Beberapa Aplikasi Ini Akan Membuat Blogging via Smartphone Lebih Menyenangkan

March 04, 2019

Lahirnya sebuah postingan diblog itu pakai perjuangan, yah walaupun ngak berdarah-darah  juga kali. Effort-nya makan waktu, tenaga dan pikiran.

Jadi saya rada gedek sama orang yang memandang sebelah mata sama profesi blogger. Yah kalau ngak setuju kagak usah juga meremehin juga dengan pilihan orang.

Baca: bangga menjadi narablog diera digital

Entah kenapa ya, saat mau menulis blog menggunakan komputer atau laptop lamaaaa banget mulainya. Lebih tepatnya saya bingung mau tulis apa. Ada setengah jam muter-muter dimicrosof word, akibatnya waktu berlalu begitu aja tanpa menghasilkan apapun.

Harusnya godaan banyak saat gunakan smartphonekan? Tapi ini kebalik bagi saya, mungkin dalam menulis saya tak suka terpaku, lagi bosan atau buntu bisa menjadi draf. Kalau ada ide lanjut lagi, rasanya repot aja jika gunakan laptop. Hidup dan matikannya. Maka dari itu memaksimalkan smartphone dengan cara menanamkan aplikasi penujang blogging.

Rugi aja menurut saya ngaku narablog tapi ngak ada aplikasi pendukungnya malah banyakin media sosial diponsel android. Padahal ya, keberadaan smartphone menjadi alat yang powerful untuk meningkatkan produktivitas sebagai blogger.

Baca: Zenfone max m2 zb6333kl, smartphone gaming yang tak hanya diidamkan gamers

Kegiatan  blogging meliputi memposting, update atau revisi artikel, riset kata kunci, edit gambar, share kemedia sosial. Kesemua itu cukup dengan ponsel ditangan. Tuh praktis banget.

Aplikasi untuk ngeblog versi saya 


Aplikasi yang digunakan saya kelompokan dan ini ngak mutlak ada, disesuaikan aja sama blogger masing-masing.

1. Menulis
Awalnya saya langsung menulis diwebsite blogger tapi semua usaha sia-sia ketika ngak bisa terbit akibat sinyal hilang. Artinya ngak tersimpan. Sebelkan ya? Maka dari itu mengunduh aplikasinya di playstore.

Aplikasi blogger,  mudah digunakan karena produk google, jadi ketika ngunduhnya udah terkoneksi ngak perlu bikin username dan password lagi. Namun, fungsi dari aplikasi ini masih terbatas dibandingkan dengan wordpress.

Fiturnya masih sebatas publikasi,  gambar, lokasi setiap postingan dan label ke entri blog. Aplikasi blogger ini bisa langsung menerbitkan artikel tapi kalau ada link kita harus kerja dua kali yaitu apload ke web kemudian memasukkan linknya

Selain blogger aplikasi lain yang diunduh seperti blogit, blogway for android, blogeroid for android.
Kita juga bisa menggunakan aplikasi catatan seperti Simplenote, power writer, Evernote dsbnya.

Kesemua aplikasi diatas ada yang online dan offline. Kalau yang online kita tinggal posting sedangkan offline kita Copi pastekan ke website blog. *Semudah itu


2.Penghitung kata

Jumlah kata berpengaruh untuk seo, minimal ya 500 kata dengan penyebaran kata kunci merata.  Walaupun saya ngak ngeh sama seo tapi tetap butuh penghitung kata terutama saat ikut kontes blog yang menyaratkan jumlah kata.

Jika menggunakan aplikasi catatan dari smartphone, jarang yang ada penghitung karakter dan kata,  sehingga harus menggunakan pihak ketiga. Adapun contoh penghitung kata adalah text counter,word counter,count word, aplikasi penghitung kata dan karakter dsbnya

3.edit photo dan infografis

Tulisan sebagus apapun bakalan kurang greget kalau ngak ada foto. Nah, jangan lupakan menyelipkan foto pendukung bisa berasal situs penyedia foto gratis atau dari foto sendiri. Ingat jangan ambil dari Google .

Aplikasi edit foto terkenal adalah Photoshop, sayangnya saya ngak bisa menggunakanya. Adalah Picsart aplikasi yang selalu saya gunakan.

Sepanjang apapun informasi jika menggunakan infografis itu akan mudah diingat.  Saat ini banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuatnya. Bagi saya canva yang terbaik.

4. Water mark

Aplikasi ini sangat penting keberadaannya terutama untuk gambar. Tujuannya mencegah pencurian foto selain itu juga sebagai promo. Saat ada yang lihat watermark orang akan ingat dengan kita.
Beberapa aplikasi ini ada juga yang bisa resize ukuran, edit photo, colasse dsbnya.

5. Pemendek url blog

Setelah artikel terbit, tugas kita sebagai blogger belum usai. Ada tambahan lain yang harus dilakukan yaitu share ke media sosial, tujuannya adalah untuk menjangkau lebih banyak visitor.

Kadangkala saat mau share ada kendala yaitu gagal karena linknya terlalu panjang sedangkan karakter di media sosial terbatas. Maka dari itu perlu pemendek url.

Kegunaan lain dari memendekkan url adalah untuk mendapatkan tambahan uang dari blog. Cara kerjanya adalah saat para pengunjung klik halaman yang link shortener  maka pemilik akan mendapatkan keuntungan . Biasanya dalam bentuk dolar.

Halaman yang ada pemendek ini ngak langsung ada linknya tapi dalam tampilan gambar "skip. Jadi ingat saya awal kenalan blog sering diarahkan  ke suatu  halaman saat mau baca artikel.

Seorang blogger yang mencintai dunianya takkan terikat dengan laptopl atau komputer dalam menghasilkan karya. Apalagi dijalan sekarang ini smartphone memudahkan urusan.


You Might Also Like

0 komentar

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Total Pageviews

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers