Secangkir Kopi Dan Cerita Yang Ada Didalamnya

December 26, 2017



Rasa asam, pedas dan manis berpadu dalam sebuah piring, mereka berbeda tapi saling melengkapi bahkan memberikan warna. Apa jadinya rujak jika tidak memiliki salah satu dari 3 rasa itu atau kalaupuan ada tidak pas takarannya?

Ternyata rasa dalam rujak tersebut bisa diibaratkan pada kehidupan.  Saya merasakan adanya perbedaan antara saya dan si uda dalam hal pandangan,selera berpakaian ,kebiasaan dan rasa (terutama komsumsi kopi)

Si uda hanya minum kopi  dan itupun ketika bekerja untuk mendapatkan efek kafein.  Kandungan kafein akan menghambat tubuh mengeluarkan hormon melatonin yang berfungsi untuk mengeluarkan rasa kantuk.

Berdasarkan Studi yang dilakukan oleh divisi Sleep and Chronobiology Laboratory Universitas Colorado mengatakan bahwa setidaknya satu cangkir kopi akan menghambat tubuh mengeluarkan hormon melatonin selama tiga jam.

Berbeda dengan saya , rutin komsumsi kopi demi mendapatkan  banyak manfaat.

 Kopi jika diminum dalam jumlah yang pas akan mencegah dari risiko penyaki lever dengan batasan  3 sampai 4 kopi cangkir sehari.  Ini merupakan hasil penelitian Dr Qian Xiao dari National Cancer Institute Amerika Serikat  di tahun 2014.

Hasil penelitian lain yang menyatakan minum kopi bagus untuk kesehatan dilakukan oleh Federal Advisory Committee.  Mereka mengatakan minum kopi tidak memiliki kaitan dengan meningkatnya risiko penyakit kronis. Artinya sakit kronis belum tentu diakibatkan oleh kopi tapi ada banyak faktor penyebabnya. Hasil penelitian yang mereka lakukan di tahun 2015 ini dipublikasikan dalam situs web The Washington Post .

Meminum kopi paling banyak 5 cangkir sehari (± 400 mg) bisa berdampak baik bagi kesehatan, contohnya menurunnya risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Studi juga menunjukkan bahwa secara rata-rata, kesehatan peminum kopi tidak lebih buruk daripada mereka yang tidak minum kopi.

Ditahun yang sama  Dietary Guidelines Advisory Committee melaporkan bahwa meminum kopi 1-4 cangkir/hari dapat mengurangi resiko kematian hingga 3-4%. Selain itu, risiko kematian akibat sakit jantung (cardiovascular disease) juga berkurang hingga 8-16% bagi peminum kopi.

Dan manfaat lain yang saya dapatkan dari komsumsi kopi yaitu sebagai  penyembuh yang ampuh, tanpa minum obat sakit kepala lenyap.

Adakalanya saya merasa buntu menulis blog,otak serasa mampet ternyata dengan secangkir kopi mampu meningkatkan fungsi kognitif. Sehingga saya bisa melahirkan inspirasi untuk ngeblog.

Atau dilain waktu merasa lelah  saya akan menyeduh kopi karena kandungan kafein dalam kopi merupakan kandungan psikoaktif.

Perbedaan lainnya adalah dalam hal rasa kopi adalah si uda menyukai rasa manis sehingga saat menyeduh kopi harus melebihkan gula walaupun itu kopi sachset . Berbeda dengan saya yang menyukai kopi pahit, rasanya ada tantangan ketika bisa menaklukkan kopi pahit .

2 selera dalam 1rumah membuat saya harus menyediakan 2 jenis kopi. Beruntungnya kopi kapal api bisa memenuhi keinginan kami.

#kapalapipunyacerita

Saya selalu nyetok 2 jenis kopi kapal api sachet di rumah. Kopi bubuk spesial atau kopi mantap itu kesukaan saya, sedangkan si uda varian lain.

Tak perlu menakar ukuran gula, kopi dan cokelat atau susu sebab semuanya sudah pas. Ini sangat memudahkan si uda untuk menyeduh kopi.

Ketika si uda ingin minum kopi rasa moca, dia bisa melakukan sendiri tanpa perlu menunggu saya. Apapun variannya kopi kapal api jelas lebih enak.

 Kenapa kopi Kapal Api  jelas lebih enak.
1.Terbuat dari biji kopi pilihan, yaitu Arabica dan Robusta yang mana jenis biji kopi ini sudah terkenal kenikmatannya

2.Kopi Kapal Api sudah mendapatkan Sertifikasi HALAL dan BPOM
Halal itu mutlak dalam aspek kehidupan termasuk untuk yang masuk perut. Aspek hal tidak hanya dari bahan baku saja tapi juga cara pengolahannya, harus dipastikan apakah ada tercampur dengan yang tidak haram.

Sertifikat halal yang dikeluarkan oleh MUI membuat umat muslim tidak perlu ragu dalam komsumsi produk, termasuk kopi kapal api.

Sertifikat BPOM merupakan dasar suatu produk aman untuk dikonsumsi dan bermutu. Sebab, sebelum produk  beredar harus diuji terlebih dahulu di labor oleh POM.

3. Produk berkualitas
Ini bisa dilihat dari lamanya suatu produk mampu bertahan.  Kopi kapal api berusia puluhan tahun dan selama itu mampu mempertahankan kualitasnya. Bahkan setiap tahunnya mereka selalu berevolusi  dalam kualitas untuk membuat kopi yang lebih enak.

Dalam berproduksi perusahaan Kapal Api selalu mengawasi proses pembuatan produk secara ketat, mulai dari pemilihan biji kopi mentah, tingkat penyangraian biji kopi, uji kestabilan cita rasa, hingga pengemasan produk.

 4. Pas
Kopi kapal api ini pas ini bisa dilihat dari harganya yang ramah dikantong . Kopi ini memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga aman dilambung. Selain itu, memiliki kepahitan yang kuat sehingga 1 sachet sudah cukup untuk mendapatkan moodboster dalam segelas kopi. kopi kapal api jelas lebih enak, baru membuka kemasannya aroma kopi sudah mampu menghipnotis saya.

Varian kopi kapal Api sudah makin banyak, membuat penikmatnya bisa memilih. *asyikkan
Kopi Special (kopi bubuk murni dengan ramuan istimewa), Special Mix (ramuan kopi spesial plus gula), Kopi Susu (kopi, gula dan susu) dan Mocha (kopi, gula, susu dengan campuran cokelat).
Selain itu, Kapal Api juga punya produk premium seperti White Coffee.


Cara membuat kopi sachet juga berpengaruh terhadap rasa, adapun cara membuat kopi kapal api
1.larutkan dengan air dingin
Tambahkan beberapa sendok air dingin dalam gelas kopi. Tujuannya membuat bubuk kopi secara maksimal sehingga aroma dan rasanya pun enak.

Jika  langsung mencampur bubuk kopi dengan air panas, kandungan amylum yang terdapat dalam kopi akan mengeras. Nah, hal ini bisa membuat kopi terasa “powdery”.

2. Gunakan air panas yang fresh
Kopi akan terasa nikmat jika diseduh dengan air panas. Air panas fresh artinya air dengan panas maksimal(baru mendidih) bukan air termos.

Lebih baik membuat kopi dari air panas mendidih bukan air yang dipanaskan berulang seperti air dispenser. Ternyata setiap memanaskan air ada oksigen yang hilang dan ini berpengaruh pada rasa kopi.

Adapun suhu untuk membuat kopi antara 90 – 95°C, bukan 100°C, jadi setelah air mendidihkan didiamkan beberapa saat sebelum dituang.

3.Agar panasnya tahan lama, sajikan dalam gelas keramik
Di rumah kami memiliki 2 jenis wadah penampung kopi. Si uda  lebih suka menikmati kopi dalam suhu panas, sehingga saya menyajikan dalam gelas keramik.

Keramik mampu mempertahankan kehangatan kopi lebih lama,  sedang akan saya menyukai kopi dingin sehingga memilih gelas untuk menikmatinya.

Menurut ahli gizi diet Gina Keatley, " kopi dingin memiliki kandungan asam lebih sedikit per ons-nya ketimbang kopi panas karena ampas kopi (atau lebih tepatnya berbagai jenis minyak, asam, dan molekul aromatik lainnya) mudah terekstraksi pada suhu 90-96°C."

Walaupun begitu, menurut Sonya Angelone, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, mengkonsumsi kopi panas  tetap baik sebab lebih banyak mengandung  antioksidan. Zat ini diperlukan tubuh untuk mencegah radikal bebas.

4.tambahkan bahan lain seperti susu uht, kayu manis atau bubuk cokelat
Variasi dalam menikmatinya kopi bisa dalam bentuk  latte. Penggunaan susu UHT membuat hasil kopi memiliki cita rasa creamy yang lebih legit. Oh iya..  Bicara kopi latte, kopi kapal api juga punya rasa latte.

Saya tetaplah tim kopi pahit, tak ada salahnya bereksperimen dalam hal rasa dan untuk itu menambahkan kayu manis. Kandungan dari kayu manis akan menurunkan gula darah dan kolesterol. Selain itu aroma dan rasanya akan  lebih khas.

Kopi kapal api mantap akan lebih nikmat jika menambahkan kayu manis. 👍

Penambahan bubuk cokelat ke kopi bagus untuk kesehatan, kandungan antioksidannya mampu mengatasi penyakit jantung. Varian Kopi kapal api moca berisi kopi, gula dan cokelat.

Kopi tidak  hanya sekadar minuman tapi lebih dari itu banyak manfaatnya. Dan untuk mendapatkannya pilih kopi yang aman dikonsumsi dan enak.

Kopi kapal api merupakan pilihan terbaik bagi pecinta kopi. Sebab rasanya yang enak, proses pembuatan yang dibuat dengan sepenuh hati dan juga banyak varian didalamnya.

Secangkir kopi kapal api tak hanya sebuah minuman tapi #kopikapalapipunyacerita saat menikmatinya.

Sekali lagi yang harus diingat, perbedaan dalam segala bukan masalah besar asalkan bisa dimaklumi. Perbedaan itu akan  menyatu dalam produk kapal api. #kopikapalapipunyacerita




You Might Also Like

0 komentar

Beautynesia

beautynesia blogbeautynesia

Iblogmarket

IBX5A99EA8C4DE69

Like us on Facebook

blogger muslimah

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers