Pantangan Yang Dipatuhi Selama Program Kehamilan

August 08, 2018

Berusaha menaati semua instruksi dokter sebagai bentuk keseriusan mengikuti progam kehamilan. Instruksi ini dirasa berat dan kami saling menguatkan,nyatanya saat berpantang ini masih sempat curi-curi kesempatan melanggarnya.
Saya masih belum maksimal mengurangi makan dan minuman manis. Masih mencuri kesempatan menikmati rasa manis. Harusnya saya diet gula dan mencukupkan rasa manis dan dari buah. Artinya banyak makan buah, sayangnya saya pemilih dalam hal komsumsi buah.

Di dunia ini hanya durianlah yang tidak pernah saya  tolak. Bahkan nih, saya pernah langsung menyantapnya saat dibasoi orang.  Biasanya saya pemalu dalam makanan dan minuman, perlu beberapa kali ditawari oleh orang lain.

Diet manis itu berat membuat saya uring-uringan. Bagaimana tidak? Semuanya itu manis, coba lihat tak ada yang tidak menggunakan gula.

Dampak gula bagi kesuburan 

Kebiasaan makan dan minum manis sehari-hari ternyata sangat berpengaruh pada sistem reproduksi.  Bahkan menyebabkan memperburuk masalah kesuburan yang sudah ada.  Ie...eeee serem.

Selain komsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula atau dengan tambahan pemanis harus dihindari, karbohidratpun harus dibatasi . Sayangnya banyak orang  melupakannya ,termasuk saya .

Mereka tetap makan tinggi karbohidrat,  padahal hasil dari karbohidrat yang dikonsumsi akan dipecah menjadi gula selama pencernaan, kemudian diserap oleh aliran darah yang dikenal sebagai gula darah (glukosa). Dibantu insulin,  glukosa akan memasuki sel tubuh. Jika terdapat glukosa berlebih, maka disimpan dalam bentuk glikogen (gula) di hati dan di otot.

Glukosa merupakan bahan bakar ya dan idealnya harus seimbang antara yang masuk dan keluar. Nyatanya tertumpuk akibat tidak ada aktifitas fisik yang menguras tenaga .

Tumpukan glukosa makin menggunung jika dibarengi dengan kebiasaan komsumsi yang manis. Hadeh.... Ini tidak bisa dibiarkan sebab berbahaya untuk kesehatan.

Cara terbaiknya adalah dengan mengurangi asupan yang manis serta memperhatikan jenis karbohidrat yang masuk dalam tubuh. Ada dua jenis karbohidrat yaitu sederhana dan kompleks.

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses dalam tubuh, jika dibandingkan karbohidrat sederhana. Sisi baiknya, karbohidrat kompleks akan memberikan energi secara konsisten, tanpa membuat tubuh mendapat asupan berlebihan secara tiba-tiba.

Gula merupakan bentuk sederhana dari karbohidrat, sementara tepung dan serat merupakan karbohidrat kompleks. Gula sederhana termasuk fruktosa, serta sukrosa dan laktosa dalam buah, sayur, susu, dan produk olahan susu. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks berarti terdiri dari berbagai jenis gula yang berbeda.

Ada beberapa jenis makanan yang mampu memberikan fungsi karbohidrat yang optimal bagi tubuh. Jenis makanan tersebut antara lain biji-bijian utuh dan roti yang mengandung bahan tersebut, nasi merah, pasta atau sereal dari gandum utuh, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan.

Memperhatikan jenis karbohidrat yang masuk dalam tubuh harus diperhatikan semua orang termasuk bagi yang sedang program kehamilan .

Beberapa studi menunjukkan bahwa asupan rendah karbohidrat memiliki hubungan pada keberhasilan program bayi tabung (IVF).

Intinya karbohidrat harus selektif masuk perut dan gula pun harus dibatasi. Ketidakseimbangan glukosa dalam aliran darah pada sistem reproduksi akan memberikan dampak negatif  seperti ;
  • Jika glukosa rendah tubuh terasa lemas sehingga merangsang hormon stres(adrenalin dan kortisol ). Kondisi yang terus menerus seperti ini akan mempengaruhi hormon progesteron yang menyebabkan siklus menstruasi menjadi kacau 
  • Jika glukosa tinggi tubuh akan mengeluarkan hormon insulin .Keberadaan hormon insulin yang terlalu banyak terutama di indung telur akan menciptakan resistensi insulin. Ini merupakan faktor utama pemicu resiko PCOS dan bisa menyebabkan kerusakan sel telur 

Duh. ..Bahaya banget kan.

Berpantang karbohidrat bukan hal yang sulit secara saya makan dikit berbeda dengan yang manis. Godaanya besar banget,  Sulit!😥

Selain dua diatas, hal lain yang harus dilakukan adakah rutin minum obat, hilangkan hobi begadang,  tidak banyak pikiran, olahraga teratur

Kamu pemikir sejati "cetus si uda. Bagaimana tidak, setiap hal yang remeh temehpun saya pikir. Kadangkala pemikiran itu membuat stress, padahal ini bisa mengganggu ovulasi .

Khusus untuk suami ada pantangan yaitu rokok. Rasanya puas banget saat dokter berkata"harus stop rokok saat program". Dan saya ngakak diruang periksa karena si uda puasa merokok. Huf . Akhirnya rokok menjauh dari kehidupan kami.
Rokok dan infertilitas
Rokok berbahaya untuk kesuburan, dapat mengurangi jumlah sperma dan kemampuannya, varikokel ,dan sulit penetrasi.

Selama ini yang dipahami berdampak untuk kesuburan, jika melihat image diatas ieee. ..serem

Baca: dua sisi iklan rokok 
Tumpukan zat berbahaya dalam rokok akan merusak sperma yang merupakan sumber oksidasi stres .

Perdebatan panjang tentang rokok dan berbagai upaya saya memaksanya berhenti merokok. Berakhir saat dokter menyuruhnya stop .
Hore 😎

"Berpantang itu berat apalagi jika terkepung  lingkungannya perokok, tapi demi tercapai tujuan harus ditaati " demikanlah tekad si uda . Kata-kata ini menjadi penguat disaat saya jenuh dengan pantangan manis .





You Might Also Like

0 komentar

Beautynesia

beautynesia blogbeautynesia

Iblogmarket

IBX5A99EA8C4DE69

Like us on Facebook

blogger muslimah

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers