Ayo Hijrah Secara Kaffah Bersama Bank Muamalat

May 03, 2019

Dulu saya memaknainya berhijrah dengan merubah penampilan menjadi tertutup. Kemudian belajar ilmu agama, udah sempurna hijrahnya.

Pencerahan terjadi ketika ada artis yang
meragukan pilihannya untuk berhijrah. Malahan dia berbalik kekeadaan awal dan menanggalkan busana muslimnya.
Secara garis besar, hijrah dibedakan menjadi dua macam, yaitu hijrah  (berpindah dari satu tempat ke tempat lain)

Sebelum lanjut kita pahami dulu defenisi hijrah.  Definisi awal yang melekat adalah perpindahan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW bersama para sahabat beliau dari Makkah ke Madinah, dengan tujuan mempertahankan dan menegakkan risalah Allah, berupa akidah dan syariat Islam. Hijrah jenis ini dikenal dengan nama makaniyah.

Hijrah itu ikhlas dan sabar


Defenisi lain yaitu proses berpindah dari keadaan yang semula buruk menjadi keadaan yang baik, dari kondisi yang sudah baik menjadi kondisi yang lebih baik.  Proses memperbaiki diri , cara berpikir, cara berucap serta bersikap dilakukan terus-menerus untuk mendapatkan keridhaan Allah. Itulah hijrah yang hakiki.  Hijrah jenis ini bernama maknawiyah.

Hijrah maknawiyah dibedakan menjadi empat, yaitu
1. Hijrahi'tiqadiyah (hijrah keyakinan)
ketika seorang Muslim mencoba meningkatkan keimanannya agar terhindar dari kemusyrikan.

2.Hijrah fikriyah (hijrah pemikiran),
ketika seseorang memutuskan kembali mengkaji pemikiran Islam yang berdasar pada sabda Rasulullah dan firman Allah demi menghindari pemikiran yang sesat.

3.Hijrah syu'uriyyah adalah berubahnya seseorang yang dapat dilihat dari penampilannya, seperti gaya berbusana dan kebiasaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Hijrah ini biasa dilakukan untuk menghindari budaya yang jauh dari nilai Islam, seperti cara berpakaian, hiasan wajah, rumah, dan lainnya.

4. Hijrah sulukiyyah (hijrah tingkah laku atau kepribadian).

Seseorang yang telah bertekad berhijrah, dalam artian mengubah hidupnya menjadi lebih baik, akan memperoleh derajat yang lebih tinggi di mata Allah. Hal ini terpata dalam QS at-Taubah: 20 "Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang- orang yang mendapat kemenangan.

Balik lagi kepada si artis, dia belum paripurna,  hanya berhijrah syu'uriyyah saja. Ketika lingkungan tak mendukung ditambah iman sering futur, kondisi dimana keimanan kendor dia ragu dengan pilihan hijrahnya. Ditambah lagi godaan datang ngak berenti membuatnya menyerah.

Hijrah itu sulit butuh totalitas,teman dan lingkungan yang mendukung. Teman yang baik akan membantu belajar dan mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-harinya .

Cerita artis itu bikin saya sadar bahwa hijrah itu sepanjang hayat, sebab iman dan godaan ngak nyerah loh. Fisik saya sudah lebih baik dengan menggunakan hijab bahkan udah puluhan tahun tapi bagaimana dengan i'tiqadiyah, fikriyah dan sulukiyyah?

Ketiganya harus diperbaiki dan diperbaharui dengan cara membaca buku agama, mendengar ceramah, berteman dengan orang baik.

Sejujurnya ketiga hal diatas sering dialami oleh muslimah dan tak jarang mereka kehilangan makna hijab tersebut dan sebatas pada pembeda
penampilan dengan non muslim. Kalau istilah sebagian orang belum menghijabkan hati ,prilaku dan pikirannya.

Ayo Hijrah dengan bank Muamalat


Hasil akhir dari hijrah adalah hidup lebih baik, dan bank muamalat pun membuat gerakan #AyoHijrah. Sebuah gerakan yang diluncurkan pada 8 Oktober 2018 ini ingin mengajak masyarakat untuk meningkatkan diri menjadi lebih baik dalam segala aspek kehidupan. Islam bukan hanya agama yang mengatur hubungan kita dengan Sang Pencipta, tapi juga merupakan jalan hidup (way of life) sehingga #AyoHijrah juga mengajak untuk menjalani hidup sesuai tuntunan Islam yang baik dan berkah.

Kegiatan yang dilakukan gerakan #AyoHijrah ini tak hanya berkaitan dengan perbankan tapi juga menambah keilmuan seperti:

  • seminar/edukasi tentang perbankan Syariah
  • open booth di pusat kegiatan masyarakat
  • kajian Islami dengan narasumber dari kalangan ulama
  • Pemberdayaan masjid sebagai salah satu agen perbankan Syariah


Bank Muamalat adalah bank pertama murni syariah di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1992 dan berdiri sendiri tanpa ada hubungan dengan bank lain sehingga terjaga kemurnian syariah-nya. Dalam bekerja bank ini dikawal dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.

Bank Muamalat Indonesia juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Produk perbankan yang dimilikinya lengkap dan ditunjang fasilitas pendukung. Mulai dari mobile banking, internet banking, jaringan kantor cabang dan ATM yang luas mulai dari dalam negeri hingga luar negeri.

Sejalan dengan gerakan  #AyoHijrah , bank muamalat memiliki produk perbankan sebagai berikut:

  • Tabungan iB Hijrah
  • Tabungan iB Hijrah Haji dan Umrah
  • Tabungan iB Hijrah Rencana
  • Tabungan iB Hijrah Prima
  • Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah
  • Deposito iB Hijrah
  • Giro iB Hijrah
  • Pembiayaan Rumah iB Hijrah Angsuran Super Ringan dan Fix and Fix (masih dalam proses pengajuan kepada Regulator/OJK


Berislam dengan kaffah akan sulit jika bicara tentang bunga bank. Banyak yang tak setuju dengan riba tapi ada juga masa bodoh.

Padahal,riba dosa yang besar. Ketika kita memilih bank Muamalat, akan terhindar dari riba sebab mereka menggunakan sistem bagi hasil.

Dalam bagi hasil ketika ada yang rugi kedua belah pihak pemodal dan pengelola modal akan sama-sama menanggung kerugian sesuai porsi masing-masing.

You Might Also Like

0 komentar

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers