Membersihkan Broken Link Merupakan Cara Sederhana Pengelolaan blog

March 25, 2019

Membersihkan broken link bentuk pengelolaan blog
Setengah jam lagi ayam berkokok, tak terasa 5 jam sudah saya bebersih blog. Layaknya rumah ada masanya cuci masal, maksudnya membersihkan setiap sudutnya demi menciptakan kenyamanan.
Blog yang dibiarkan 'kotor' mengakibatkan penurunan peringkat dimata mesin pencari sekaligus juga dapat menurunkan kualitas performa SEO. Tuh kan, memberikan nilai buruk.

Sebenarnya udah lama pengen bebersih lagi dengan mengedit konten yang ada biar enak dibaca dan juga hapusin broken linknya. Terwujudnya sekarang akibat terbangun oleh bunyi petir menggelegar, ceritanya lagi sendiri si uda masuk malam.

Baca: 4 hadiah untuk menunjang kerja ketika shif malam

Udah mejam, bolak balik tapi ngak juga tertidur. Bingung kan? Pagi masih lama ya udah kerjakan sesuatu yang bermanfaat dan berharap ketiduran karena lelah. *duh curhat

Kali ini saya khususin dengan edit link yang rusak. Kalau bahasa blognya broken link, ini ngak butuh pemikiran khusus seperti edit konten. Tinggal lihat mana yang bermasalah dan perbaiki. Segampang itu.

Benar gampil tapi makan waktu dan bikin lelah apalagi jika banyak broken linknya. Secara umum broken link diartikan sebagai link rusak atau link mati. Contoh linknya adalah saat membuka suatu halaman menemukan pesan error 404.

Penyebabnya banyak seperti halamannya sudah tidak ada/dihapus, salah menuliskan url bisanya kalau bikin internal link , ganti domain dan hosting , postingan dikembalikan ke draf,  setelan keamanan telah diretas dan terjadi perubahan link .

Maksud perubahan link begini, setelah artikel dipublish saya ganti lagi urlnya karena merasa ngak enak / menarik.

Contohnya
https://unniriska.com/macam-macam spesialisasi dokter kandungan
Diganti
https://unniriska.com/temukan dokter kandungan berdasarkan permasalahamu

Karena link sudah diganti otomatis url lama dianggap sebagai link rusak. Dan link rusak sudah terlanjur terindeks oleh mesin pencari. Ketika ada pengunjung mengklik link lama secara otomatis akan diarahkan ke halaman 404.

Link rusak ini akan mudah ditemukan pada wordpress dengan plugin broken link, yang akan memberikan notifikasi saat ada link bermasalah . Sedangkan pada blogger dengan menggunakan website https://brokenlinkcheck.com. Caranya mudah banget, tuliskan url blog
pada kolom yang sudah disediakan
masukan security code lalu klik find broken links dan pilih Report all occurrences of each dead link (may be slower) lalu klik Find broken links now! Tunggu prosesnya scan hingga selesai.

Setelah mendapatkan hasil broken link, selanjutnya untuk mengetahui dimana letak link rusaknya klik src  pada kolom Page where found .
Nah, kita akan dibawa pada halaman tempat broken link berada. Selanjutnya perbaiki dengan mengedit

Link bermasalah akan diberi warna merah. Tinggal diperbaiki atau hapus  . Oh iya...semalam didapatkan ada puluhan yabg rusak bahkan ada juga dari platform blogdetik. Bagi yang udah lama ngeblog pasti kenal dengan platform ini. Hasil perjuangan tinggal 5 link.*laporan selesai

Selain itu dari giveaway yang pernah diiikuti, juga menyisakan broken link. Saya dulu adalah giveaway hunter , bahkan isinya 90% adalah kuis. Hmmm , jadi kangen masa itu.

Deeh . .Yang bikin sedih adalah penyelenggaraan giveaway menghapus postingan jadinya bertebaranlah link bermasalah .

Selama ini link kuis masih Setia diblog, ngak dihapus alasannya adalah ngak mau membuat broken link untuk pengunjung blog saya.

Baca: hal-hal yang sering dialami saat blogwalking

Kalaupun ada yang dihapus itu adalah komentar spam seperti tukang jual obat, togel dsbnya .

Cara blog untuk mendapatkan pengunjung tetap dengan rajin posting dan mengelola blognya. Salah satu cara pengelolaan dengan membersihkan tautan yang rusak .

You Might Also Like

1 komentar

  1. aku baru tahu lho ternyata di blog ku juga ada broken link nya. makasih artikelnya bermanfaat banget Uni :) salam kenal ya.. salam 1m1c

    ReplyDelete

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Total Pageviews

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers