Indonesia Sehat Bersama PT Astra

December 10, 2017

Kesehatan merupakan investasi untuk peningkatan kualitas Sumber daya manusia sehingga bisa mendukung pembangunan.
Bicara masalah kesehatan tidak akan habisnya, sebab akan menyangkut segala aspek seperti dari tenaga kesehatan, masyarakat, kebijakan yang berkaitan dan akses(faktor geografi).

Masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat merupakan tanggung jawab bersama, kita tidak bisa membebankan hanya kepada pemerintah saja .

Pihak lain perlu mendukung program pemerintah terhadap peningkatan kesehatan masyarakat. PT Astra menyadari hal tersebut,mereka berpartisipasi aktif mengadakan berbagai program kesehatan di lokasi sekitar instalasi.

Agar pelaksanan program terutama dibidang kesehatan maksimal dan tepat sasaran Grup Astra telah mendirikan sembilan yayasan .

Dalam melaksanakan kegiatannya yayasan ini berfokus pada empat pilar, yaitu Astra untuk Indonesia Sehat, Astra untuk Indonesia Cerdas, Astra untuk Indonesia Hijau Astra untuk Indonesia Kreatif.

Kesehatan masyarakat sangat penting untuk menunjang keberlanjutan, baik individu, perusahaan, dan negara. 

Astra untuk Indonesia  sehat bisa terwujud dengan adanya partisipasi aktif gerakan peduli kesehatan dengan fokus kegiatan diutamakan pada kesehatan ibu dan anak.

Pada 5 Juli 2011, bersama Kementerian Kesehatan RI SATU Indonesia (Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia) meresmikan program Kampanye Ibu dan Anak Sehat (KIAS) di Puskesmas Tanjung Priok, Kelurahan Kebon jakarta Utara .

Aksi untuk kesehatan anak dilakukan secara berkala seperti mengadakan penyuluhan, pemberian makanan tambahan setiap bulannya melalui Posyandu . 

Program kesehatan diantaranya: “Mobil Kesehatan Astra” (mokesa) yang merupakan pengobatan gratis bagi warga sekitar yang kurang mampu dengan pemberian kupon untuk berobat yang penyebarannya dilakukan oleh pihak kelurahan yang terkait.

 Pemberian kacamata gratis yang diberikan ke lima wilayah perbatasan dan terluar Indonesia, yaitu: Sabang - Aceh; Entikong - Kalimantan Barat; Nunukan - Kalimantan Utara; Atambua - Nusa Tenggara Timur, dan Merauke - Papua. Kegiatan ini diadakan pada tahun 2014-2015, dan sebanyak 9.048 kacamata telah dibagikan.

 Pada bulan Juni 2011 Daihatsu Sales Operations (DSO) mengadakan program “Daihatsu Peduli Thalassaemia”  with fun day,  pemberian dana untuk operasi Colostomy terhadap anak-anak yang menderita penyakit Malformasi Aorektal  .

Tidak terasa sudah 60 tahun PT astra berdiri dan sebagai bentuk syukur diadakanlah setahun  kegiatan Inspirasi di 5 kota besar Indonesia.

Setiap kota yang dikunjungi  memiliki tema berbeda disesuaikan dengan 4 pilar dan saat diadakan disesuaikan dengan hari penting di Indonesia seperti hari bumi,hari pendidikan dan hari kesehatan.

Pada tanggal 28-30 April 2017 merupakan hari bumi dan diadakanlah di kota jogja mengangkat tema Astra Hijau. Daerah Balikpapan menggunakan tema cerdas dan bertepatan dengan hari  Hari Pendidikan Nasional dan dilaksanakan pada tanggal 19-21 Mei 2017. Kota besar lainnya Jakarta, Balikpapan, Surabaya ,Medan dan makassar.

Kota terakhir dan merupakan Puncak dari HUT PT Astra International Tbk adalah Makassar .Acara ini diadakan  pada 17-19 November 2017 .


Tema yang digunakan di Makassar adalah Astra Sehat dan diadakan pada hari kesehatan nasional  pada 12 november. Di sini diadakan berbagai kegiatan yang dapat menginspirasi hidup sehat  seperti konsultasi dan pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, peduli thalasemia , pelatihan tenaga parliatif kanker ,talkshow dan Fun Walk.


Astra menginpirasi semua pihak bahwa kesehatan merupakan tanggung jawab sosial. Kontribusinya menjadi Inspirasi dalam pembangunan negara.

Program peningkatan kesehatan yang dilakukan oleh astra grup ini sejalan dengan salah satu butir Catur Dharma 'Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara'

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers