Menelusuri Jejak Kebaikan Sahabat Pedalaman Bersama IBM

February 27, 2020

Berteman dengan banyak orang itu gampang tapi ketemu sahabat itu sulit.
Tidak semua orang mau jadi pendengar yang baik, tidak semua orang rela berkorban. Tidak semua orang siap untuk kebaikan, bukan skeptis tapi begitulah adanya.

Kata kasihan mudah terucap, sekedar itu saja tak menyentuh sisi terdalam hati. Tak ada bentuk kemanusiaan yang nyata.

Tekanan dan tuntutan ingin hidup senang membuat orang melupakan sekitarnya. Sibuk memenuhi kepentingan diri sendiri dan keluarga sehingga mematikan empati.

Ternyata, masih ada segelintir orang yang masih punya empati dan sayangnya tidak tau harus kemana menyalurkannya.

Bicara empati ada 2 hal yaitu tindakan fisik dan donasi. Ada waktu bergabunglah sebagai volunteer, kalau tempatnya di pedalaman dan tak mungkin datang lakukan donasi.

Hal inilah yang dilihat oleh Ridwan M. Hilmi, masih ada empati  tapi orang banyak tak bisa menggunakan kekuatan fisiknya. Di tahun 2016 dibentuk sebuah lembaga filantropi untuk membantu di pedalaman.

Filantropi berada dari bahasa Yunani yang memiliki arti“kedermawanan sosial”. Contoh nyatanya adalah pemberian sedekah, zakat atau wakaf dalam ajaran Islam. Sedangkan dalam bahasa umum memberikan sumbangan, menyisihkan sedikit harta.

Tujuan dari lembaga filantropi adalah untuk pengentasan masalah sosial (seperti kemiskinan dan kesenjangan) dalam jangka panjang.

Jejak kebaikan sahabat pedalaman 

Insan Bumi Mandiri (IBM) salah satu contoh lembaga filantropi yang membantu masyarakat pedalaman dalam meningkatkan kemudahan akses terhadap fasilitas pendidikan dan kesehatan, pembangunan fasilitas serta pemberdayaan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

IBM akan menjangkau daerah yang sulit seperti Papua, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Sumatra. Sudah 213 program yang dijalankan IBM yang tersebar di 11 provinsi, 29 Kabupaten/Kota, 77 Kecamatan dan 146 Desa/Kelurahan.

Sahabat Pedalaman, demikian IBM menyebutkan para donaturnya. Adapun maksudnya adalah ingin memberikan penekanan bahwa sahabat selalu ada kapan pun saat dibutuhkan dan selalu memberikan solusi untuk setiap masalah sahabatnya di pedalaman.

Hingga hari ini sudah lebih dari 73.000 orang yang tergabung menjadi Sahabat Pedalaman. Mereka menyalurkan bantuan untuk berbagai campaignya seperti  pembangunan masjid, bantuan kesehatan, beasiswa, renovasi sekolah, renovasi TPA, pembangunan jembatan, bantuan transportasi berupa perahu guru/sekolah, perahu ambulance, dan motor untuk guru.

Berbagai cara dilakukan dengan tujuan utama menyebarkan jejak empati seperti  menggadakan campaign reguler, memberdayakan masyarakat melalui program rutin dan strategis.

Program rutinnya antara lain, Ramadhan di Pedalaman dan Qurban di Pedalaman.

Kegiatan rutin Ramadhan seperti Buka Bersama di Pedalaman, Mudik Gratis untuk Guru Pedalaman, THR-mu, THR Mereka, dan Bangun Masjid Pedalaman.

Kegiatan qurban tak hanya mengirim daging saja tapi pemberdayaan , caranya berupa pembelian hewan qurban langsung ke peternak lokal di masing-masing pulau. Dipotong dan didistribusikan  di pulau tersebut. Sehingga bisa lebih tepat sasaran.

Pola ini membuat lebih dari 12.000 masyarakat pedalaman yang bisa menikmati qurban setiap tahunnya.

Program strategis yang dilakukan banyak seperti pada bidang kesehatan yaitu penyediaan sarana pendukung seperti ambulans, operasi kanker dsbnya. Pada infrastruktur seperti pembangunan masjid, sumber air bersih.

Apapun itu masalah yang dipelosok negeri akan diatasi, tapi takkan berarti tanpa dukungan sahabat pedalaman.

4 tahun membumi bersama Insan Bumi Mandiri 

Dari awal terbentuk sampai hari ini sudah banyak jejak-jejak kebaikan diantarkan IBM secara langsung dan tepat sasaran. Jika dibacakan satu persatu takkan habis, Lembaga ini seperti sebuah pohon tak hanya menaungi orang dibawahnya tapi juga merasakan manfaat buahnya.

Setiap program yang dilakukan tidak pernah putus malahan berjalan terus  menerus dan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitarnya.

Tahun 2017 mengadakan program Ramadhan dan qurban, sampai hari ini masih berlangsung.  Pemberdayaan ekonomi dengan  tenun Alor dilakukan ada tahun 2018 dan ini membuatnya hadir diacara kementerian keuangan RI.pada tahun 2019.

Merasa kasihan itu bagus tapi akan lebih baik lagi dengan tindakan nyata.  Sahabat pedalamam, jangan ragu untuk berdonasi di sini. Setiap rupiah kita akan langsung ke Pedalaman.

Donasi yang diberikan tidak akan pindah sasaran, misalnya ingin membantu saudara yang ingin operasi tidak akan dialihkan ke pembangunan. Kita bebas memilih apa yang ingin dibantu dan juga ada update perkembangan terkini tentang program yang sedang dilaksanakan,sehingga semua kegiatan berlangsung secara transparan.

Sesungguhnya empati lebih tinggi derajatnya dari simpati.  Mari menebar kebaikan.

You Might Also Like

0 komentar

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Total Pageviews

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers