Teman Sehat Untuk Hidup Lebih Sehat

November 19, 2017



Sehat itu merupakan salah satu nikmat terbesar, apapun yang dilakukan tidak akan maksimal jika tubuh sakit. Bahkan kebahagian besar akan terasa cacat jika tubuh tidak fit dan untuk itu nikmat sehat harus dijaga.
Cara menjaga kesehatan itu dimulai dari bagun tidur sampai tidur lagi dimalam hari dan ini dilakukan terus menerus. Sayangnya banyak dari kita terlena dengan sehat dan baru akan bertindak jika tubuh mulai tidak nyaman. Lupa dengan pribahasa sedia payung sebelum hujan.

Selama ini kita hanya berfokus pada kesehatan tubuh semata dan melupakan kesehatan lain seperti jiwa, dan sosial. Padahal ketiganya harus sama dijaga dan tidak boleh berat sebelah,cenderung lebih fokus pada tubuh  semata. Sehingga harapan untuk menciptakan hidup produktif tidak terlaksana.

Sebenarnya menjaga kesehatan itu tidaklah sulit asalkan bisa menghancurkan belenggu kemalasan, berpikir positif, melaksanakan ajaran agama dan mau bersosialisasi.

Menjaga kesehatan diawali dari mencegah hal yang tidak baik pada kesehatan tubuh, adapun caranya dengan menerapkan pola hidup yang sehat yaitu;
1.memelihara kesehatan diri atau dikenal dengan personal hiegien.
Pemeliharaan kesehatan ini dimulai dari rambut sampai dengan kaki. Artinya kesehatan seluruh jasmani dengan cara mandi,  keramas, berpakain bersih dan menggosok gigi.

2.cukup tidur dan istirahat
Kebutuhan tidur jika tidak terpenuhi bisa membuat fokus terganggu bahkan depresi. Tidur itu penting untuk mengistirahatkan seluruh pikiran dan tubuh.
Kebutuhan tidur berbeda berdasarkan rentang umur, makin muda tidurnya lebih lama.Pada dewasa kebutuhan tidurnya adalah 8jam.

Selain tidur, Istirahat juga harus ada dalam kehidupan. Harus selalu diingat Istirahat dan tidur tidaklah sama, istirahat adalah berhenti beberapa saat dalam melakukan sesuatu dengan tujuan merilekskan tubuh.

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah memaksa tubuh bekerja terus menerus tanpa ada jeda dan hanya akan berhenti ketika lelah. Tubuh itu ada batasan dalam beraktifitas, jadi harus istirahat dalam beberapa jam walaupun belum lelah.

3.makan bergizi dan cukup serat
Makanan harus seimbang zat gizinya dan juga harus ada serat. Biasanya serat banyak ditemukan pada buah-buahan. Komsumsi buah dan sayur harus dilakukan setiap hari.

Hal lain yang harus diperhatikan selain kelengkapan gizi adalah penggunaan garam, gula dan penyedap makanan. Ketiganya boleh digunakan tapi dalam ambang batas tertentu.  Makan junkfoodpun harus dihindari.

4.air putih juga harus terpenuhi jumlahnya
Air putih mutlak diminum setiap hari,minimal 8gelas. Selain itu keberadaan air putih tidak bisa diganti dengan yang lain. Jadi tidak lagi makan dimix dengan es teh atau juz. Walaupun sama cair tapi berbeda.

5.olahraga
Hal yang paling malas dilakukan adalah olahraga. Kegiatan menggerakkan tubuh dan mengeluarkan keringat ini minimal dilakukan 1kali seminggu. Olahraga penting dilakukan demi mendapatkan tubuh yang bugar.

6.Hindari kebiasaan buruk seperti merokok, miras dan narkoba.

7.hindari stres
Stress berpengaruh  tidak hanya pada psikis tapi juga pada tubuh. Orang yang stres akan lebih udah terkena penyakit sebab dayabtah tubuh melemah.

8.lakukan check up secara priodik
Akan lebih baik jika bisa melakukan general check up yang meliputi seluruh tubuh. Jika tidak bisa setidaknya melakukan pemeriksaan Tekanan darah dan laboraturium.

Banyak hal yang harus dilakukan demi mendapatkan kesehatan. Kesemua itu terasa berat jika dilakukan sendiri, kalaupun bisa sendiri kadangkala tidak semuanya bisa dikerjakan maksimal.

Dijaman teknologi ini itu tidak akan jadi masalah jika ada aplikasi dengan fitur sederhana tapi mencakup pola hidup sehat. Aplikasi itu  bernama teman sehat. Aplikasi ini berisikan cara hidup sehat yang komplit dimulai dari bangun tidur sampai kembali keperaduan lagi.

Sesuai dengan namanya teman sehat, seperti teman yang selalu ada dan mengingatkan jika lupa. Didalam aplikasi ini bisa ditemukan cara hidup sehat meliputi menu makanan yang sehat, kebutuhan tidur,kebutuhan minum, gerakan olahraga sederhana yang bisa dilakukan dirumah. Selain itu juga ada alarm untuk mengingatkan pemiliknya,reward dan bahkan games yang bisa menyegarkan otak sehingga bisa mencegah stres. *Sabana sero

Teman sehat akan menambah pengetahuan sebab didalamnya ada berbagai informasi kesehatan termasuk tanda bahaya yang harus diwaspadai , sehingga pengunduhnya bisa mendapatkan penangan dengan segera.

Teman sehat ini merupakan aplikasi dummies yang mencakup pola hidup sehat yang harus diterapkan. Aplikasi ini bisa digunakan oleh setiap orang yang ingin sehat sebab informasi yang diberikan didalamnya berisikan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami.

Aplikasi ini cocok dengan defenisi sehat yaitu mencakup kesehatan pada 3aspek yaitu tubuh, jiwa dan lingkungan. Ingin sehat tubuh dan lingkungan baca semua informasi dan ikuti gerakan olahraga. Lagi suntuk yuk ngegames.

Apabila aplikasi ini benar-benar dapat diakses oleh masyarakat luas tentu sangat membantu sekali ya kan? sehat tidah hanya sekedar mengetahui saja tapi bisa menerapkannya. Orang tidak perlu download banyak aplikasi di smartphone seperti olahraga, menu makanan, info kesehatan, games. Kesemua itu cukup dalam 1 aplikasi dengan fitur sederhana. Menerapkan pola hidup sehat tidak perlu repot dan mahal ,bukankah smartphone telah menjadi kebutuhan dizaman sekarang.

IWIC sebagai wadah kreativitas


IWIC 11 itu adalah even tahunan dari Indosat yang bernama Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC). Saat ini even IWIC telah dilakukan sejak 2006 dan secara konsisten terus menerus melakukan inovasi dalam menyelenggarakan even yang bertujuan untuk mengembangkan karya anak bangsa.

IWIC merupakan tempat menyalurkan ide atau aplikasi yang diharapkan memudahkan dalam melakukan aktivitas harian. Setiap orang tanpa memandang latar belakang pendidikannya bisa ikut serta disini untuk mengajukan proposalnya.

Kebetulan ada even IWIC 11 yang sedang diadakan pada penghujung tahun ini. Jadi ide tentang aplikasi teman sehat ini akan  saya ajukan ke even IWIC 11 dan berharap dapat terealisasi.



You Might Also Like

0 komentar

Beautynesia

beautynesia blogbeautynesia

Iblogmarket

IBX5A99EA8C4DE69

Like us on Facebook

blogger muslimah

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers