Seberapa Penting Mendengarkan Playlist Dengan Kegalauan

December 08, 2018

Bicara soal lagu,  saya bukan pecinta musik tapi lebih kepada penikmat. Ngak pernah benar hafal lirik , apalagi nadanya. Menyanyi sesuka hati dengan menggabungkan lirik satu dengan lainnya. .
Jangan tanya koleksi lagu saya, lengkap bos, dari yang daerah sampai internasional. Dari genre dangdut, pop dan barat. Tak jarang Hp saya sering berjalan dari satu orang ke orang lain. Masa itu MP3 jadi syurga bagi pendengar musik. Dikit-dikit blutut.

Tahun 2000an acara musik banyak dan hampir setiap stasiun TV menayangkan. Trans TV dengan deringnya, Inbox SCTV dan dahsyat  RCTI.  Sayangnya sekarang udah ngak ada lagi. Gimana cara tau ada lagu terbaru?

Kalau dulu setiap pagi sarapannya musik, dengarkan launching singel dan langsung berburu ke konter, membeli 3 buah lagu yang dihargai 10.000 rupiah. Rada  mahal ya. Tapi demi eksis ngak masalah.

Saking samanya lagu, mendengarkan MP3 tak usah punya sendiri. Cukup nebeng dengar sama teman , sumbernya kan 1 orang .buaa ..ha

Waktu berlalu saya ngak intens mendengarkan musik. Mungkin dimasa kuliah karena terpengaruh teman dan gegayaan. Sekarang sering ngak tau lagu apa yang sedang hits. Ya ampun segitunya ngak update .

Beberapa lagu terpaksa dilepas karena kepenuhan memori, dari yang ratusan menjadi puluhan. Apalagi sejak ganti smartphone hanya beberapa buah yang terpilih. Banyak sumbernya dari youtube atau aplikasi lainnya .

Saya seleksi lagu yang disukai aja dan sering didengar. Playlist yang terpilih ini akan diputar terus menerus saat galau.  Nuansa sedih dari lirik itu seolah mewakili perasaan yang tercabik-cabik. Halaaah

Kadang kalau ngak ngerti nyeritaain apa liriknya, kalau terdengar sedih  didengarkan. Ha ..Ha

Ternyata, penelitian yang dilakukan profesor john slobodo dari Guildhal school of music and drama dan susan o'neil dari simon fraser university menyatakan bahwa dengan mendengarkan musik/lagu lambat dapat mengurangi efek negatif dari stres .

Pantas ya, habis dengarkan lagu sedih sedikit lega karena musiknya menggunakan tempo yang lambat , harmoni minor dan cukup konstan pada pitch dan volume .

Playlist yang menemani dari galau sampai berhasil sembuh saya kelompokan menjadi 4

1. Bahasa minang
Saya sengaja menjelaskan makna lagunya kalau ada yang tertarik mendengarkan walaupun kurang paham bahasa minang.he..he

Semua playlist minang ini disuarakan oleh Ratu sikumbang . Sebenarnya bukan fans,

  •  Nyo pulang ka badan

Lagu ini menceritakan kekasih yang ingkar janji dan meninggalkan setelah move on eeeh dia datang lagi

  •  Marawa- ratu sikumbang

Ini menceritakan pengantin yang tak sempat bersama, harusnya hari ini mereka duduk dipelaminan yang terjadi suaminya meninggal.

  • Takicuah dinan tarang

Menceritakan hubungan yang kandas tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Entah kenapa setiap ada acara lagu ini sering dinyanyikan.

  • Galak dipasandingan

Perempuan itu hanya sebagai persinggahan karena laki-laki udah punya pasangan dan mereka menikah dan diketahui oleh perempuan tersebut . Dueeh pedih

  • Patah bacinto- 

Cerita tentang hubungan yang putus dan sesekali kenangan itu muncul .Beruntung ketika rasa sakit datang bisa menenangkan diri dan percaya jodoh ditangan tuhan.

2.Indonesia

  • Surga Cinta -ada band
  • Salah-lobbow
  • manusia bodoh- ada band 
  • Dealova -once
  • samson-kenangan terindah
  • Singel happy -oppi anderesta ini lebih kepada penguat saja bahwa hidup takkan berakhir saat putus .Jomblo bukan hal yang memalukan .


3.korea
Saya ngak tau judul lagunya, ini sountrack dari drama my girlfriend guminho. Ngak tau juga tentang apa, tapi saya ngiranya tentang kasih tak sampai .

4.barat

  • Unbreak My Heart-Tony Braxton 
  • It’s so Hard To Say Goodbye To Yestersay-Jason Mraz
  • I"m your- Jason Mraz
Playlist yang jadul ya ,seperti yang saya  ceritakan diawal pendengar musik yang easy listening .

You Might Also Like

0 komentar

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

Join

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*