Adab Masuk Rumah, Simpel Tapi Jarang Diterapkan

April 24, 2019

Setiap hal yang kita lakukan itu bisa menjadi amal dan berpahala jika dilakukan dengan benar.

Defenisi benar dari sisi agama dan diistilahkan dengan adab. Adab adalah mengagungkan segala sesuatu yang berhubungan dengan agama.

Islam mengajarkan semua hal termasuk cara masuk rumah. Masuk rumah aja diatur padahal tinggal buka pintu aja. Pada mikir gitu kan? Kalau kita ingin setiap yang dilakukan tak hanya daily aktifity tapi juga ibadah ya perlu mematuhi aturan yang ada.

Apa aja adab ketika akan memasuki rumah  :

1. Membaca doa ketika masuk rumah sebagaimana yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam sabdakan :
“Jika seseorang memasuki rumahnya, hendaklah ia membaca doa:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ، وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ، بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا، وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا، وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Artinya : _Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan jalan masuk dan kebaikan jalan keluar. Dengan nama Allah kita memasuki (rumah) dan dengan nama Allah pula kita keluar (rumah), dan kepada Allah Rabb semata kita berserah diri.”_

2. Masuk ke rumah mendahulukan kaki kanan

3. Mengucapkan salam kepada keluarga yang berada di rumah.

Firman Allah Shallallahu 'alaihi wasallam yang artinya :
“Apabila kamu memasuki rumah-rumah, maka hendaklah kamu memberi salam kepada sesama kamu, sebagai penghormatan yang berkat, lagi baik disisi Allah”. (Surah An-Nur ayat 61).

4. Membaca Ayat Al-Kursi semasa didalam rumah bagi tujuan menghalau syaitan

Membaca Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu`anhu  bahwa Rasulullah bersabda : _Di dalam surah Al-Baqarah ada ayat yang merupakan penghulu Alquran, tidak dibaca di dalam rumah, kecuali akan keluar Syaitan dari [rumah]nya : Ayat Al-Kursi.”_ (Hadis Riwayat dari Zaa’idah dari Hakim Ibnu Jubayr)

Sesimpel itu? Yups, adab itu menjadi pembeda kita dengan orang lain. Dan juga penyempurna dari yang dilakukan.  Kalau dianalogikan kita mau ngasih hadiah kecil  ke orang penting dengan cara yang baik seperti menggunakan tangan kiri, dibungkus rapi pemberian pasti diterima walaupun orang tersebut ngak butuh.

Tuh, segitu pentingnya adab dalam kehidupan. Dengan adab, amal kecil akan bernilai besar dan sebaliknya tanpa adab, amal besar bisa tidak bernilai. Termasuk bagaimana cara ketika masuk rumah.








You Might Also Like

0 komentar

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers