Travelblog.id,website yang bikin kaya pengalaman saat traveling

February 27, 2019




Cara  menikmati hidup dulu dan sekarang berbeda, bisa dilihat dari kuliner dan traveling. Kalau dulu orang membagi pos pengeluaran untuk hal yang dianggap penting saja seperti pendidikan, perumahan,kesehatan dan makanan. Jika bersisapun uang lebih baik ditabung. 
Kini orang sengaja menganggarkan dana khusus untuk kuliner dan traveling. Keduanya dianggap bagian penting dalam kehidupan, sehingga tak mengherankan banyak lahir situs traveling, tempat penjualan tiket. 
Sayangnya,kebanyakan situs yang ada tidak lengkap, hanya membahas sekilas tentang daerah wisata semata. Udah itu aja. Ngak ada hal lain seperti kuliner, seni budaya. Padahal kesemua ini satu kesatuan dalam sebuah cerita liburan. 

Pilihaannya jika ingin tau suatu secara lengkap dengan mengunjungi blog, sayangnya blog banyak di mesin pencari dan kita bakalan repot membaca pengalaman traveler satu persatu. Misalnya ingin mengunjungi candi borobudur, harus baca banyak blog yang membahasnya untuk memperkaya pengalaman sebelum mengunjunginya. Repot kan ya

Manfaat dari Travelblog.id untuk publik dan Fitur usernya


Sebuah keberuntungan saat mengetahui ada sebuah website atau blog travel yang berisi cerita liburan yang pernah dikunjungi para traveller secara lengkap.

Jadi, ketika kita mau mengunjungi tempat yang sama udah ada rekomendasi dan pengalaman dari traveler lain.  Kalaupun, ada hal yang ngak mengenakkan disuatu tempat yang telah dikunjungi kita udah bisa mencegahnya dari awal, berkat membaca blog travel ini. Bukankah pengalaman adalah guru yang berharga. 

Informasi yang bisa didapatkan di TravelBlog.id meliputi wisata daerah, wisata seni & budaya, wisata kuliner, tips serta info yang berhubungan dengan jalan-jalan.  

Travelblog. Id layaknya sebuah forum blog, setiap orang bisa menjadi kontributor dan untuk publish artikel maupun video yang penggunaannya dibuat mudah . Bahkan bagi yang tak paham ilmu perbloggingan pun bakal bisa berkarya di sini. 

Prinsipnya website ini , seperti menulis blog dengan gaya bahasa bebas dalam menuliskan pengalaman saat jalan-jalan. 

Fitur lain yang bisa ditemukan selain artikel adalah video blog dan point. Hal ini sesuai dengan jamannya ngevlog.  Tak bisa dipungkiri orang lebih menyukai fitur video,sebab hal yang diceritakan terpampang dan tak perlu mengunakan imajinasi untuk membayangkanya. 

Nah di TravelBlog.id ini kita juga ikut merasakan pengalaman traveler melalui tayangan video walaupun belum pernah ke sana. Inilah bentuk yang disajikan oleh travel blog ini . Beberapa bagian untuk melahirkan konten dibikin sederhana dan mudah dipahami. Hal ini  membuat kontibutor merasakan kenyamanaan saat bercerita pengalamannya . Adapun bagian tersebut terdiri atas 
1.Judul
Ini bagian penting dalam sebuah karya, tertarik atau tidak orang mengklik dimulai dari sini. Maka dari itu gunakanlah kalimat yang menarik.

2.Ringkas atau Excerpt
 Fungsi bagian ini meringkas isi konten yang terdiri
 dari beberapa kalimat dan akan muncul pada saat artikel dicari di search engine.

3. Deskripsi
Kolom ini berisi review traveling, adapun bedanya dengan excerpt adalah jumlah kalimat lebih banyak . 

4. Kategori
Ada 4 kategori yang bisa  dipilih yaitu:  Jalan-jalan, Kuliner, dan Tips. 
Jalan-jalan
Fitur ini  tempat untuk berbagi pengalaman traveling baik itu menyenangkan ataupun nyebelin. Kontributor harus menceritakan secara detail perjalanannya seperti hal unik ,cara mencapai lokasi, rute yang dilalui, transportasi yang digunakan.  Dan akan lebih baik jika dilampirkan peta menuju daerah wisata ini sangat membantu bagi orang awam.  
 Kuliner
 Bicara kuliner tak lepas dari kekhasan suatu daerah, harga yang ditawarkan , rasanya, jenisnya dari yang tradisional hingga kekinian. Dengan membaca situs ini kita bisa menemukan makanan recommended,  low budget sampai yang termahal

Tips & Info
Bagian tips dan info selalu diburu orang terutama bagi yang belum pernah mengunjungi daerah baru. Temukan berbagai pengalaman orang seperti cara packing yang benar, solusi saat keluar dari budget yang udah  diplanning, tersesat didaerah baru, atau gagal piknik. Info ini membantu banget ditambah lagi jumlah penulisnya banyak, sehingga banyak memberikan masukan  
 Seni & Budaya
Kekayaan negara yang beragam ini tidak akan diketahui oleh orang luar daerah bukan?  Dengan membaca travel blog ini kita mengetahui berbagai budaya dan seni yang ada di Indonesia. 

5.Tagar
Tagar gunanya untuk mempermudah dan mengelompokkan artikel. Gunakanlah tagar yang berhubungan dengab topik atau tema destinasi wisata yang ditulis.

6.Foto
Seperti yang udah dijelaskan, penggunaan foto itu bisa banyak, tambahkanlah untuk membuat konten lebih detail sehingga pembaca bisa ikut merasakan suasana wisata tersebut .

Lalu bagaimana cara mengunggah video? Segampang menulis blog. Cukup dengan mengisikan url video youtube yang dimiliki oleh traveler. Dan untuk memudahkan memilih video bagi pembaca website,  diberikan gambar dan deskripsi video minimal 300 kata. Cara ini mampu menambah followers youtuber Keuntungan luar biasa bukan? 

Dokumentasi pengalaman traveling harus dilakukan agar kenangan itu tak hangus begitu saja. Menjadi kontribusi tak hanya berbagi pengalaman tapi juga menambah teman bahkan dikenal melalui TravelBlog.Id  Keuntungan lainnya mendapatkan point. 

Jadi, jika konten yang dibuat telah direview oleh tim editor sehingga layak tayang maka kita akan mendaparkan poin yang bisa diditukarkan (redeem) .

Satu artikel yang berhasil terbit bakal diberi 50 poin sementara untuk video yang berhasil terbit akan mendapatkan 40 poin. Kumpulin terus poinnya dengan banyak bikin konten, minimal 80 point bisa di randeem dengan berbagai hadiah menarik. 

Review websitenya dengan smartphone 

Paling malas itu baru buka website udah keganggu dengan iklan yang memaksa untuk mengklik. Nah,  di sini tidak akan ada iklan dan kategorinya utamanya ada seperti Jalan-jalan”, “Kuliner”, “Tips Info” dan “Seni Budaya tersusun secara berkelompok. Kalau ingin membaca tinggal klik kelompoknya . Sayangnya, untuk menu seni budaya sedikit banget artikelnya. 
Menu kategori lainnya seperti berita, gaya hidup dan infografik yang tak lepas dari tujuan website ini tentang hal yang berkaitan dengan traveling.

Jujur ya, travelblog.id ini membantu banget, walaupun fokus ke traveling tapi ngak lupakan hal kecil yang berkaitan dengan jalan-jalan seperti kalender libur nasional, cara buang sampah, packing, persiapan camping dsb. 

Tak bisa dipungkiri memahami gambar yang berwarna lebih mudah daripada deretan aksara. Keberadaan sub menu ini sangat membantu. 

Fitur user seperti artikel, video dan rewards poin saat dibuka di smartphone kurang jelas terlihat. Hanya orang yang pernah baca dibagian kategori akan mengetahuinya. Istilahnya ngubek -ngubek website baru bisa ketemu. 

Kekurangan ini tertutupi dengan hadirnya warna putih dan biru ,  kesan segar terasa banget saat membuka websitenya.Ketika mencheck kualitas website didapatkan nilainya c+ dan suatu website atau blog nilainya bagus jika mendapatkan B+

Dan saat pengecekan waktu loading didapatkan nilainya 22 detik dijaringan 3g diperkirakan akan kehilangan pengunjung 36%.Idealnya kecepatan dibawah 5 detik

Kekurangan yang didapat ini tak seberapa jika melihat informasi yang disajikan apalagi jika melihat kontributor nya banyak, menjadikan banyak sudut pandang. 

You Might Also Like

5 komentar

  1. saya baru tau nih mbak,, langsung cekidot ke web nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...menarik,beda sama blog perjalanan lainnya

      Delete
  2. Menarikk banget mbaak travelblog.id yaaa, belum pernah pakai langsung sih tp jd ada gambaran setelah baca post ini. mauuu cobaa ah, makasih sharingnyaa ya mbak. salam kenal ~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar-benar menarik,ditulis travelers jadi bahasa nyantai

      Delete
  3. Boleh juga nih kalo misal pengen mengunjungi wilayah yang sebelumnya belum pernah kita datangi :D

    ReplyDelete

yang diikuti

Blogger Perempuan
Blogger Perempuan
Indonesia hijab blogger

Like us on Facebook

Total Pageviews

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers