Tips Bahagia Dan Produktif Di Era Digital

November 23, 2018


Siap ataupun tidak kita harus mengikuti dunia digital yang terus bertumbuh dalam kehidupan. Rasanya taka ada celah yang tak dimasukinya dan berakibat pada perubahan dalam menjadi hidup.
Perubahan hidup yang terjadi dapat dilihat dari segi teknologi mekanik dan elektronik analog ke teknologi digital. Perubahan ini berlangsung sejak tahun 1980 sampai sekarang, jika dihitung rentang waktunya tidaklah lama. Banyak yang menyebut perubahan ini dengan nama revolusi  digital.

Harapan besar seseorang saat beralih pada dunia digital adalah kecepatan layanan yang diterima  . Contohnya ingin belanja tak lagi harus berkeliling cukup lakukan dimana saja secara online.

Harapan diatas akan terwujud jika ada keseimbangan perkembangan teknologi dan akses internet yang mumpuni . Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, pada tahun 2018 pengguna internet di Indonesia  berjumlah 143,26 juta orang atau sekitar 54,68 persen dari total penduduk Indonesia. Jumlah ini akan terus bertambah di masa mendatang terutama sejak adanya smartphone.

Hidup dimasa digital memiliki dua sisi baik dan buruk. Efek buruk seringkali memancing kejahatan seperti hilang privasi,kebocoran data pribadi dsb. Sebenarnya ini takkan terjadi jika kita berusaha bersikap kritis ,hati-hati dan berprinsip kehadirannya untuk mempermudah kehidupan.

Hal yang berubah sejak adanya digitalisasi adalah :
1.tidak adanya jarak

Dulu komunikasi selalu dikendalakan oleh jarak, masa digital tak berlaku. Kehadiran sosial media seperti Facebook, Twitter, whatsapp , Instagram dan lain-lain merupakan jawaban untuk jarak tersebut.

Siapapun bisa merasakan kedekatan walaupun jaraknya jauh. Bisa saling menatap wajah orang yang dikasihi layaknya sedang bertemu kapanpun dengan menggunakan video call.

Pola komunikasi online yang sering disebut sebagai mediated communication tak hanya menguatkan hubungan dengan orang yang dikenal saja. Menurut hasil penelitian  ia mampu membuka akses hubungan baru, serta membantu individu menyelesaikan masalah pribadinya

2.Memberikan kemudahan
Transaksi yang tarjadi masa digital tak hanya menguntungkan kaum urban semata, bahkan hingga ke desa. Contohnya petani kini lebih luas lagi jangkauanya tak semata -mata ke pasarpasar. Mereka bisa memasarkan ke situs jual beli online .

3.Hidup jadi lebih praktis
Tidak ingin antri yang lama dalam membayar listrik  dan air ,orang akan datang sepagi mungkin, era digital itu takkan terjadi. Cukup bayar dari rumah saja. Atau ingn berburu tiket murah tak harus bolak balik ke agen perjalanan,intai saja dari smartphone saat ketemu yang cocok langsung tangkap. Dan untuk membayarnyapun tak harus ke ATM .

4.Aktivitas tak terbatas waktu
Dunia serasa digengam ,begitulah keadaanya saat berada dimasa kini. Ingin belanja tengah malam bisa dilakukan, berbagai toko online atau e-commerce siap melayani. Atau harus transfer uang saat itu juga sedangkan hari libur, tak masalah cukup dari smartphone semuanya bisa terjadi. Kini aktivitas  tidak lagi dibatasi oleh waktu.

4.Belajar jadi lebih mudah bahkan gratis
Dulu orang tua saya harus menyisihkan gaji mereka demi bimbel anak-anaknya. Kini tak perlu lagi,adanya bimbel online yang murah dan dapat diakses dari smartphone.

Batasan belajar tak lagi di era digital ,  ibu rumah tangga bisa menambah pengetahuan dan keterampilannya dari internet sembari mengasuh anaknya.  Ingin mencoba peruntungan didunia blog dan youtube?  Bisa kok tanpa harus kursus, tinggal klik saja. Beragam kemudahan yang ditawarkan ini gratis cukup dengan mengisi kuota saja. Intinya siapa saja bisa belajar murah dari youtube dan tutorial

Keuntungan berada didunia digital janganlah membuat kita terlena bahkan kehilangan produktivitas, manfaatkan dengan sebaik mungkin demi menciptakan kehidupan yang bahagia.

Tipsnya sebagai berikut

  1. sesuaikan aplikasi yang diinstal dengan kebutuhan sehari-hari dan pekerjaan.  Jangan instal semuanya hanya untuk demi gaya-gayaan 
  2. Gunakan alat pembayaran seperti uang digital dan kartu berbasis teknologi. 

Setiap bank mengeluarkan uang digital yang bisa untuk bertransaksi. Pilihlah uang digital yang bisa bekerjasa dengan berbagai merchant.
Selain uang digital, bank juga mengeluarkan kartu berbasis teknologi. 

  3. Pilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan.
Jika seorang gamer akan berbeda ponsel pintarnya dibandingkan dengan youtuber dan blogger
Syarat bisa menikmati digitalisasi adalah adanya alat berteknologi tinggi seperti ponsel pintar dan jaringan internet.

Tips bahagia dan produktif bidan blogger 

Saya berprofesi sebagai bidan yang nyambi sebagai bloger maka butuh aplikasi yang mempermudah dalam bekerja.

Saat menjadi bidan saya butuh
  • petunjuk arah untuk menghindari nyasar saat harus mengunjungi rumah pasien. Aplikasi ini juga harus bisa memberikan alternatif jalan untuk menyiasati kemacetan.  Contohnya Waze dan Google Maps 
  • Aplikasi transportasi yang murah dan mudah seperti  GO-JEK, Grab, dan Uber.  Selain untuk transportasi GO-JEK bisa untuk mengantarkan barang dan pembelian makanan  
  • Aplikasi untuk kesehatan meliputi pemantau kalori,  memonitor olahraga yang  dilakukan
  • Apikasi pengingat
Kesibukan harian membuat kita sering melupakan hal penting seperti janji,bayar tagihan. Sehingga butuh asisten bukan, nah ada aplikasi yang bisa membantu  bernama Wunderlist, Trello dan sebagainya


Perkenalan saya dengan blog terjadi tidaklah sengaja. Blog merupakan media informasi yang banyak dicari karena bahasanya ringan sehingga mudah dimengerti .

Keinginan berbagi pengetahuan dan pengalaman membuat saya ingin mempunyainya . Oh iya blog ini merupakan
salah satu jenis website yang jika diseriusi memiliki banyak keuntungan seperti  mendapatkan penghasilan tambahan walaupun nominal kecil tapi sangat berarti ditanggal tua. Terutama bagi anak kos seperti saya yang merantau.

Keuntungan lainnya adalah mendapatkan teman baru dan ilmu. Cara membuat website itu mudah banget apalagi dijaman sekarang semua informasi banyak beredar  . Nah kalau masih bingung hubungi aja domainesia, akan dibantu sampai tuntas dan di sini ada domain dan hosting loh. Jika
terjadi error, Tim Support siaga 24 jam!

DomaiNesia menyediakan domain dan hosting murah dengan teknologi Cloud dan SSD yang akan membuat website memiliki performa secepat  kilat. Domain adalah alamat dari tempat file website tersebut, sedangkan Hosting adalah tempat menyimpan file website. Kedua hal ini wajib dimiliki oleh blog untuk melihat profesional atau tidak, banyak pemberi job menyukai blog yang sudah TDL


Selama ini saya lebih sering ngeblog dari smartphone sehingga butuh aplikasi yang menunjang produktivitas seperti :

  • Evernote
Aplikasi ini untuk mencatat banyak hal seperti nomor rekening, Catatan kuliah,catatan rapat. Bahkan untuk nulis postingan blogpun bisa.Ia disukai karena saat disimpan otomatis akan dapat diakses dari Web atau platform lainnya.

  • google drive
Dokumen /bahan untuk blog yang ada dilaptop kini bisa disimpan di Cloud . Jadi saat membutuhkannya tinggal buka saja dari ponsel pintar. Contoh aplikasinya Google Drive

  • edit photo
Sebelum mejeng diblog gambar butuh diedit,diberi watermark. Contoh aplikasinya adalah snapseed ,picsart, PhotosopMix dsb

Optimalkanlah smartphone yang dimiliki dengan bijaksana.Gunakan aplikasi yang sesuai dengan gaya hidup dan nikmati era digital dengan bahagia!

You Might Also Like

0 komentar

Beautynesia

beautynesia blogbeautynesia

Iblogmarket

IBX5A99EA8C4DE69

Like us on Facebook

blogger muslimah

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers