Memaksimalkan Blog Sebagai Penumbuh Kreatifitas

October 19, 2018

Kreatif harus dimiliki oleh setiap orang termasuk muslimah. Muslimah yang kreatif akan memberi manfaat besar untuk dirinya dan lingkungan.

Saat masih single manfaat kreatif mungkin belum begitu terasa tapi berbeda ketika menikah. Kreatif terasa penting banget dalam mengarungi hidup berumah tangga.

Peran muslimah sudah komplit dari biasanya, dia akan menjadi patner bagi suaminya dan madrasah pertama bagi anaknya. Apa jadinya jika generasi mendatang tidak kreatif, mereka hanya terpaku dan akan bergerak jika diperintah. Bila diibaratkan seperti robot,  pastinya hidup akan terasa hambar . *Semoga perumpamaan ini tak salah.

Permasalahannya adalah banyak orang yang meyakini dirinya tidak terlahir kreatif. Padahal, kreatif tidak harus selalu menemukan hal yang baru. Namun,mampu melihat sesuatu dengan cara berbeda dan baru yang bisanya tidak dilirik oleh orang lain.

Orang kreatif selalu menjadi role bagi lingkungannya dan tak jarang dimintai pendapatnya. Dia dianggap memiliki dada yang lapang sehingga mudah memecahkan permasalahan.

Ternyata kreatif itu bisa tumbuh dari pendidikan, lingkungan dan pola asuh .
Ketiga faktor ini harus diterapkan oleh orang tua . Dan akan lebih terasa jika muslimah (ibunya) mampu untuk menerapkan ini, sebab  dikesehariannya anak lebih sering interaksi dengan ibunya.

Lalu bagaimana dengan yang tidak bisa menikmati 3 faktor diatas, bukankah kita sepakat kreatifitas itu penting.

Muslimah yang sudah dewasa bahkan paruh bayapun bisa menciptakan kreatif , adapun dengan cara :
1. Jernihkan pikiran
Cara yang bisa dilakukan adalah dengan berpikir positif dan perbanyak kuota ibadah terutama yang di sunatkan seperti tahajud, dhuha,  sedekah dsb.

2.Ikatlah setiap ide yang datang.
Ide yang datang itu tidak terduga, mungkin saat itu juga belum bisa langsung dieksekusi. Perlu diikat dengan cara menuliskannya ke buku atau smartphone

2.Rajin mengupgrade diri
Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi lingkungannya dan orang kreatif akan selalu terpakai dilingkungannya. Agar tak tertinggal maka kita harus mengupgrade kemampuan . Jangan mudah merasa puas .

Saat ini berbagai keterampilan bisa dikuasai tanpa sekolah,syaratnya rajin membaca dan praktek. Berbagai tutorial beredar diinternet yuk manfaatkan kemajuan zaman

3. Jalin persahabatan dengan orang kreatif
Salah satu cara menumbuhkan kreatif dari lingkungan,maka dari itu bergaulah dengan orang yang tepat.
Berkumpul bersama orang kreatif dan bahkan menjadikannya sahabat sehingga kedekatan yang ada membuat mereka berani untuk memberi kritik dan saran.
Sebuah quote mengatakan "sahabat terbaik adalah dia yang mampu mengeluarkan apa yang terbaik dari diri kita.

5.keluar dari zona nyaman.
Banyak orang yang terlena dengan zona nyamannya dengan pasrah bahwa dirinya tidak terlahir kreatif. Yuk mulai dari sekarang lakukan lompatan, beranilah melakukan hal baru.

Untuk awalnya tidak harus fokus pada hal besar, cukup mengawali dari perbuatan kecil. Misalnya ubah sifat pemaksa dan berani speak up untuk utarakan pendapat.


Tumbuhkan kreatif dari blog

Profesi blogger saat ini sangat menjanjikan. Berbagai event lebih menyukai blog untuk media promosi hal ini dikarenakan tingkat kepo yang makin melangit.  Mesin pencari merupakan rujukan setiap ada masalah . Klik ...baca dan tak lama kemudian solusi pun ditemukan.

Bahkan orang tak mau lagi membeli kucing dalam karung untuk membeli produk baru. Mereka lebih senang mencari ulasanya dari blog. Informasi yang ada diblog lebih lengkap dengan bahasa yang mudah dipahami.

Blogger sebuah profesi yang terlihat santai bagi orang yang tak memahaminya. Mereka berpikir duh enaknya dapat ini itu ,diundang kesana kemari, duh bisa mencoba produk baru gratis . Nampaknya enak tapi semua itu perlu perjuangan untuk menciptakan konten yang kreatif.

Hei . . Blogger itu "malambuah"ingin dilirik perlu sesuatu yang beda. Mungkin ada yang menyarankan berniche ,sehingga persaingan tak padat merayap. Menurut saya general atau niche tetap akan selalu ada saingan berat ,jadi akan lebih baik menulis sesuatu dengan kreatif.

Blogger itu berat ,jika ingin menghasilkan karya berkualitas . Dimulai dari menemukan ide yang kadang suka mampet ngak jelas .Habis itu mikirin cara eksekusinya biar berbeda dari yang lain. Menyusun kalimat pun perlu diperhatikan jangan sampai membosankan atau kepanjangan yang membuat di skip. Seperti postingan ini yang lebih dari 500 kata semoga ngak bosan

Pendukung postingan harus dipikrkan juga seperti gambar yang nyambung dan infografis. Intinya kreatif dalam membuat postingan .

Kenapa muslimah harus kreatif?
Sebenarnya ini sudah terjawab yah, apa kita bahas lagi? ??

Saat mempunyai anak seorang wanita akan dilema di hidupnya . Stay at home atau Meninggalkan anak demi  membantu menopang perekonomian keluarga.

Hal ini tidak akan menjadi kegalauan mom working saat memutuskan resign demi anak dia sudah tau mau apa . Akan terasa pincang dari segi ekonomi jika resign terutama bagi si ibu.

Biasanya pelarian dari semua keadaan ekonomi itu adalah berjualan online ,nah ..Sayangnya tidak semua punya modal bukan. Trus gimana jika disituasi ini.?

Perlu memutar otak untuk menghasilkan uang tapi tidak meninggalkan anak bukan ? Nah. .Salah satu caranya dengan menjadi blogger . Profesi yang waktunya flexibel ,tapi perlu keatif dalam meramu postingankan?

Pelan tapi pasti energi kreatif akan hadir dalam diri setiap muslimah jika dia berusaha.



You Might Also Like

0 komentar

Beautynesia

beautynesia blogbeautynesia

Iblogmarket

IBX5A99EA8C4DE69

Like us on Facebook

blogger muslimah

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers