Arti Selembar Masker Bagi Semua orang

April 25, 2020

Tantangan #bpnramadan2020 kali ini menuliskan tentang masker. Jujur saya kehabisan ide lantaran sudah pernah membahas.  Hmm tak percaya??
Jadi jika alur kali ini rada ngaco mohon dimaafkan saja 🤣
Melalui jubirnya, kemenkes menganjurkan semua orang menggunakan masker ketika bepergian dan berinteraksi dengan orang lain. Tujuannya melakukan pencegahan agar tidak tertular ataupun menularkan virus corona.  Adapun masker yang digunakan adalah masker kain.

Anjuran ini sejalan dengan WHO yang mewajibkan untuk semua orang menggunakan masker saat aktifitas di luar rumah. Dasarnya adalah banyaknya orang positif COVID-19 tanpa gejala yang terlihat( asimptomatis).

Seberapa efektif masker kain


Selama ini kita tau masker kain untuk melindungi mulut dan hidung dari paparan polusi udara , bagaimana dengan situasi sekarang? Maker kain mampu menyaring partikel yang berukuran hingga 3 mikron dan keefektifan menyaring hingga 50-60%. Artinya, jika ingin terlindungi maximal lakukan physical distancing. Adapun jaga jarak aman yang dianjurkan adalah 2 meter.

Jaga diri dengan masker kain 

Meskipun tingkat perlindungannya memang tidak seperti masker medis, tetapi sudah cukup membantu melindungi mulut dan hidung, untuk mencegah droplets masuk saat bersin atau batuk .

Penggunaan masker kain seperti masker medis maximal hanya 4  jam dan setelah itu dicuci bersih menggunakan sabun. Ketika akan membukanya jangan memegang bagian depan kainnya. Ambil bagian tali yang disangkutkan pada telinga jika yang jenis itu kalau tali panjang sama tapi tetap jangan pegang kain bagian depan.

Kriteria masker kain yang baik 

Tidak semua kain bisa dijadikan masker, menurut jurnal dari peneliti di University of Cambridge, bahan  katun paling nyaman digunakan. Ada 2 cara untuk melihat daya efektivitas kain.Pertama dengan cahaya, coba diterawangkan ke arah datangnya sinar. Jika tidak tembus cahaya kemungkinannya bagus menyaring. Cara kedua dengan meniup lilin yang menyala sambil mengenakan masker. Jika api bisa padam, itu artinya masih ada celah yang cukup besar bagi udara untuk keluar-masuk. Untuk lebih meningkatkan daya saringnya ditambah tisu.

Selain kain, ukuran masker  harus diperhatikan yaitu dapat menutup mulut, hidung, dan dagu. 

Arti masker kain bagi semua orang

Ketika ada anjuran gunakan masker berbahan dasar kain , membuat semua orang beralih sehingga bisa atasi kelangkaan dan mahalnya harga masker medis. Yah, disetiap musibah selalu ada pihak yang tak punya hati, menimbun masker kesehatan merek SENSI kemudian menjualnya dengan harga selangit.

Selain itu langkah ini dapat membantu para penjahit yang sepi pesanan akhir-akhir ini. Atau menyelamatkan perusahan konfeksi dari PHK karyawannya.Mereka akan mengalihkan usaha ke pembuatan masker.

Jika kita bukan penjahit tapi ada sedikit keahlian, membuat masker skala rumahan akan menjadikan lapangan kerja baru.

Kelompok terakhir yang diuntungkan adalah pedagang. Ketika jualan sepi mereka bisa beralih menjual masker kain. Lihatlah ada banyak cerita dari sebuah masker kain.

Masker kain jadi penyelamat jika 
tebal dan menggunakan  filter tisu.

You Might Also Like

0 komentar

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*