Bahagia Itu Sederhana , Lakukan Hal ini Untuk Mendapatkannya

December 17, 2018

Saya dulu pencari bahagia. Seiring berjalan waktu  baru memahami bahwa kebahagian itu diciptakan bukan dicari.

Menciptakan kebahagiaan itu tak sulit, asalkan tak melihat keatas yang menyebabkan mato kalimpanan. Lihatlah berapa banyak anak dari keluarga kaya yang merasa kesepian padahal dia bisa membeli apa yang diinginkan. Atau sebaliknya orang kaya yang merasa jauh dari anaknya karena selama masa kuatnya sibuk mencari uang demi kebahagiaan anaknya. Mereka tak ada komunikasi intens.

Hal lain yang dianggap bisa mendatangkan kebahagiaan adalah jabatan, prestasi dan popularitas tapi masih juga merasa ada yang kurang dalam hidupnya.  Jadi apa yang jadi masalahnya ?

Perbaikilah cara kita memandang kehidupan ini. Menciptakan  kebahagiaan jangan hanya dari materi semata.  Rasa bahagia itu datangnya dari jiwa.

Bahagia itu sederhana dan banyak disekitar kita. Kenapa harus mencarinya, menjadikan hidup ribet. Nikmat sehat saja sudah merupakan bahagia, sayangnya banyak yang abai dengan ini. Trus merasa gelisah dan mencari apa bahagia. Mutera-muter lagi kan ya ceritanya.

Cara menciptakan kebahagian. 

Kebahagian itu datang dari hati syaratnya pun tak sulit. Asalkan hati senang dengan suatu kondisi atau keadaan itu udah bahagia. Lalu bagaimana dengan hal yang bersifat materi dan prestise?  Benar bisa bikin bahagia, berapa lamakah itu?  Tanyakan pada hati , saat memiliki semuanya masikah ada merasa ruang kosong?

Tanda bahagia itu sederhana, ada merasa cukup,senang dan gembira yang intens.

Cara sederhana menciptakan kebahagiaan

1. Ubah sudut pandang tentang arti kebahagian
Bahagia itu keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan).  Jadi jangan heran ketika melihat orang yang hidup seadanya tapi tak terlihat raut kesusahan diwajahnya. 

2. Belajarlah untuk menghargai hal-hal kecil.
Sedikit demi sedikit, lama -lama jadi bukit. Begitu juga dengan bahagia. Nikmati hal-hal kecil dalam hidup, itu mampu memuaskan jiwa.

3. Berpikir positif
Isilah otak dengan hal-hal yang baik. Maknai setiap hal yang menghampiri sebagai hal positif, ini akan mengurangi beban dalam hati.
Tak bisa dipungkiri positif thingking itu berat,perlu latihan.

4. Bersyukur
Ketika mendapatkan nikmat sekecil apapun syukuri dan coba tengok orang disekitar kita. Dan selalu ingat bahwa jika tak besyukur nikmat akan dicabut. Kalau sudah hilang maka kebahagiaan takkan bisa didapatkan.

Kebahagian itu sebuah rasa yang seutuhnya dikendalikan oleh diri sendiri. Artinya setiap kita punya kebahagian tapi pengaruh lingkungan menyebabkan tak bisa 'melihatnya'.

Jika ada yang bertanya hal yang membuat saya bahagia adalah masih bisa bernafas dengan baik sampai detik ini. Diberi nikmat sehat, orangtua sehat,  suami yang tak mengekang dsbnya.

Adakah yang kurang, iya.. Manusiawi kok. Kita selalu ingin lebih tapi tetaplah menyukuri setiap hal yang diterima dalam hidup.

You Might Also Like

0 komentar

Beautynesia

beautynesia blogbeautynesia

Iblogmarket

IBX5A99EA8C4DE69

Like us on Facebook

blogger muslimah

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers