Ghosting bikin sedih, tapi juga memberikan hikmah

March 13, 2021

Matanya bengkak, entah sudah berapa ronde dia menangisi kemalangan. Mungkin bagi yang tak pernah berada diposisinya akan memvonis lebay," Halah cuma putus cinta ". Bagi perempuan itu berat bahkan rasanya dia kehilangan separuh jiwa. Manusia yang berencana tuhan yang berkehendak, rencana menikah setelah lebaran tinggal kenangan. Ribuan mimpi yang dia rajut bersama pria itu koyak dalam hitungan jam. 

Pagi itu, 2 hari setelah lebaran dengan menahan rasa cemas dia berkunjung ke rumah calon mertua. Ini pertemuan pertama dan berharap lampu hijau menyala.  Belum ada pembicaraan diantara orang tua tapi sambutan bapak calon begitu baik, bahkan ketika orang tua gadis itu bertemu dengannya jauh sebelum hari ini. Dan ini agak berbeda dengan calon ibu mertua yang ketus. 

Semua terasa datar tak ada dan yang aneh hingga besok harinya lelaki itu menghilang, semua telpon dan pesan tak pernah dibalas bahkan media sosial diblock. Salah apa aku, apakah sikapku tak sopan ataukah perkataanku kasar? Pertanyaan-pertanyaan ini memenuhi pikiran. Hanya menangis yang bisa dilakukan. Orang tua gadis itupun mencari lelaki pengecut itu, mengunjungi setiap tempat yang mungkin ada keberadaannya. Pengintaian satu minggu membuahkan hasil, akhirnya bertemu. Dan lagi-lagi gadis itu disalahkan untuk hal yang tidak dilakukannya. Jika saja orang tua gadis itu tak menyamperin si pengecut mungkin seumur hidup akan dihantui penasaran, kenapa ditinggalkan begitu saja. Kenapa harus dighosting.

Yuk kenalan dengan ghosting

Istilah ini membooming saat anak presiden putus hubungan sebenarnya, jauh sebelum itu udah ada, tepatnya awal tahun 2000-an. Jika ditelaah dari kata yaitu ghost artinya hantu dan tidak kelihatan, sedangkan ing bentuk penambahan akhiran saja.   Jadi arti ghosting adalah tindakan memutuskan komunikasi dan kontak dengan semua orang (rekan, teman dll) tanpa peringatan, tanpa memberi alasan apapun pada orang yang diputuskan.  Penyebab ghosting bermacam-macam yaitu : 

1. Takut

Takut bila hubungan yang dijalin  akan menyakiti dirinya ( pelaku)

2. Menghindari konflik

Hubungan bisa menimbulkan konflik, 

3. Tidak merasa ada konsekuensi

Orang yang melakukan ghosting merasa tidak ada konsekuensi ketika ia memutuskan hubungan dan kontak.

4. Menjaga diri

Orang yang melakukan ghosting merasa bila ia meneruskan komunikasi, akan berakibat negatif buat dirinya. 

Hal yang harus dilakukan bila di-ghosting



Ketika mendapatkan ghosting ,harus bagaimana bersikap? Yang pasti korban akan merasakan sakit, tidak percaya diri dan menyalahkan dirinya.  Jadi, sebelum menerka apakah ditinggal saat sedang di sayang lebih baik ingat kebiasaan komunikasi yang biasanya terjadi. Misalnya, si pelaku memang tipe yang jarang menghubungi, mungkin dalam sebulan hanya 2 kali saja dan jika belum waktunya (1 bulan) lebih baik tenang dulu. 

Namun, jika dia udah lebih dari jangka waktunya lebih cari tau dan jika hasilnya positif. Bersabar dan menyadari bahwa korban akan terpukul apalagi kalau hubungan udah serius, tak jarang akan  menyalahkan diri sendiri, bahkan kehilangan kepercayaan diri. Merasa dirinya tak berharga, jangan mem-bully sebab setiap orang punya cara berbeda dalam menyikapi permasalahan.

Hal yang harus dilakukan saat di ghosting

1. Jangan Lari ke Hal yang Merusak diri

Putus asa akibat di-ghosting bisa membuat korban lari legal yang merusak diri sendiri seperti narkoba atau alkohol. Kalaupun tidak keduanya, kadangkala ada yang terpuruk lama sampai pola hidupnya kacau. Makan kapan ingat, tidur tidak lelap. Baiklah, bersedih boleh yang namanya kehilangan itu menyakitkan tapi hidup harus berjalan

2. Hubungi kembali pelaku untuk bertanya

Bila kita sudah lelah menunggu, beri dia ultimatum lewat text atau coba voice call. Katakan bahwa tidak bisa begini terus, bila tidak dijawab juga meski sudah berusaha dikontak berkali-kali, katakan kita berlepas diri dari menjadi orang yang memutuskan silaturahim. Ini mungkin terdengar keras, tetapi akan memberi kita kontrol diri dan tidak hanyut terus dibawa perasaan.

3. Jangan Sendirian, Habiskan Waktu dengan Teman atau Keluarga

Banyaklah menghabiskan waktu dengan orang-orang yang  disayangi. Menghabiskan waktu bersama mereka akan menyembuhkan luka.

4.Dekatkan Diri dengan Sang Pencipta

Segala sesuatu yang terjadi sudah ditulis takdirnya, karena itu mendekatlah kepada Sang Maha Pemberi takdir. Mintalah pertolongan-Nya dan yakinlah bahwa Dia akan mendengar dan menjawab kita.

Hikmah ghosting bikin kita sadar

Jangan terus menyalahkan diri tapi bersyukurlah bahwa dia bukan jodohmu. Bukankah lebih baik batal sekarang daripada nanti saat sudah menikah . Menikah butuh ketangguhan , berbagai masalah akan datang sebagai ujian sehingga butuh sandaran jika rasa lelah datang. Kebayang ngak jika bertahan dengan pengecut, sedikit masalah menghilang kemudian datang lagi. Duhh... Capek

Jika terkait hubungan pertemanan mungkin disyukuri tidak terjebak dengan pertemanan toxic. Ketika mendapatkan ghosting rasanya menyakitkan tapi harus move on. 

Hikmah lain yang didapatkan saat dighosting adalah menyadari bahwa segala sesuatu itu kuasa Tuhan dan jika ngak jodoh sebagaimana kuatnya akan lepas. Seperti anak presiden yang putus, padahal mereka udah ada rencana mau menikah.

Ketika ditinggalkan rasanya sakit banget tapi ingat hidup hanya sekali dan berhak bahagia. Hempasan rasa sakit walaupun ngak mudah saat lagi sayang di tinggalkan. Sadari diri butuh waktu untuk menyembuhkan luka jadi jangan memaksa untuk kuat diluar tapi didalam hancur. 

 Semenjak dighosting sebagai bentuk pengalihan rasa sakit gadis yang diceritakan diatas menuliskan semua rasa dan siapa sangka dia berhasil menemukan potensi barunya. Tanpa sadar telah menasbihkan diri menjadi blogger, ikut kegiatan kepenulisan bahkan memantang dirinya untuk ikut lomba blog. Takkan ada yang menyangka bukan? Saat rasa sakit akibat ghosting membuatnya menyadari banyak hal. 

 

You Might Also Like

0 komentar

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*