Kenali Tahapan Persalinan kembar

May 31, 2018



Ada rasa bahagia yang berlipat setelah meninggalkan ruangan dokter obgin. Kalau tidak malu dengan pasien lain ingin bersorak,  hore.... . 

Cukuplah senyum merekah perwakilan dari rasa bahagia ini .Hasil USG kali ini menyatakan bahwa ada 2 sel telur yang matang. Ini adalah efek dari obat kesuburan yang akan menstimulasi pelepasan sel telur lebih dari 1 diwaktu bersamaan.


Artinya ada peluang besar terjadi kehamilan kembar . Sebenarnya 1 sel telur saja bisa terjadi proses kembar dan ini dikenal dengan nama kembar identik . 

Saya sangat menginginkan anak kembar,hal ini dikarenakan mereka memiliki tingkah laku yang unik dan keistimewaan tersendiri.  Akhirnya impian yang selama ini sempat terkubur bisa diwujudkan .

Saya sempat melupakan keinginan ini saat tidak menemukan jejak kehamilan kembar pada keluarga kami . Tidak bisa dipungkiri faktor genetik merupakan hal yang paling utama dan berpengaruh.

Selain genetik ,faktor lain yang berpengaruh terjadinya hamil kembar adalah :
1.memiliki berat badan berlebih atau overweight
Hasil penelitian oleh collage obseterycs gynecology menyatakan bahwa kehamilan kembar sering terjadi pada indeks masa tubuh(IMT) lebih dari 30 dan didukung juga dengan sejarah keluarga kembar .*Tak satupun dimiliki

2. Usia saat mengandung
Semakin tua usia ibu saat mengandung maka makin besar angka kejadian kehamilan kembar. Kehamilan pertama kali pada usia 35 tahun memiliki kemungkinan kehamilan kembar dua kali lebih besar. 
Hal ini disebabkan tubuh memproduksi lebih banyak FSH , sebuah hormon yang memicu  untuk mengeluarkan sel telur lebih dari 1 setiap bulannya. *no ..  Usia saya belum nyampe segitu .

3.Ras
Kehamilan kembar lebih sering terjadi pada ras afrika amerika ketimbang ras asia .

4. Jumlah anak yang pernah dilahirkan
Jika sudah pernah melahirkan ada kemungkinan memiliki anak kembar dibandingkan yang baru pertama kali hamil

5.Penggunaan obat kesuburan 
Saat program kehamilan saya mengkonsumsi obat prifertil dan clomid yang membuat sel telur matang lebih dari 1

6. program bayi tabung (in vitro fertilization) 
Kemajuan teknologi membuat program bayi kembar bisa dilakukan.  Program bayi tabung memiliki kemungkinan menghasilkan embrio yang lebih dari satu didalam rahim
Dari kesemua itu penggunaan obatlah yang memungkinkan bagi saya .

Tahapan persalinan kembar

"Jika anak kita kembar siapkah dirimu nyang? " pertanyaan ini dilontarkan oleh si uda saat kami berada di apotik .

"Sebenarnya saya sedikit gugup tapi saya percaya sinergi dokter dan teknologi akan membantu kelahiran kembar . Pada dasarnya kelahiran kembar sama dengan tunggal adapun perbedaannya saat prosesnya akan lahir 2 bayi sekaligus. Saya akan menyiapkan mental dengan mencari tahu tahap dalam persalinan kembar ,jika tiba masanya tidak bingung"ucap saya
"Sembari menunggu obat bagaimana jika kita searching proses melahirkan kembar ,nyang? usul si uda.

Adapun tahap persalinan bayi kembar  :
1.untuk melihat kondisi bayi didalam kandungan akan dipasang alat monitor pada perut ibu

2.Jika ketuban telah pecah akan dipasang Fetal Scalp Clip dikepala bayi, tujuannya untuk memantau aktivitas jantungnya . Alat ini aman bagi ibu dan bayi 

3.Seperti kelahiran tunggal pada umumnya jika terjadi kontraksi dokter dan timnya akan membantu ibu melahirkan bayi. 
Jika Kontraksi kurang kuat biasanya dirangsang dengan memberikan 
infus yang berisi cairan dan obat.

4.Pemberian bius
Berbicara bius akan terbayang tindakan medis yang agak berat dari biasanya. Kelahiran kembar normalpun butuh bius, bius yang diberikan ini epidural.
Efek bius ini membuat ibu masih bisa mengejan saat melahirkan.

Ada kondisi dimana caesar harus dilakukan yaitu kondisi anak tidak baik, letak sungsang dan placenta previa.  

Ketika melahirkan operasi caesarpun ibu diberikan bius pada bagian bawah panggul. Bius ini membuat mati rasa tapi ibu masih sadar sehingga bisa melihat kelahiran anaknya. Bayi akan dilahirkan satu persatu disesuaikan dengan posisi placenta didalam kandungan.

 "Ternyata kelahiran kembar itu tidak harus caesar ya. Dan nampaknya lebih komplek dibandingkan persalinan tunggal dan membutuhkan lebih banyak tenaga medis" tanggapan si uda setelah selesai membaca atikel.

"Proses melahirkan caesar akan selalu ada resiko apalagi kembar.Walaupun begitu dalam 4 dari 10 persalinan kembar berakhir dengan cara normal . Syarat melahirkan normal adalah ibunya sehat bayi pertama tidak sungsang dan tidak ditemukan komplikasi. "

Lega... setelah membaca artikel persalinan kembar. 

"Persalinan ini membutuh banyak tenaga medis dibandingkan kelahiran 1 bayi. Semakin banyak bayi yang dikandung maka akan banyak tenaga medisnya. 
Dokter kandungannya cukup satu ,dokter anak , kadang juga butuh dokter anastesi tapi bidan dan perawat bayinya lebih banyak. Mereka(bayi-bayi) memiliki jarak kelahiran dalam hitungan menit . Saat si kakak lahir tak lama adik kembar akan lahir ."tutup saya



Sumber:
1.https://m.detik.com : faktor yang pengaruhi hamil kembar selain keturunan
2.http://www.beritasatu.com : faktor-yang-memengaruhi hamil kembarkembar
3.https://indonesiana.tempo.co/Tips Supaya-Bisa Persalinan Normal Meskipun Bayi Kembar

You Might Also Like

0 komentar

Beautynesia

beautynesia blogbeautynesia

Iblogmarket

IBX5A99EA8C4DE69

Like us on Facebook

blogger muslimah

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers