Mencatat Siklus Bulanan itu Penting, Yuk Permudah dengan Aplikasi Digitalnya

March 29, 2019

Dulu... saat jaman belum dikuasai oleh gawai, orang suka mencatat hal penting dikalendar.
Masa setahun itu kalendar udah ngak berbentuk lagi, penuh dengan coretan.
Daya ingat semua orang yang tak sama dashyat,  ketika ditanya hal yang telah terjadi ditahun sebelumnya kebanyakan bingung. Kelabakan dan mencari kalender lama,  ternyata sudah dibuang.
Adakah yang seperti ini? Itu Saya banget

Selain kejadian berkesan, saya juga mencatat siklus menstruasi dikalender pribadi. Duh,. ngak mungkin aja kelender keluarga (yang dipakai bersama) untuk catat si merah datangkan? *Isin awak

Baca: perkembangan menspad dari masa ke masa

Semenjak punya ponsel pintar (alhamdulillah yah) saya ngak lagi sibuk berburu penanggalan waktu ini. Cukup download aplikasinya.

Saya menggunakan 2 jenis aplikasi yaitu kalender menstruasi. Oh iya..keduanya memiliki nama sama tapi beda pembuatnya.  Pasti pada bertanya ,Kenapa royal banget sampai pakai 2 aplikasi?  Kelebihan ruang penyimpanan di smartphone?  Ngak kok,  saya hanya ingin membandingkan mana yang bagus.

Maksud bagus tak hanya dalam tampilan saja tapi juga dalam dalam ketepatan perhitungan masa subur, ovulasi serta adanya item lain yang berhubungan dengan menstruasi seperti jadwalnya, mood, gejala yang dirasakan, berat badan dan suhu basal, log

Untuk ketepatan masa subur dan ovulasi, kedua kalender digital wanita ini berbeda. Entah mana yang benar ya. Yang jelas kita harus tau siklus haid sendiri, dimulai sejak hari pertama haid hingga hari pertama haid berikutnya. Siklus haid yang normal adalah setiap 21-35 hari.

Kenapa harus kita ketahui siklus bulanan? Karena inti dari semua ini adalah mengetahui kapan masa subur dan ovulasi. Hari-hari inilah yang harus dikejar jika ingin punya anak atau ingin berKB bagi pasutri. Jelaskan ya? Kenapa disyarankan untuk mengtahui siklus.

Ovulasi dan masa subur masa subur wanita adalah 12–16 hari sebelum masa haid berikutnya, jima mempunyai haid teratur 28 hari. Namun, bila siklusnya diluar itu atau tidak sama setiap bulan lebih baik dihitung lagi. Caranya Ketahui siklus terpanjang dan terpendek.

Siklus terpendek dikurangi dengan angka 18,sedangkan terpanjang kurangi dengan angka 11. Jika silklus terpendek 27 dan terpanjang 30 maka masa subur terjadi pada hari ke 9-19.

Aplikasi ini seperti asisten pribadi kita mencatat apa saja yang terjadi saat datang bulan. Dan ketika kita mau periksa terutama saat ke dokter kandungan tidak lupa lagi kapan haidnya dan yang dirasakan.

Kebanyakan dari aplikasi period ini sudah dilengkapi dengan data period terdahulu yang diamankan dengan pasword, jadi jika kita ganti smartphone atau instal ulang data masih bisa diakses. Syaratnya adalah harus sinkronisasi data dengan akun Google kita.

Bagi yang pelupa terbantu banget, dengan adanya notifikasi dua atau tiga hari sebelum siklus dimulai. Sayangnya saya belum pernah lupa tuh sama siklus semenjak menikah, mungkin karena berharap mendapatkan 2 garis.  Aplikasi ini lebih telah sebagai alat untuk menyiapkan mental saya, apakah bulan ini sudah dapat tiket hamil.

Diatas udah dijelaskan bahwa aplikasi ini dibutuhkan oleh wanita sudah menikah. Lalu bagaimana dengan gadis? Tetap perlu downloadnya, untuk mengetahui kondisi menstruasinya apakah teratur, lama waktu dan jika ada masalah bisa langsung diobati.

You Might Also Like

0 komentar

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers