Cerita akhir tahun dengan zero waste

January 09, 2019

Akhir tahun selalu menjadi ajang untuk melihat progres , apakah sudah sesuai dengan resolusi yang ditancapkan diawal tahun. Dan kalau ngak sesuai dicari penyebab kemudian diperbaiki ditahun depan.
Ternyata resolusi tak cukup diperbaiki tapi harus diperbaharui. Maksudnya setiap tahun harus ada yang baru dalam menjalani kehidupan selama setahun kedepan. Kenapa? karena waktu takkan bisa kembali ke masa yang sama,ia akan terus maju meninggalkan yang lalai.

Bicara resolusi, saya punya goal sederhana yaitu mempunyai habit yang baik selama setahun ini dan kalau bisa ya mampu pengubahan prilaku. Artinya habit jadi gaya hidup.

Mungkinkah?  Jangan pesimis dulu. Berdasarkan hasil penelitian Duke University, sebesar 40% aktivitas manusia didasari oleh kebiasaan. John Dryden pun berkata: “Awalnya kita yang membentuk kebiasaan, kemudian kebiasaan yang membentuk diri kita.”

Kebiasaan baik tidak mudah untuk diterapkan akan selalu saja penghalangnya. Walaupun begitu jangan pesimis, asalkan ada kemauan memulainya maka akan jadi kebiasaan. Bukankankah tindakan yang dilakukan berulang-ulang akan menjadi sebuah pola bagi seseorang dalam bertindak.

Terus bagaimana cara memulai habit yang baik? Buat ia menjadi sebuah resolusi baru ditahun depan tanpa meninggalkan habit lama (pastinya kebiasaan yang baik). Kapan menyusunnya? akhir tahun ini lah, bukankah lebih cepat lebih baik.

Setelah jadi resolusi yuk action, selalu ingat kegiatan yang dilakukan teratur dan terus menerus akan menjadi bagian kehidupan. Dan jika masih ada secuil malas tambahkan alasan  yang cukup kuat untuk melakukannya.

Resolusi lama saya adalah blog ini berkembang dan menghasilkan, ini terus dilihat progresnya . Habit baik yang menjadi resolusi  adalah lingkungan saya bebas dari sampah .

Awal resolusi ini lahir saat melihat gundukan sampah makin menggunung ,dan makin menguat saat melihat berita kematian hiu akibat kemakan sampah.
Ya tuhan sebegitu kejamkah kita sebagai manusia

Upaya selama ini yang sudah ada adalah 3r (reuse,recycle,reduce). Nampaknya belum signifikan selama kita belum memutus sendiri mata rantai sampah tersebut. Cara termudahnya dengan menerapkan zero waste.

Zero waste sebuah seruan untuk menolkan sampah dimulai dari rumah sendiri, artinya tanggung jawab dimulai dari diri sendiri. Usaha yang kecil tapi bisa berdampak besar untuk lingkungan.Jika dipikirkan akan sulit menerapkannya.

Dari akhir tahun kemaren sampai hari ini saya mulai dengan membaca blog ,youtube dan IG tentang gerakan ini. Akibat apa? Tak hanya nambah ilmu ya tapi kuota cepat banget berkurang. Buaha..ha


Saya butuh asupan pulsa murah untuk memulai zero waste. Selama ini sering hubungi agen pulsa tapi ngak bisa setiap waktu. Ngak enakkan hubungi yang jual pulsa ditengah malam, saat kuota udah minim.

Beruntung saya menemukan Payfazz sebuah Platform Layanan Keuangan untuk Transaksi dan Pembayaran Digital. Transaksinya mudah, aman, cepat, dan tersedia selama 24 jam. Apa saja yang kerjasama dengan payfazz,  banyak banget. Mau tau lebih lengkap klik link ini.

Saya bisa mencukupi kebutuhan pulsa kapanpun dan dimanapun tanpa tergantung orang lain serta harga pulsanya murah dibandingkan dengan yang lain.

Hal pertama saya lakukan dalam gerakan ini mengganti kresek dengan tas belanja .Next mau bikin kompos.




You Might Also Like

4 komentar

  1. Semangat mbak aku juga sedang memulai zero waste ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kita mulai pelihara bumi ini. Kalau ngak sekarang kapan lagi mbak

      Delete
  2. Campaign zero waste emang lagi rame dibahas ya. Sayapun tertarik. Mulai dari hal kecil aja. Misal menolak plastik kalau cuma sekedar beli minum, atau bawa minum sendiri dari rumah. Semangat mbak, semoga tercapai goalsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak mulai dari hal sederhana, semoga jadi habit.

      Delete

Beautynesia

beautynesia blogbeautynesia

Iblogmarket

IBX5A99EA8C4DE69

Like us on Facebook

blogger muslimah

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers