Fresh Graduate, Pahami Lagi Arti Sebuah Wisuda

December 18, 2012

Fresh graduate, pahami lagi arti wisuda
Wisuda adalah suatu proses pelantikan kelulusan baik itu siswa dan mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya. Proses ini sebagai bentuk telah selesainya suatu pendidikan dan yang bersangkutan siap dilepas ke lingkungan . Ceileeh
Tak hanya pendidikan formal aja yang merasakan euforia wisuda, habis menamatkan belajar alquranpun diwisuda , tapi namanya khatam  .

Pelaksanaanya dibuat semirip mungkin dengan wisuda pendidikan formal . Ada arak-arakan dijalan, dimeriahkan dengan drumband. Dan kostumnya berwarna putih, beda dengan yang formal  dominasi hitam. Trus adakah toga?  

Ngak ada tapi diganti dengan hiasan bunga plastik dikepalai wanita, sedangkan laki-laki ngak pakai apapun.  Seperti wisuda umumnya ada pemanggilan yang terbaik. Sayangnya saya tak berada diposisi ini. Ah sudahlah ..yang penting udah menamatkan alquran dan udah mahir. *menghibur hati .

Jadi, selama umur yang telah dilalui saya udah 3 kali wisuda . Saat khatam qur'an, kuliah diploma dan strata satu. Inti acaranya sama untuk 2 pendidikan formal itu, pembagian ijazah. 

Dipagi yang cerah wisudawan akan berkumpul dalam sebuah ruangan yang duduknya misah sama tamu (orangtua ). Kemudian masuk  rektor, dekan dan dosen diiringi musik .


Rombongan yang masuk tadi banyak tapi khusus untuk memindahkan tali dari kiri kekanan hanyalah petinggi (dekan dan rektor).

Saat pemindahan ini kadang ada juga kejadian akward yaitu pemindahannya 2 kali yaitu dari kanan kekiri kemudian barulah kekiri menuju kanan .Biasanya ini terjadi bagi newbie yang telat datang. Ngak sempat ngecek-ngecek arah tali. 

Kenapa tali penting? Ada sejarahnya loh 
Toga berasal dari bahasa latin yaitu tego, merupakan sebuah penutup kepala. Nah  tradisi ini asal dari romawi kuno, ternyata sudah dikenakan bangsa Etruskan (pribumi Italia) sejak 1.200 SM. 
Kala itu,bentuk toga belum berupa jubah jubah, tapi hanya kain sepanjang 6 meter yg cara pakainya dililit ke tubuh. Ribet nya!!!!!!!!!!!!!!! 

Toga memiliki bentuk unik tidak segitiga tidak juga segi empat tapi runcing.(untuk Indonesia)  Mungkin maksudnya untuk melambangkan seorang sarjana harus memiliki pikiran yang tajam dan dalam menyelesaikan masalah harus memperhatikan dari segala segi. 
Adapun tali toga di pindahkan kesebelah kiri maksudnya  selama menjadi mahasiswa, bagian otak yang dipakai mahasiswa kebanyakan adalah otak kiri karena hanya berhubungan dengan bahasa atau hafalan diharapkan setelah harus lebih banyak menggunakan otak kanan. 
Dimana otak kanan ini berhubungan dengan daya imajinasi, kreativitas, dan inovasi seseorang. Jadi setelah wisuda para sarjana bisa menghasilkan sesuatu yang penting seperti ciptakan lapangan kerja atau produk baru. Intinya mandiri. 
Harapan besarnya tidak ada pengangguran atau kerja keluar negri .Duh ...berat ya filosofinya . 

Oh iya ...bagi yang mau wisuda terutama wanita datang lebih pagi lagi ke salon atau cari salon yang ngak ramai atau booking ramai -ramai dengan teman sehingga pemakeupnya bisa disuruh kerumahnya.

Wisuda hari spesial jadi pasti wanita bakalan cetar membahana badai dengan bulu mata anti layu. Wajar aja, tampil beda sebagai apresiasi atas keberhasilan menamatkan pendidikan.  Malahan ya, akan dianggap aneh jika polos atau no make up no. 

Walaupun begitu jangan lebai menurut saya, dengan membeli /jahit kebaya 2 buah satu untuk yudisium dan wisuda. Halaah.. .. Tubuh ini juga akan ditutupi oleh baju hitam juga. Dan sia-sia bikin 2 baju. *¹waduh arah ke zero waste nih .

Bukan ngak bersyukur dan pelit , menurut saya lebih baik disewa aja. Murah dan tak mubazir. Ini saya terapkan diwisuda kemaren tanpa modal gede .Buaha. .ha 
   
Semuanya serba lama temasuk kebaya. Malahan kalau bisa pakai gaun aja tapi ngak berani tampil beda . Zaman saya dulu ngak ada yang berani out of the box. 

Apakah harus kebaya? Ngak juga untuk zaman sekarang . Orang banyak yang pakai gaun aja , simpel tanpa perlu teraniaya oleh korset ,buaha .. ha .

Intinya wisuda saya nga spesial persiapan tapi lebih kepada maknanya aja. Malahan ya,  sehari sebelum wisuda baru cari salon. Bukan tak bersyukur, ini wisuda saya yang ke 2 udah paham mana yang penting. Berbeda dengan newbie grasak-grusuk beli ini itu, bahkan ada yang sibuk cari tempat pasang kuku palsu. Waduh, habis-habisan 

After geser toga ngapain lagi?

Toga udah pindah posisi trus ijazah udah ditangan, apalagi yang mau dilakukan?? tes PNS? Kerja swasta atau jadi entrepreneur? Atau jadi pengangguran?? Itulah yang terjadi
Baca: saya masih ingin menjadi wanita pekerja, inilah alasannya 

Ketika tamat kuliah kita udah mandiri dalam menentukan keputusan termasuk dalam bekerja. Bebas memilih kerja dimana dan cara kerjanya. Apapun itu jangan sampai ijazah yang udah diterima disimpan dilemari.

Biasanya fresh graduate terlena dengan euforia wisuda, sedikit lalai. Pleas jangan gitu, gunakan ijazah itu dengan sebaik mungkin.

You Might Also Like

1 komentar

  1. saya setuju bro/sis

    Btw, saya masih bingung, ini acara wisuda atau halloween? kok make up super tebal

    ReplyDelete

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers