Efek samping dari Tindakan Histerosalpingografi (HSG)

March 20, 2021


Setelah HSG perut masih mules tapi saya nekat keliling kota jambi. Maklum, orang daerah saat ke ibukota provinsi wajib untuk mutar-mutar,😆. Pada malam hari nyeri perut menghebat badan meriang, mungkin badan telah lelah jadi sakit mulai terasa. Ada sedikit penyesalan lantaran tidak membeli obat nyeri, padahal dokter tadi menyuruh. Tengah malam suami memegang kening dan terasa agak hangat, mungkin tubuh sedang beraksi karena ada cairan kontras yang masuk. Ingin membeli obat pun tidak bisa, semua apotik udah tutup. Sungguh ini Malam yang panjang. Apakah yang saya alami merupakan efek samping dari  prosedur histerosalpingografi (HSG)

Keesokan harinya kami mengambil hasil analisa HSG dan sorenya mengunjungi dokter Ade. "Apakah perutnya masih nyeri buk? " Dokter pun membuka percakapan. "Iyaa...dokter, sampai sekarang perut rasanya kram seperti menstruasi . Bahkan semalam sampai meriang, apakah itu berbahaya? Tanya saya

Baca: pengalaman hsg, sebuah ikhtiar menuju kehamilan

"Nyeri itu terjadi ketika cairan kontras disemprotkan ke rahim  biasanya karena ada sumbatan di tuba.  Sembari dokter menunjukkan foto rotgen "Perut yang terasa tegang akan hilang dengan sendirinya"lanjutnya

"Apakah HSG ada efek sampingnya dokter?" Tanya saya.  Dokter menjelaskan berbagai efek samping yang dapat terjadi setelah menjalani pemeriksaan HSG, namun angka kejadiannya hanya 1%. Efek samping yaitu : 

1. Infeksi

Merupakan salah satu efek samping yang paling umum terjadi, penyebabnya adalah pernah mengalami infeksi klamidia. Pada kasus tertentu, infeksi yang terjadi berpotensi menyebabkan kerusakan pada tuba falopi, hingga harus diangkat. Selain itu infeksi juga bisa terjadi ketika wanita mempunyai alergi dari kontras yodium atau pewarna yang digunakan.

2. Pingsan saat tes atau sesudahnya

Efek samping pingsan ini jarang terjadi, biasanya karena rasa takut yang berlebihan.

3. Terpapar radiasi

Paparan radiasi terbukti dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu. Namun untuk HSG sangat rendah, bahkan lebih kecil dari radiasi yang didapat saat pemeriksaan ginjal.

4. Kram perut

Setelah tindakan akan merasakan perut kram seperti menstruasi serta sedikit perdarahan. Hal ini merupakan efek samping normal dan dapat hilang dengan sendirinya. Jangan dianggap sepele ketika mengalami gejala : 

  • demam
  • Nyeri dan kram yang sangat hebat
  • Keluar cairan dari vagina yang berbau
  • Pingsan
  • Perdarahan hebat dari vagina
  • Muntah

"Bagaimana hasilnya dokter, apakah saya bermasalah?" Buru saya, Saya termasuk pasien yang cerewet saat konsultasi. 

"Hasil HSG akan menampakkan kondisi tuba,  yaitu paten atau non paten.Tuba paten adalah kondisi yang normal,  sedangkan tuba non paten merujuk bahwa terdapat sumbatan pada saluran telur. Penyebabnya berbagai macam seperti infeksi,  endometriosis,  salpingitis,  mioma,  kista, dll. Adapun hasil HSG ibu tuba paten dan tidak ada defek (kelainan) seperti: polip, rahim dua, mioma, ataukah normal. Ibu tenang saja ya, semua baik-baik saja." Sembari dokter menarik nafas, mungkin saya terlalu cerewet.  

"Tindakan berbeda dilakukan jika tubanya tersumbat dengan laparoskopi atau bayi tabung . Pilihan tindakan ini berdasarkan berbagai faktor seperti analisis sperma ,usia ibu, kondisi tuba , cadangan ovarium "lanjut  dokter Ade.

"oh iya pertanyaan terakhir, apakah setelah tindakan ini bisa hamil dokter?" Ngak terasa hampir setengah jam kami konsultasi. "Insyaa allah bu, Beberapa penelitian menunjukkan adanya peningkatan kesuburan setelah 3 bulan dilakukannya prosedur.  Alasannya, cairan kontras yang disemprotkan ke rahim terkadang bisa membuka tuba yang mampet sehingga membantu untuk bisa hamil. Selain itu juga bisa meluruskan saluran telur,  menstimulasi sel silia di saluran telur atau meningkatkan cairan mukosa di leher rahim (serviks) yang kesemuanya mendukung terjadinya kehamilan"  tutup dokter Ade sambil tersenyum.


 


You Might Also Like

0 komentar

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*