi lebih suci dan tentram bahkan berkah.

Jangan lupa Doa orang penerima zakat,infak dan sadaqah itu dashyat. Mereka berdoa dan dampak yang kita rasakan segala urusan dipermudah. Sama halnya dengan doa orang teraniaya yang langsung diijabah.

Permasalahan yang sering ditemukan adalah Zakat, infaq dan shadaqah belum menyeluruh penyebarannya, tertumpuk pada satu daerah saja. Biasanya disebabkan terbatasnya kemampuan si pemberi donasi untuk menjangkau daerah lain.

Masalah lainnya yang berkaitan dengan pendistribusiannya adalah kekhawatiran tidak tepat sasaran atau tertipu dengan lembaga yang menampung donasi.

Kita tidak mau sia-sia dalam memberikan donasi, berharap bisa membantu saudara yang kurang mampu malahan nyasar kepada lembaga bodong. Kehati-hatian diperlukan apalagi menyangkut donasi dan untuk itu pilihlah lembaga penyalur yang terpercaya.

 Dompet dhuafa dan kegiatannya 

Salah satu Lembaga Amil Zakat yang terpercaya bernama Dompet Dhuafa. Yayasan ini sudah berdiri sejak 4 September 1994 dan diresmikan oleh Departemen Agama RI sebagai Lembaga Zakat Nasional (Lembaga Amil Zakat)  pada tanggal 10 Oktober 2001.

Dompet Dhuafa merupakan lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang bertujuan mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf).

Dompet Dhuafa  akan mengelola uang yang kita berikan dengan cara memberikan pelayanan dalam bidang kesehatan, ekonomi ,pendidikan dan pengembangan sosial. Aplikasi ke empat bidang ini dapat dilihat dari aksi sosial dan program-program yang mereka lakukan.

Harapannya adalah semua masyarakat bisa berdaya dan mampu berdiri sendiri dikakinya untuk mengatasi masalah mereka. Bisa juga diistilahkan adalah pemberdayaan, yaitu proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri.

Adapun rincian kegiatan dompet dhuafa :
1.kesehatan

Bicara kesehatan pastinya berkaitan dengan upaya pencegahan, promosi dan pengobatan. Sejak tahun 2001 dompet dhuafa mempunyai program Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC).

 Untuk menunjang kegiatan pengobatan, di tahun 2009 dibangunlah rumah sakit terpadu (RST) . RST ini layaknya rumah sakit lainnya memiliki fasilitas lengkap, mulai dari poliklinik, dokter spesialis, ruang operasi, rawat inap, UGD, apotek, hingga metode pengobatan komplementer.

2. Program dibidang pendidikan

Generasi yang berpendidikan akan memajukan bangsa selain itu mereka diharapkan bisa memutus rantai kemiskinan. Adapun  kegiatan dan program yang dilakukan adalah mendirikan sekolah gratis, memberikan beasiswa, mencetak guru berkarakter melalui sekolah Guru Indonesia .

3. Ekonomi

Kemiskinan  dekat dengan kekufuran, berbagai masalah muncul karena kemiskinan. Dan untuk itu dibuatlah program mengatasi kemiskinan dengan 2 bentuk yaitu pemberdayaan masyarakat  dengan memberikan bantuan pelatihan pada kelompok.

Jika ada kelompok/perorangan yang telah memiliki usaha,program yang bisa didapatkan adalah program berkelanjutan melalui pelatihan dan pendampingan.

Sebelum melakukan program pemberdayaan ekonomi dompet dhuafa akan meninjau lokasi, bertujuan untuk menyesuaikan kondisi masyarakat dengan daerahnya.

Setelah menemukan kecocokan daerah yang ingin dibuat mandiri dengan bantuan yang diberikan barulah dilakukan pemberdayaan. Pemberdayaan ini bertujuan untuk melatih agar yang diberdayakan mampu bertahan malahan kalau bisa status mereka meningkat, dari penerima menjadi pemberi zakat.

Program pemberdayaan pada bidang ekonomi meliputi pertanian , UMKM, peternakan,perikanan,tebar hewan kurban, tabungan wakaf, dompet dhuafa travel. Hasil akhir dari pemberdayaan ini akan melahirkan enterpeuner dan lapangan kerja baru.

4.Pengembangan Sosial

Pengembangan sosial merupakan kegiatan apa yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi musibah.
Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu recruit volunteers, layanan jenazah gratis, advokasi buruh migran, pengelolaan bencana, dan program tematik seperti tanam pohon atau sedekah air.

Berbagi berkah merangkul asa

Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi lingkungannya.  Salah satu caranya dengan berbagi, menyisihkan sebagian Harta yang dimiliki.

Tidak semua orang beruntung bisa hidup layak. Mereka harus berjuang mati-matian demi sesuap nasi. Atau menahan sakit dikarenakan tidak ada biaya. Apakah kondisi kemanusian ini harus terus berlanjut ? Membiarkan ketimpangan didepan mata!

Banyak masalah kemanusian yang terjadi didepan mata dan kita tidak bisa menutup mata. Satu aksi kecil kita merupakan asa mereka.

Percayalah, memberikan kail akan membuat mereka bisa memancing. Dengan kita memberikan zakat, infak dan shadaqah sesuai dengan kemampuan menjadikan kita pahlawan bagi asa mereka.

Asa tak sekedar mimpi bagi mereka tapi bisa diwujudkan berkat kepedulian kita. Sebenarnya ,mereka(dhuafa) berharap bisa merangkul asa tapi terhadang keterbatasan. Solusi mengatasinya dengan pemberdayaan.

Kegiatan pemberdayaan meliputi pemberian keterampilan, modal dan kepercayaan dari pihak terhadap usaha yang mereka geluti. Misalnya pada usaha UMKM,orang akan lebih suka memilih produk yang sudah "ada nama" daripada yang baru merintis. Jika mereka sudah berdaya dalam usahanya jangan pernah tinggalkan mereka,sediakan ruang konsultasi. Itulah opini sederhana saya dalam memberdayakan masyarakat dhuafa

Selain donasi kita juga bisa menjadi pahlawan bertopeng dengan menjadi volunteer dalam dompet dhuafa. Merasakan percikan kebahagian bersama para dhuafa.

Yuk bergabung dalam barisan hero jaman now. Menagguk pahala tanpa harus repot, maksudnya bersedekah, infak dan zakat  bisa kapan saja dan dimana saja dengan gadget.




#herojamannow
#bulankemanusian
#MembentangKebaikan



You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers