Setetes Insto Dry Eyes Mampu Hempaskan Mata Kering

July 31, 2019

"Kok ngak pernah keluar, lagi isi ya?" Atau "Betah banget dirumah, ngapain aja?" Begitulah pertanyaan dari tetangga saat saya jarang ngumpul.

Sebenarnya, saya bukan ansos tapi lebih kepada memanfaatkan waktu dengan baik untuk hal positif dan menghasilkan seperti ngeblog dan mencoba hal baru yang melampaui batas.

Saat berkumpul tak jarang muncul ide-ide,tapi bisa juga bikin waktu terbuang sia-sia. Biasanya kalau udah ngomong orang, ngebandingin anak dan tak jarang jadi mom shaming.

Baca : mom shaming, hari ibu dan upaya mengatasinya

Maka dari itu saya membatasi diri ikut kumpul, dalam seminggu cukup sekali aja. Selebihnya waktu dialokasikan untuk update keterampilan. Harapannya dari sekian banyak bisa ketemu passion.

Apalagi sejak resign saya punya banyak waktu untuk belajar berbagai hal yang dulu dilewatkan begitu saja seperti menjahit, menyulam,memasak, bikin kue dsbnya

Di era digital hidup dibuat lebih mudah dan flexibel. Ingin belajar pun tak harus datangi kursus atau cari guru. Cukup dengan memaximalkan penggunaan gadget. Tentukan jenis keterampilan yang ingin dipelajari dan latih terus menerus maka kita bisa menghasilkan sesuatu.

Semudah itu nampaknya tapi saat menjalani (belajar dari YouTube dan blog) ngak  akan mudah. Apalagi bagi yang ngak ada basic sama sekali seperti saya sering tertatih-tatih.

Begitulah kalau belajar tanpa guru, dituntut kesungguhan, kemandirian, kesabaran dan kekepoan. Dan kalau belum sesuai coba lagi atau kalau gagal cari tau penyebabnya melalui YouTube lagi atau  baca blog. Akibatnya kuota meningkatkan dari biasanya dan mendapatkan mata kering.

Si mata kering yang tanpa ragu ganggu aktivitas 


keratoconjunctivis sicca atau mata kering adalah keadaan dimana produksi air mata minim atau peningkatan penguapan air mata atau ketidakseimbangan yang terjadi pada komposisi air mata.

Seperti halnya mesin yang bekerja butuh oli untuk mencegah keausan saat bergesekan begitu juga dengan indera penglihatan.

Air mata berfungsi sebagai pelumas, ketika jumlahnya tidak memadai membuat mata tidak bisa menghilangkan debu atau benda asing yang mengganggu mata.

Gejala mata kering secara garis besar dikelompokkan menjadi tiga yaitu :

  • Mata sepet : 


disebabkan oleh ketidakmampuan mata membersihkan kotoran akibat kekurangan air mata. Tandanya mata sulit membuka terasa lengket, mengganjal,buram dan sensitif dengan cahaya.
  • Mata pegel  

akibat mata bekerja fokus dalam waktu lama tanpa istirahat. Mata terasa kaku, lemas atau berat.
  • Mata perih ,  
Mata terasa terbakar, ada rona kemerahan dan pandangan kabur serta berair. Disebebkan oleh penguapan tinggi

Seperti yang dijelaskan diatas penyebab  mata kering karena air mata tapi ada kondisi yang dapat menyebabkan munculnya gejala mata kering, seperti:

 1.Kondisi lingkungan. 

saat diberada diluar ruangan kita akan bertemu dengan paparan asap, debu, angin, sinar matahari. Kesemua ini membuat air mata lebih cepat menguap sehingga muncul gejala mata kering.

Kondisi di dalam ruangan ber AC tidak menjamin aman dari mata kering. Udara di ruangan yang dingin itu akan bersirkulasi melalui ventilasi, hal ini membuat air mata menguap lebih cepat.

    2.Aktivitas dan gaya hidup

Penggunaan mata terus menerus pada kegiatan yang butuh fokus membuat kita jarang mengedipkan mata, hal ini membuat mata cepat kering.

Normalnya, mata akan berkedip sebanyak 22 kali dalam satu menit. Ketika fokus atau  konsenterasi jumlahnya menurun drastis menjadi 5-7 kali kedipan dalam semenit.

Kegiatan yang bikin fokus sampai lupa berkedip adalah menonton televisi, gadget,menyetir, membaca, menjahit.

Saya merasakan di era digital ini menggunakan gadget sangat maximal, apalagi semenjak menjadi blogger dan menjajal berbagai keterampilan.

Duh,, gadget kayak soulmate aja, kemanapun dibawa dan tak bosan menatapnya, akibatnya mata lelah. Ini disebabkan oleh blue light yang dipancarkan oleh gadget tersebut.

Gaya hidup yang tak sehat juga berpotensi buat mata kering seperti merokok, tidak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan omega 3, kurangnya asupan air minum, penggunaan lensa kontak dalam waktu lama dan hair dryer

     3. Usia.

Bertambah umur maka produksi air mata semakin berkurang. Biasanya saat umur 50 tahun mengalami gejala mata kering.

NCBl  mencatat terjadinya pergeseran obyek penderita mata kering, yang semula kerap dikaitkan dengan pasien Iansia, beberapa tahun terakhir banyak terjadi pada usia muda karena pergeseran gaya hidup terutama penggunaan media digital.

     4. Perubahan hormon

Produksi air mata akan terganggu saat  alami perubahan hormon dan biasanya terjadi pada wanita. Kondisi perubahan hormon saat hamil, menapause dan menggunakan alat kontrasepsi.

    5. Kondisi medis

Beberapa kondisi medis seperti penggunaan obat tertentu, operasi mata dan penyakit seperti diabetes ternyata berdampak pada berkurangnya jumlah produksi air mata.

Solusi mengatasi kekeringan mata dengan insto dry eyes


Mengatasi  mata kering mudah, cukup  dengan mengistirahatkannya , melindunginya dan memberikan obat tetes.

Mengistirahatkan mata setiap 20 menit sekali saat menonton televisi, menggunakan laptop dan smartphone.  Alihkan pandangan dari layar dan lihatlah objek yang bewarna hijau.

Khusus untuk gawai gunakan mode eye proteksi yang akan memberikan kenyamanan mata saat menatap layarnya.

Cara lain melindungi mata yang simpel tapi sering terlupakan adalah dengan mengedipkan mata, fungsinya untuk meratakan air mata ke seluruh permukaan bola mata terutama kornea. Dan bila bagian tersebut kering dibiarkan mengalami iritasi.

Lingkungan juga bisa bikin mata kering , sebisa mungkin hindari cuaca panas, debu, asap dan asap. Kalaupun mau keluar rumah gunakan pelindung seperti kacamata hitam, topi dan payung.

Saat berada diruangan ber AC perbanyak minum dan setiap 10 menit keluar dari ruangan tersebut. Penggunaan AC membuat udara kering , lebih baik menggunakan pelembab udara seperti humidifier.

Cara kerjanya dengan menyemprotkan uap air ke udara yang meningkatkan kelembaban udara sehingga berada dikisaran ideal.


Banyak mengonsumsi asam lemak omega-3 yang dapat memperbaiki kondisi mata kering. Omega-3 banyak terdapat pada beberapa jenis ikan, seperti makarel, tuna, sardine, atau salmon.

Gunakan tetes mata khusus untuk mata kering yang berfungsi sebagai pengganti air mata untuk membantu melembapkan mata.

Teteskan INSTO DRY EYES yang dapat memberikan efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala kekeringan pada mata dan memiliki bahan aktif yang dapat membunuh bakteri.
Si mungil yang bisa nyelip di pouch

Kenapa memilih produk ini? karena sudah terdaftar di BPOM dan tahun 2016 mendapatkan penghargaan dari Social Media Award, Top Brand, Marketing Award, Digital Populer Brand Award.

Adapun dosis penggunaannya 1-2 tetes pada mata sepet, mata pegel, mata lelah dan perih. Awal pemakaian mata rada buram tapi tenang itu sesaat aja kok, dan tak lama rasa sejuk menggantikan.

 

Oh iya... Saat ini aktivitas saya tak hanya ngeblog tapi udah bisa menjahit, bikin kue dan DIY dari barang bekas secara mandiri dari internet. Rasanya bangga walaupun masih jauh dari kata pandai atau mahir.

Ini seperti pencapaian besar bagi pemula tanpa basic apapun dan kesemua itu takkan berhasil tanpa adanya si mungil dry eyes. Husssh... Sanaa ...pergiiie mata kering  

You Might Also Like

10 komentar

  1. apalah kita tanpa peran dua mata tercinta ini... Banyak hal yang tak bisa kita lakukan tanpa bantuan mata, tp terkadang lupa memberikan hak mata untuk istirahat.. Eh itu saya banget sih, kalau udah terasa ada keluhan, baru nyadar betapa berharganya penglihatan.. Moga sehat2 terus mata agar aktivitas selalu lancar.. Saya juga sedia insto dry eyes dirumah, mba Ris..

    ReplyDelete
  2. Terkadang kita Mengangap remeh masalah mata misalnya: Mata merah, berair, gatal bila tidak cepat di tangani bakal fatal akibatnya :)

    Apalagi kita yg sering di depan layar, seperti saya terkadang mata keluar air terus :)

    Kayaknya make INSTO DRY EYES bagus karena sudah ada terdaftar BPOM juga.

    ReplyDelete
  3. Yes mba, apalagi kita blogger yang mantengin layar lappie dan gawai, harus siap

    ReplyDelete
  4. yes, mata kering dan pegal ini sering banget terjadi sama aku. Biasanya sih karena kelamaan liat laptop hehehe... tapi aku tenang dong kan ada Insto

    ReplyDelete
  5. wah, saya salkus ke aktivitasnya Unni, keren banget bisa banyak hal termasuk menjahit dan bikin kue. multitalented banget Unni Riska. salam kenal Unni ^^~

    ReplyDelete
  6. Bye, mata kering... berkat insto gangguan meta kering bisa diatasi ya mbak. para blogger dan siapapun yang bekerja mengguanakan gadget bisa terlindungi dari gangguan mata kering

    ReplyDelete
  7. Aku banget ini mbakkk...
    Mata lagi sepet, lelah dan gatal akibat kebanyakan online heheheee
    Makasih infonya, besok beli Insto Dry Eyes klo gitu :)

    ReplyDelete
  8. Sering di ruangan ber AC, kerasa banget kalau mata udah kering dan perih. Mengganggu aktivitas.

    ReplyDelete
  9. Saya juga sedia ink di rumah. Kalau udah kejar setoran tulisan, pasti kan mantengin HP atau laptop mulu kan. Lama-lama mata pasti kering. KaKalu udah gini, saatnya mengeluarkan senjata rahasia. Insto dry eyes.

    ReplyDelete
  10. Cocok insto dry eyes buat mataku yg kdg perih karena gadget. Mantul...

    ReplyDelete

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers