Manfaat ini akan dirasakan oleh petualang

August 08, 2021

Bicara petualangan maka pikiran langsung tertuju pada kegiatan diluar rumah yang dilakukan untuk keluar dari zona nyaman atau berbuat sesuatu secara menekat (tidak jujur dan sebagainya). Ketika kata petualang digabungkan dengan kata cinta maka artinya berbeda yaitu orang yang banyak mempunyai kekasih secara silih berganti. Intinya dalam berpetualang akan ditemukan pengalaman yang sulit-sulit, baru, berbahaya, dan sebagainya.  Biasanya tempat yang dijadikan adalah gunung dan hutan belantara. Kegiatan mendaki gunung atau menjelajah hutan belantara merupakan destinasi petualangan, oh iya... ada satu tempat yang menurut saya yang bisa dicoba yaitu daerah yang akses komunikasi dan kemajuan teknologi masih minim layak dicoba. Kenapa? Karena kita sebagai generasi z dibesarkan dengan kemajuan teknologi  sehingga akan menjadi suatu hal baru ketika keluar dari zona itu.

Kemajuan teknologi itu 2 sisi menjadikan kita kehilangan jiwa petualang dan juga positifnya semua informasi didepan mata. Sekali klik semua data tentang suatu tempat bisa diketahui dalam hitungan detik. Namun, tidak semua hal bisa dibeli dengan teknologi termasuk dalam bertualang. Pengalaman dan rasa syukur tidak akan sama saat membaca atau mendengar pengalaman orang yang bertualang.  Terlibat didalamnya merupakan suatu hal yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Jadi, mumpung tenaga masih kuat mari bertualang dan rasakan manfaatnya seperti:

1.Kemandirian dan keberanian

Percaya atau tidak seseorang yang suka kegiatan petualangan akan menjadi lebih percaya diri, tegas dan sadar diri. Ketika berada diluar lingkungan ternyaman kita akan berusaha bertahan. Melepaskan semua fasilitas membuat kita mandiri dan menyakini bisa bertahan. Berpetualang akan  mengendalikan diri serta mampu membuat keputusan tepat tanpa ada intervensi orang lain.

Tak hanya mandiri,  keberanian pun dibutuhkan untuk memulai petualangan, sebab saat memulai suatu perjalanan akan ada saja hambatan. Tak hanya itu saja, keberanian pun perlu dalam beradaptasi di lingkungan baru. 

2.  Lebih bersyukur

Bertualang kita akan menemukan hal baru bahkan hal yang jarang bisa dilihat langsung seperti keindahan alam dan itu akan membuat kita bersyukur. Dan tak jarang mengubah pola pikir, misalnya jika ingin tetap menikmati semua keindahan alam maka kita harus menjaganya. 

3. Disiplin dalam keuangan 

Berpetualang memang membutuhkan biaya. Pada umumnya, kita akan mengatur sendiri bagaimana alur keuangan kita saat di perjalanan nanti. Menyisihkan sebagian gaji untuk perjalanan juga termasuk contoh dari manajemen keuangan. Melalui hal-hal seperti ini, kita justru bisa belajar agar lebih bijak dalam mengatur keuangan

Ketiga manfaat ini akan dirasakan tanpa melakukan namun tidak akan sama rasanya sebab pengalaman itu tidak bisa dibeli atau digantikan.

You Might Also Like

0 komentar

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*