Perjalanan Inspirasi Astra Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

December 31, 2017


Tidak terasa sudah 60 tahun perjalanan PT Astra di Indonesia. Dalam jangka waktu yang panjang itu mereka selalu memberikan yang terbaik untuk kemajuan bangsa.
Hal ini sesuai dengan filosofi perusahaan yang tertuang dalam Catur Dharma, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.”

PT astra bisa bertahan lama karena mereka memiliki hubungan yang baik kepada karyawannya dan masyarakat disekitar.Hubungan ini bersifat timbal balik, dilakukan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap social maupun lingkungan.

Terjadi perubahan paradigma,perusahaan tidak semata mencapai keuntungan saja tapi juga harus memperhatikan lingkungan sekitar perusahaan.  Kegiatan ini bernama Corporate Social Responsibility (CSR)

Selain CSR PT Astra juga mempunyai kegiatan bernama Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia).

 Satu Indonesia memberikan kontribusi untuk meningkatkan kualitas masyarakat  melalui karsa, cipta dan karya. Diharapkan bisa nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Kedua kegiatan ini memiliki tujuan untuk kemajuan bangsa dan dilakukan oleh perusahaan secara berkelanjutan.

Dalam melaksanakan kegiatannya grup astra mendirikan 9 yayasan dan akan berkoordinasi untuk menyusun perencanaan dan programnya.

Ada  empat pilar yang digunakan grup astra yaitu Astra untuk Indonesia Sehat, Astra untuk Indonesia Cerdas, Astra untuk Indonesia Hijau dan Astra untuk Indonesia Kreatif.

Astra untuk Indonesia Cerdas


Mencerdaskan kehidupan bangsa , ini merupakan amanat dari kemerdekaan dan akan tercapai jika semua pihak berkontribusi .

PT Astra menyadari hal ini dan berusaha meningkatkan mutu pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Caranya dengan mengadakan pelatihan dan pembangunan fasilitas pendidikan.

Contoh program dibidang pendidikan yang telah dilakukan :
1.Rumah Pintar
Rumah pintar ini berdiri berkat kerjasama PT astra dengan istri kabinet Indonesia bersatu. Disini tidak hanya untuk belajar tapi juga bisa untuk tempat diskusi .

2.Pendidikan Daerah Pra-Sejahtera
Sebanyak 50 sekolah didaerah prasejahtera yang terletak di wilayah Lampung, Gunung Kidul, Bantul, Leuwiliang-Bogor, Pacitan, dan Kalimantan Timur dilakukan pembinaan. Tugas pembinaan ini dilakukan oleh Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR),

3.pemberian Beasiswa dan Bantuan Fasilitas Pendidikan
Beasiswa diberikan oleh yayasan Toyota Astra (YTA) kepada pelajar. Selain itu ada bantuan untuk riset yang dilakukan oleh dosen yang sedang mengerjakan penelitiannya.

4. Politeknik Manufaktur Astra
Melalui Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) dan Politeknik Manufaktur (Polman) Astra, dibentuklah institusi pendidikan dalam bidang teknologi, khususnya pada bidang yang terkait otomotif dan sumber daya alam, untuk menghasilkan lulusan siap pakai dengan kualitas terbaik di Indonesia.

Astra untuk Indonesia Sehat


Selain daerah disekitar perusahaan, grup astra juga menaruh perhatian pada didaerah lainnya. Mereka membuat program kesehatan  seperti:

1. Mobil Kesehatan Astra (MOKESA)
Wilayah DKI Jakarta dan Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi mendapatkan pelayanan mokesa seperti
pemeriksaan dasar, pemeriksaan darah, dan pemeriksaan gigi bagi siswa PAUD. Kesemua tindakan ini gratis.

2. Pembinaan POSYANDU berbasis IT
3.  menggagas gerakan GeneAKSI Sehat Indonesia (GSI).
 GSI begitu prihatin dengan kondisi anak yang mengalami kelainan refraksi sehingga memberikan kacamata gratis.

Astra untuk Indonesia Kreatif


YDBA  melakukan pembinaan dan pengembangan UMKM  dengan  mendirikan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) .

 Selain itu untuk mendapatkan pembiayaan didirikanlah Koperasi atau Lembaga Keuangan Mikro yang bisa dipergunakan eh UMKM

Astra untuk Indonesia Hijau

Lingkungan hal penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Kerusakan lingkungan tidak hanya berdampak pada masyarakat sekitar saja tapi diluar juga ikut merasakannya.


 Program lingkungan yang diinisiasi oleh Astra:
1.ASTRA Forest
Grup astra melakukan penghijauan didaerah Cianjur dengan penanaman 1.000 pohon baru. Sejak tahun 2008 hingga saat ini, Astra telah menanam sebanyak 4.501.512 pohon di banyak wilayah di seluruh wilayah Indonesia termasuk di daerah Cianjur.

2.Kampanye gaya hidup ramah lingkungan bersama Astra
Astra Green Lifestyle (AGL) dilakukan setiap tahun sejak 2011 dibeberapa kota besar seperti Jakarta, Palembang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Makassar, dan Mamujuuntuk.

3. Membentuk Kampung Berseri Astra (KBA)
4.bersama dengan pemda membuat ruang terbuka hijau (RTH)     

Hubungan kedalam dan keluar harus seimbang, Grup astra menyadari hal itu sehingga melakukan berbagai program yang ditujukan untuk karyawan muslim.

Melalui  yayasan amaliah astra(YAA) dilakukan kegiatan di bidang keagamaan . Selain itu pemberian zakat, infaq dan sedekah akan difasilitasi oleh YAA.

Perayaan HUT 60 Tahun Astra yang penuh inspirasi 


Dalam rangka menyambut ulang tahun
diadakanlah kegiatan inspirasi diberbagai kota di Indonesia.

Pada setiap peringatan HUT di kota-kota tersebut, diberikanlah tema berbeda berdasarkan 4 pilar tersebut serta diadakan pada momen hari penting.

Bersamaan dengan peringatan Hari Bumi pada tanggal 28-30 April 2017, di kota Yogyakarta diadakanlah “Astra Hijau”

Di Balikpapan diadakanlah “Astra Cerdas” yang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional yaitu pada19-21 Mei 2017.

 Astra Kreatif" sebagai bentuk perayaan HUT 60 tahun Astra diadakan di Surabaya. Kegiatan ini bertepatan dengan Hari Koperasi Nasional.

 Makassar merupakan kota terakhir dalam rangkaian HUT 60 tahun astra. Tema “Astra Sehat”dilangsungkan bertepatan dengan Hari kesehatan nasional  pada 17-19 November 2017.

Berbagai kegiatan yang dilakukan di Makassar seperti konsultasi dan pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, peduli thalasemia oleh Daihatsu Sales Operation Makassar, pelatihan tenaga parliatif kanker oleh Yayasan Kanker Indonesia dan Fun Walk.

Pt astra tidak hanya memberikan inspirasi pada masyarakat sekitar tapi juga pada perusahaan lainnya.  Mereka berkontribusi pada semua orang termasuk masyarakat disekitar perusahaan.

Keberhasilan dari Perjalanan panjang astra tidak lepas dari peran semua pihak. Grup astra kompak dengan masyarakat dengan melakukan program csr dan satu Indonesia.

Astra berhasil menginspirasi semua pihak, bahkan ketika ulangtahunnya mereka  masih melakukan kegiatan csr selama setahun dengan menerapkan 4 pilar.

You Might Also Like

1 komentar

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

Join

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*