Hal-Hal yang Sering Dialami Saat Blogwalking

January 16, 2019

Hal yang sering dialami saat blog walking
Saat berada didunia maya seperti blog dan sosmed pun, kita butuh sosialisasi. Ya, Kehidupan tidaklah bisa sendirian memerlukan peran orang-orang di sekitar. Saat gunakan medsos biasa aja dikomen dan like orang, lah emang gitu fungsinya.
Lalu bagaimana dengan blog? Walaupun ini media tulis menulis tapi perlu juga dikomentari. Kenapa?  Tanpa ada blog lain yang berkunjung kita takkan bisa sukses. Sebuah postingan takkan greget tanpa dikomentari. Sedihkan ya, serasa sebuah karya ngak diapresiasi.

Interaksi yang terjadi didunia blog itu unik loh. Kalau medsos kebanyakan ya, kita berteman dengan pemilik akun sebab udah kenal atau mereka punya karya yang unik. Berbeda dengan blog , silaturahmi akan erat saat berkunjung. Istilahnya blogwalking (bw).

Blogwalking adalah istilah saat menjelajahi blog orang lain dan meninggalkan jejak, jejak yang dimaksud disini adalah memberikan komentar.

Saat melakukannya janganlah pilih-pilih, maksudnya hanya berkunjung ke blog yang memiliki trafik tinggi aja. Semua blog itu punya kesempatan dan hak yang sama untuk dikunjungi. Bukankah hasil akhir dari kegiatan silaturahmi ini adalah link dan promosi blog.
Pilih mana, blog femes tapi jarang balas atau blog biasa tapi ada kunjungan balik?  Kalau saya mending yang sering balas aja walaupun blognya belum terkenal.

Semakin banyak kita melakukan blogwalking otomatis banyak link masuk ke blog kita ini.  Blacklink ini erat kaitannya dengan SEO.  Selalu ingat, jika blacklink bagus otomatis artikel akan terindex dan mempunyai  nilai yang bagus di google.

Cara promosi yang gampang itu adalah dengan rajin silaturahmi. Semakin sering berkunjung membuat  blogger lain mengetahui keberadaan blog kita. Makin banyak yang tahu blog kita maka reputasi blog kita juga semakin populer.*Tuh penting BW

Tak hanya link dan promosiin blog gratis,  Manfaat lain dari blogwalking adalah :

1. Mendapatkan Pengetahuan dan Informasi Baru
Hal yang ditekankan dalam BW adalah tak hanya sekedar komentar aja, tapi harus membaca konten sehingga menambah pengetahuan dan informasi

2. Memunculkan Inspirasi Baru
Saat stuck menulis, istilah lainnya adalah writer bock. Lakukan Bw aja sapa tau dapat inspirasi tapi jangan copas. Tulislah dari sudut pandang lain.

3. Menambah Koneksi
Dengan blogwalking, kedekatan bisa terbentuk dan tak menutup kemungkinan nambah koneksi. Apalagi jika langganan membaca konten. Serasa punya karya yang besar gitu, ini membuat kita punya  pengunjung.

4. Menjadikan perbandingan dengan blog kita
Saat berkunjung kita bisa menilai kelebihan blog tersebut dan akan menemukan kekurangan blog sendiri. Belajar dengan mengamati akan lebih mengena daripada sekedar membaca teori tanpa praktek bukan?

Begitu banyak keuntungan, tapi blogwalking juga menimbulkan kerugian yaitu dipandang buruk  google, itu terjadi kalau spam. Contohnya adalah, beriklan diblog kita. Itu mah wajar ya

Kegiatan silaturahmi ini sering juga ada kendala atau merasakan ngak nyaman seperti

1.ngak dikunjungi balik
Ini sering terjadi ya ,apalagi jika postingan lama yang di komentari sering terlewati. Kadang kita suka suudzon, menganggap pemilik blog sombong.

Ada caranya untuk melihat blog yang udah dibw. Ini berlaku bagi blogspot aja.
Dashboard saat bw di blogspot

Lihat dashboard pilih bagian komentar  . Oh iya untuk wordpress ada dibagain notifnya

2. Sebagian blog,  hanya mengizinkan menggunakan profil Google + untuk memberikan komentar.

Baiknya menggunakan nama dan URL blog sendiri dikolom komentar atau buku tamu sebagai profil pemberi komentar.

Kalau ngak bisa ya udah udah... Ngak usah khawatir. Kemungkinan dapat backlink ada tapi dari pengunjung lain yang ketemu konten kita dan Bw. *jangan pesimis

Oh iya ada update :
Lebih baik bagi teman yang pake blogspot, profilnya dikembalikan ke blogger aja. Menurut info ,komen dengan g+ akan jadi broken link .

Dampak broken link buruk untuk blog, ngak maukan berdarah-darah membangun blog akhirnya terkapar akibat link yang bw di g+.
Lalu bagaimana dengan WP, ngak ada masalah bagi mereka .Ada faslitilas unlinknya. Jadi masih Setia blogspot atau pindah ke wp ?

Kalau saya Setia aja sama blogspot ,walaupun begitu saya mau kasih info cara mengubah setingan

Udah profil ke blogger di blogspot

3.komentar di moderasi
Saat akan komentar terganjal oleh 'pekerjaan matematika' misalnya 1+1=
Atau ya,  disuruh mencari mana gambar mobil, zebra cross dsb. Ini adalah bentuk proteksi pemilik blog dari spam. Kan kasian ya, udah capek menaikkan trafik malah turun gara-gara spam tukang obat. Buaha.. ha

Jika, ketemu moderasi jangan surut, ikuti stepnya dan tetap berkomentar. Nanti pemilik blog akan menyeleksi apakah komentarnya bisa tampil.

Nah,kalau telah tampil, selamat, Bw telah terjadi. Kalau ngak tampil bisa aja kita diluar topik pembahasan. Wajar aja, pemilik blog ngak menerbitkan, kelihatan banget hanya ingin meninggalkan jejak. *Itu nyakin

4. Tinggalkan Link Aktif
Kenapa harus tinggal kan link aktif? Kan saat komentar nama kita udah ada, pemilik blog tinggal klik otomatis menuju blog kita.  Tuh terjawab juga kenapa komentar sebaiknya jangan pakai G+.

Ngak usah lagi saat komentar, meninggalkan link blog seperti wwww.unniriska.com/...
karena ini tak disukai mesin pencari seperti google .

Blogwalking mungkin sebagian orang menganggapnya cara kuno untuk meninggikan nilai /rank google. Tapi saya percaya cara ini masih ampuh selama kita tekun menjalaninya. Dan saya menjadikannya agenda rutin.

You Might Also Like

8 komentar

  1. Halo, salam kenal Kak.
    Informatif artikelnya...

    ReplyDelete
  2. Aku juga suka kelewatan mbak kalo liat ada komentar di posting lama, malah ada yg gak sengaja keapus :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya saya juga gitu ,malahan ada yang udah 2 tahun baru terbalas sekarang.Semenjak niatan BW saya jadi rajin lihat komentar lama mbak

      Delete
  3. Tul bgt ya mba.. Selain nambh wawasan jg nmbh temen. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dizaman sekarang menambah teman mudah ya mbak dan akan makin dekat lagi hubungan pertemanan jika udah ketemu mbak

      Delete
  4. Kalau aku BW murni karena pengen baca-baca aja sih. Kalau seru dibaca, kalau gak ya skip. Gak pernah terpikir untuk menaikkan rank, etc, blog bagiku sarana berbagi tulisan yang efektif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menaikkan rangking lebih kepada bonus mbak .

      Delete

Beautynesia

beautynesia blogbeautynesia

Iblogmarket

IBX5A99EA8C4DE69

Like us on Facebook

blogger muslimah

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers