Beberapa Cara Mudah dan Tepat Mengatasi Mata Bengkak

October 10, 2019

Mata merupakan  salah satu indera yang paling penting bagi setiap makhluk hidup terutama manusia.Oleh karena itu harus selalu dijaga dengan baik kesehatan mata.
Berbagai masalah yang berkaitan dengan indera penglihatan ini seperti mata lelah, berair dan bengkak.  Ketika indera penglihatan ini mengalami pembengkakan, bikin ngak Nyaman, maka dari itu kenali penyebabnya sehingga tau apa yang harus dilakukan.

Pembengkakan pada mata pada umumnya diakibatkan oleh banyak hal mulai dari adanya penumpukan cairan hingga terjadinya infeksi yang parah. Atau bisa juga terjadinya karena alergi, gigitan serangga, konjungtivitis, dan juga penyumbatan kelenjar makan.

Sebenarnya kondisi mata yang seperti itu akan mereda dengan menggunakan imunitas tubuh, maksudnya dengan sendirinya dan cepat tanpa perlu pengobatan.

Tetapi jika gejala yang dialami tidak kunjung membaik dan bahkan hingga menganggu aktivitas maka adanya beberapa cara tepat dan mudah yang bisa diikuti diantaranya yaitu :


  • Mengkonsumsi air

Terjadinya dehidrasi dikarenakan tubuh kekurangan air. Terjadinya pembengkakan pada mata juga bisa terjadi karena adanya penimbunan air di kelopak mata yang tidak bisa mengalir secara merata ke tubuh karena kurangnya cairan.

Cobalah mengkonsumsi banyak air putih, setidaknya meminum air sebanyak 8 gelas ataupun sesuai dengan kebutuhan dari masing masing individu sehingga nantinya dapat membantu mencegah terjadinya retensi air di sekitar mata.


  • Menggunakan Mentimun 

Pembengkakan pada mata juga dapat dikempiskan dengan menaruh potongan mentimun di kelopak mata. Penggunaan mentimun ini dipercaya dapat menyingkirkan lingkaran hitam dibawah mata dan juga dapat mengurangi pembengkakan pada mata.


  • Mengompres dengan air es

Cobalah ambil beberapa es batu lalu bungkus dengan menggunakan kain yang tipis. Lalu tekankan pada mata yang membengkak secara perlahan lahan selama 15 menit, tujuannya menyempitnya pembuluh darah di sekitar mata.

 Selain itu juga dengan memercikan air dingin pada mata yang membengkak dapat membantu menyempitkan pembuluh darah yang membengkak.


  • Menggunakan Ketumbar 

Untuk merawat mata yang membengkak juga bisa dengan memanfaatkan ketumbar yang memiliki sifat pendingin. Cara memanfaatkannya adalah dengan cukup menaruh ketumbar tersebut kedalam kain katun tipis lalu merendamnya untuk bisa mendapatkan airnya. Kemudian diamkan selama beberapa jam. Lalu air ketumbarnya bisa dimanfaatkan untuk membilas mata.


  • Menggunakan Teh Chamomile

Dengan mengkonsumsi the chamomile secara rutin dipercaya dapat menghilangkan iritas mata dan mata yang membengkak. Pasalnya teh chamomile ini memiliki sifat anti inflamasi dan juga menenangkan.


  • Masker Mata

Mata yang bengkak juga dapat diobati dengan menggunakan masker mata, karena dampak dari iritasi yang terjadi pada pembuluh darah pada sekitar kulit sehingga menyebabkan mata membengkak. Dengan menggunakan masker mata maka akan dapat membantu mengurangi mata yang membengkak.


  • Menggunakan masker Lidah Buaya  

Sifat anti inflamasi dan sifat penyembuhan pada lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati mata yang membengkak. Caranya adalah dengan cukup mencampurkan gel lidah buaya dengan sedikit minyak vitamin E lalu oleskan kebagian mata yang membengkak, nantinya akan dapat membantu kondisi mata normal kembali.


Jika kamu mulai merasa tidak nyaman dengan kondisi mata bengkak yang dialami, maka untuk mengatasinya dapat dengan mengikuti beberapa cara tepat dan mudah yang telah disebutkan diatas.

 Kondisi mata membengkak yang terjadi dalam jangka waktu lama kemungkinan karena adanya masalah yang hanya bisa diobati melalui penangan medis saja. Tetapi jika terjadinya itu hanya sesekali saja maka dapat diobati dengan menggunakan salah satu cara diatas, dimana cara cara diatas tidak hanya tepat dan mudah saja tetapi juga aman.

You Might Also Like

0 komentar

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

Join

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*