Bingung Sama Bau Badan ,Ikuti Tips Cara Mengatasinya

April 22, 2019

Mandi gih sana,  gadis kok kayak gini? " keluhan ibu terkait bau badanku.
Teguran ibu beberapa tahun lalu menjadikanku orang yang tajam penciuman (istilah si uda). Tak perlu menempel erat untuk merasakan bau badan orang.

Bau badan merupakan hal yang mengerikan terutama bagi wanita yang identik dengan wangi dan bersih. Maka dari itu saat SD saya udah mulai ketergantungan dengan bedak ketek. Pantang keluar tanpa menaburkannya.

Baca: tetap cantik saat menerapkan hidup zero waste

Selain pakai bedak saya juga rajin minum obat tradisional demi mengusir baunya. Bertahun-tahun saya terjebak dengan penyesalan berbuat baik tapi  bau ketek.

Jadi semasa SD kakak kelas minjam baju, eh dianya  ngak mencuci. Akibatnya saya yang baru bisa nyuci ngak gosok bagian ketek terus dipakai dan bau ketek deh.

Adik pinjam baju saya dan tertular deh. Siapa aja kalau udah kayak gini kejadiannya pasti merasa bersalah dalam hidupanya.

Bau badan merupakan hal sepele tapi bisa jadi serius kalau bikin beban di hidup. Sebenarnya penyebabnya adalah keringat bercampur bakteri.
Keringat sendiri dihasilkan oleh dua kelenjar penting dalam tubuh yaitu kelenjar accrine dan kelenjar apokrin.

Kelenjar accrine sudah ada saat bayi dan tidak berbau . Kegunaan kelenjar ini menghasilkan keringat  untuk menurunkan suhu tubuh pada waktu tertentu. Jadi kejawab ya kenapa bayi baunya enak/khas.

Sedangkan kelenjar apokrin yang letaknya jauh di dalam kulit. Biasanya kelenjar ini ada pada bagian-bagian tubuh berambut dan lipatan seperti ketiak. Ketika bertemu dengan bakteri akan memecahkan protein keratin sehingga menghasilkan bau.

Bau badan meningkat saat hormon androgen aktif,  hormon khusus yang aktif ketika seseorang udah  pubertas.

Walaupun ngak tau teori ini, dulu saya anti berkeringat, ngak mau olahraga dan menghundari keluar rumah saat panas.

Bromhidrosis atau bau badan lebih menyengat pada lelaki dari penyebabnya badan perempuan tidak banyak berkeringat dibanding laki-laki.

Bau badan juga bisa menjadi indikasi seseorang terkena penyakit contohnya diabetes dan gagal ginjal. Atau sedang stres.

Bagian tubuh kita berkontribusi untuk bau tapi ketiak lebih banyak sebab daerah ini pelipatan dan lembab.

 Cara memerangi  Bau Badan
1.Menjaga kebersihan tubuh
Mandilah 2 kali sehari menggunakan sabun antibakteri untuk mengurangi perkembangan bakteri pada tubuh dan jangan lupa beri perhatian khusus caranya menggosok dengan sepenuh hati pada lipatan kulit tertentu seperti di bawah lengan/ketiak.

Setelah mandi keringkan maximal tubuh sebab bakteri sulit berkembang pada kulit yang kering.  Atau setelah berkeringat lap segera dan jangan lupa ganti pakaian. Pilihlah pakaian dengan bahan yang menyerap keringat seperti katun

2. Menemukan masalah penyebabnya
Seperti yang dijelaskan diatas bau badan bisa mengindikasikan penyakit, lakukan pemeriksaan jika baunya menyengat.

Faktor lain yaitu pola makan dan obesitas. Selektiflah dalam memilih makanan. Kurangi komsumsi makanan pedas, lemak dan berminyak serta menyengat seperti bawang.

Obesitas juga bisa bikin bau sebab mudah berkeringat .

3.menggunakan deodoran
oleskan deodoran atau bedak pada ketiak.
Beberapa tips ada yang melarang pakai bedak tapi saya masih mempan kok. Mungkin karena bau badan saya ngak terlalu dan ngak mudah berkeringat.

Deodoran antiperspiran yang mengandung senyawa berbasis aluminium yang dapat menghadang pori-pori keringat. Jadi sifatnya menunda ketiak basah tapi bukan penghilang bau.

4. Cara alami jangan dilupakan

  • Baking soda + jeruk nipis 

Baking soda dipercaya sebagai penghilang bau badan karena dapat menyerap keringat dan membunuh bakteri penyebab bau badan.

 Caranya adalah dengan campurkan 1 sdt baking soda dengan 1 sdt air perasan jeruk nipis sampai membentuk pasta lalu oleskan pada ketiak. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan sehari sekali secara rutin.


  • temulawak diparut+madu

 Temulawak mengandung minyak atsiri dan zat-zat lain seperti sapomin dan flavoinoida yang dapat menghilangkan bau ketiak.

Caranya  dengan memarut temulawak kemudian beri air sembari diperas. Tambahkan 1 sdt madu untuk hilangkan rasa aneh .


  • teh beluntas

 Daun beluntas mengandung banyak sekali senyawa yang tentu saja besar manfaatnya bagi tubuh. Ada alkaloid, minyak atsiri, fosfor, kalsium, magnesium, lemak, natrium, falovonoid, tanin, asam amino, vitamin A, dan juga vitamin C. Caranya  dengan minun Seduh daun beluntas seperti minum teh.

Oh iya . . Bulu juga bikin bau meningkat lebih baik dicabut aja.

Selain bahan alami diatas banyak bahan lain tapi saya rekomendasikan ketiganya sebab udah dicoba .

You Might Also Like

0 komentar

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers