Rasakan Manfaat Rutin Mengkonsumsi Ayam dan Telur

October 05, 2017

"Musim dingin gini enaknya makan yang panas, sayangnya lagi marger (malas gerak)"kata suami

" Kenapa malas nyang,keluar rumah tidak akan membuatmu beku,palingan basah kena hujan"saya menanggapi perkataan suami dengan bercanda. Suami minta dibuatkan sesuatu tapi saya sengaja belagak ngak paham.

2 hari ini hujan awet membuat saya malas keluar rumah untuk belanja. Beruntung kulkas masih ada stok bahan makanan yang tahan lama yaitu ayam dan telur.

Ketika saya lagi malas bergerak untuk ke pasar atau mau masak yang cepat dan simpel maka telur atau ayamlah pilihannya. Sup cocok untuk cuaca dingin, tak butuh waktu lama sup ayam terhidang dimeja makan.

Telur banyak kegunaanya sebagai bahan untuk kue, bahan aneka masakan,  menambah stamina dan vitalitas serta untuk kecantikan.

Begitu juga dengan ayam, rasanya yang lezat dan bisa dibuat berbagai makanan seperti digoreng,disambel,ayam bumbu, ayam pop, sup, isian sandwich, sate bahkan bisa direndang.

Kita semua ingin hidup sehat dan bisa melahirkan generasi yang cerdas, untuk itu asupan makanan harus diperhatikan. Makanan bergizi tidak harus mahal, sehingga untuk pemenuhannya kita memilih tahu dan tempe. Menu harian tidak lepas dari keduanya dikarenakan dompet tidak sanggup membeli susu dan daging. Sebenarnya ada sumber yang murah dan sehat kok bernama telur.

Telur memiliki kandungan gizi yang lebih baik dari susu.Kandungan gizi didalam telur sudah lengkap. Telur juga digunakan sebagai standar sejumlah makanan dari segi gizi,bahkan proteinnya diberi nilai 100 dan bahan lain tak ada yang setara dengannya.

Kelebihan lainnya adalah protein dalam telur lebih mudah diserap dan digunakan oleh tubuh secara efisien.


Permasalahannya komsumsi telur dan ayam masih minim,berdasarkan data pemerintah dalam setahun seseorang hanya komsumsi 100 butir  saja.

 Rendahnya komsumsi ini disebabkan ;
1.ketakutan bahwa telur akan menaikkan kolesterol
Kolesterol itu ada dua jenis yaitu kolesterol "baik" atau high density lipoprotein (HDL) dan kolesterol "jahat" atau low density lipoprotein (LDL). Kolesterol "jahat" dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Telur mengandung HDL, tapi jika ingin kolesterol dalam batas aman maka batasi asupan kolesterol dari Sumber lain seperti produk susu yang tinggi lemak

2.percaya mitos telur akan sebabkan bisul
Mitos ini begitu subur dimasyarakat ,pada kenyataaanya kasus ini sangat jarang terjadi. Orang dengan riwayat alergi haruslah berhati-hati dalam mengkomsumsi telur batasilah konsumsinya.
Komsumsi harus memperhatikan riwayat kesehatan, kelamin, dan aktivtas fisik.

3.Tidak tahu dengan gizi yang ada didalamnya sehingga cara makan telur yang salah. Maksudnya sebutir telur dimakan bersama, jadi gizi tidak akan maksimal masuk kedalam tubuh.

Pada ayam, komsumsi rendah disebabkan oleh:
1.takut terkontaminasi hormon
Tampilan ayam broiler yang besar dari ayam kampung membuat ada kecurigaan disuntik hormon. Jika mengkonsumsi dikhawatirkan hormon akan ikut termakan dan berdampak pada kesehatan.

  Hal itu tidak benar, harga vaksin yang berisi hormon itu sebesar Rp 65.000. Harga yang mahal ini berisi dosis sekali suntikan, jika dihitung pasti akan merugikan peternak sebab ini hanya untuk 1 ayam saja jika 10.000 ayam,  berapa duitnya?
Sebenarnya, ukuran ayam yang besar itu disebab oleh persilangan genetik.

2.Isu flu burung
 Kejadian flu burung menyebabkan komsusmsi ayam kampung pun ikut melorot karena takut tertular virus ini. Padahal dengan mengkonsumsi ayam kita akan terhindar dari anemia disebabkan kandungan zat besi. Zat besi akan membuat kadar trombosit dalam tubuh stabil sehingga terhindar dari anemia.

Makanan bergizi akan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.Hal ini dikarenakan kandungan mineral dan vitamin dalam daging ayam .

Daging ayam mengandung niacin yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab jantung koroner. Caranya melakukan pengolaahan direbus dan dikukus. Niacin juga mampu mencegah kanker sekaligus menghindari terjadinya kerusakan sel-sel DNA pencetus kanker.

Mineral lain yang ada pada daging ayam adalah kalsium berfungsi untuk tulang. Fosfor dan kalsium yang tinggi dibutuhkan tumbuh untuk tumbuh kembang anak dan ini akan tercukupi dengan makan daging ayam.

Lansia tidak perlu takut komsumsi ayam malahan dianjurkan sebab kandungan zat Selenium cukup tinggi sehingga bisa mencegah sakit di bagian-bagian persendian.

Vitamin yang ditemukan pada daging ayam yaitu vitamin B5 atau asam pantotenat memberi efek tenang pada sel-sel syaraf sehingga bisa menghilangkan stress. vitamin B kompleks mengaktifkan kinerja enzim-enzim yang  berperan proses metabolisme tubuh.

Keuntungan lain dari komsumsi ayam adalah menambah massa otot cocok bagi yang ingin berdiet, tapi dengan cara direbus. Selain itu daging ayam mengandung protein tinggi dan minim lemak.


Adapun Keuntungan yang didapatkan dengan memakan telur secara rutin adalah :
a. Tubuh penuh nutrisi
Telur mengandung  vitamin A, E, B6, B12, tiamin, riboflavin folat, zat besi, fosfor, magnesium, selenium dan banyak lagi.

b.Menstabilkan Hormon
HDL akan membantu hormon tubuh memproduksi seperti testosteron, estrogen dan kortisol.

c.Meningkatkan Daya Ingat dan Kinerja Otak
Sumber kolin ditemukan pada kuning telur yang diperlukan untuk perkembangan otak dan memori

d.Menyehatkan Mata
Telur mengandung lutein dan zeaxanthin berfungsi mencegah kerusakan mata, terutama katarak dan degenerasi makula.

e.Menguatkan Otot
putih telur membuat  otot jadi lebih kuat.

f.tulang Jadi Kuat
Ini berkat kalsium yang terkandung didalamnya. Kandungan vitamin D membantu dalam menyerap kalsium dan menjaga kesehatan gigi

g.Turunkan Berat Badan
Studi mengungkapkan bahwa makan telur selama sarapan akan mengurangi jumlah makanan yang akan kita konsumsi di jam berikutnya.

h. Cegah Risiko Stroke
Penelitian telah menunjukkan bahwa makan telur dan memilih untuk diet rendah karbohidrat sebenarnya mengurangi risiko stroke.

I.Kaya Asam Amino
 Telur mengandung semua asam amino esensial untuk perkembangan dan pemulihan fisik.

 Berbagai kandungan ayam dan telur telah dikemukakan ,dan jika rutinmengkonsumsi akan membuat tubuh sehat dan cerdas.
Selain sehat fisik kita juga menyehatkan perekonomian peternak.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menggiatkan makan ayam dan telur ,salah satunya mencanangkan hari ayam dan telur nasional(HATN).  Program ini masih asing karena baru dicanangkan oleh menteri pertanian pada 15 oktober 2011.

You Might Also Like

0 komentar

Beautynesia

beautynesia blogbeautynesia

Iblogmarket

IBX5A99EA8C4DE69

Like us on Facebook

blogger muslimah

Flickr Images

Daisypath Anniversary tickers