Setelah Nilai Domain Authority dan Page Authority Turun,Kita Bisa Lakukan ini Untuk Bertahan

March 06, 2019

Pagi ini 5 maret 2019, WAg mendadak heboh, udah lama tak seperti ini. Apa sebab? Ternyata DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) merosot berjamaah. Semua pemilik blog TLD meringis. 
Ginilah kelebihan join sama grup banyak updaten info terbaru diketahui atau ya sesuatu hal yang harusnya dikerjakan rutin karena kesibukan terlupakan. Contoh gampangnya DA dan PA. 
Baca: mampu berkembang semenjak bersama blogger perempuan network
Jujur ya, kedua item penting dan berkala harus dicheck, saya jaaarang banget lakuin. Palingan kalau mau apply job barulah sibuk mengecek nilainya. Berkat adanya grup diingatkan untuk peduli dengan DA dan PA. 

Pertanyaannya, kenapa penting dan bikin heboh? Karena kedua nilai ini dibutuhkan bagi para pemburu job review atau content placement . Nilai yang tinggi peluang dapat job lebih besar dan mahal.
Baca: bangga menjadi narablog di era digital

Page authority (PA) sering di sebut Otoritas Halaman menggambarkan popularitas halaman dari situs/blog yang ditemukan di mesin pencari. Nilai PA yang tinggi menggambarkan kemungkinan besar halaman muncul top di search engine. Blog yang memiliki nilai PA tinggi akan memenangkan persaingan dalam hasil pencarian. 

Jika artikel kita banyak yang masuk 10 besar dalam mesin pencarian, kemungkinan popularitasnya akan naik. Sebab peluang orang membukanya lebih besar daripada diluar halaman 10 besar ini. Dan saya lebih menyukai membaca artikel yang berada diperingkat awal daripada halaman berikutnya, ngak makan waktu. Nah,  pahamkan kenapa orang berlomba ingin masuk halaman awal mesin pencarian.

Tak salah jika PA tergantung pada kita sendiri, semakin konsisten terhadap blog, maka akan semakin meningkat pula nilai PA. Cara utama meningkatkan PA dengan menulis secara berkala artikel original, berkualitas, fresh dan relevan. Jadi kalau suka curhat lebih baik dipoles dikit artikelnya biar bisa menaikkan nilai. 

Domain authority di sebut juta dengan Otoritas Domain adalah ukuran kekuatan sebuah nama domain di mata sebuah mesin pencarian. 

DA di dasarkan atas 3 faktor yaitu umur domain, popularitas, dan Ukuran. Dengan 3 faktor tersebut akan mudah mendapatkan peringkat yang tinggi pada hasil pencarian. 
1. Umur domain
Semakin lama domain itu aktif dan bertahan, maka akan semakin tinggi pula nilai DA nya. Hal ini membuktikan kepada mesin pencari bahwa pemiliknya sangat konsiten dengan domain yang di kelolanya. 
Nilai domain itu berlaku untuk TDL , jika masih baru jangan kecil hati nilainya rendah. Pemiliknya harus berusaha menaikkan nilai DA, berbeda dengan domain gratis seperti Blogspot.com atau WordPress.com, nilai DA-nya tinggi rata rata 90 karena menggunakan subdomain yang sudah populer. Terjawab sudah kenapa agency selalu memberi syarat job harus TDL.

2. Popularitas domain di nilai dari jumlah link yang masuk (Inbound link) dari situs yang berkualitas dan tidak spam. Backlink yang berkualitas dapat dapat dari website yang memiliki DA yang tinggi juga. Artinya saling memberi pengaruh, jika link asal tinggi kita akan dapat backlink yang tinggi juga. Begitu sebaliknya.  
Baca:  backlink sebagai salah satu cara menyukseskan usaha diera digital
Dan cara mudah mendapatkan Inbound link dengan blogwalking(Bw). *baeklah saya akan rajin Bw 
Baca: hal-hal yang sering dialami saat blog walking

3.Ukuran Domain dilihat dari seberapa banyak jumlah konten atau artikel bermanfaat, unik yang diberikan kepada para pembaca. Udah jelaskan beda PA dan DA? Mudahnya begini,DA itu menilai keseluruhan domain blog, sedangkan PA hanya halaman tertentu dari keseluruhan domain yang kita miliki.

Adapun angka yang digunakan adalah 0 sampai dengan 100, semakin tinggi nilai PA/DA  makin berkualitas sebuah situs dan kemungkinan untuk dapat muncul di posisi 1 search engine sangatlah tinggi. Dan kedua hal ini perlu diperhatikan untuk menunjang SEO website .

Cara terakhir untuk meningkatkan nilai DA/PA dengan optimasi Sosial Media. Maksudnya setelah posting tugas lain ada menunggu yaitu mempromosikan blog

Nah,  pecinta DA dan PA jangan galau jika nilainya melorot. Selagi menerapkan cara utama yaitu rajin posting artikel yang bermanfaat, kemungkinan akan baik-baik saja walau google update algoritma yang berdampak nilai turun pada rating blog atau visitor. 

Jujur saya ngak terlalu syedih ketika mengecek Da/Pa di https://www.analytics.moz.com, diketahui 
nilai PA dari 22 melorot ke 16 dan DA jatuh menjadi 14. Wajar aja google ingin selalu apdet algoritma untuk memberikan yang terbaik, nah kita kenapa ngak ikutan update konten?  Toh, cara terbaik untuk bertahan dengan fokus menulis


You Might Also Like

2 komentar

  1. Jujur aku syok berat, pertama liat postingan teman di IG. Pada teriak DA pada anjlok, eh pas aku cek DA ku. Langsung kaget, dari 30 turun drastis menjadi 21. Padahal situsku baru usia 13 bulan. Dahulu gampang bgt buat menaikan DA, nah setelah turun anjlok, bisa ga ya kembali lagi menaikan DA.

    ReplyDelete

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers