Ingin Mendapatkan Uang Dari Blog? Tentu bisa

February 24, 2022

Blog sumber pendapatan

Mempunyai blog dan menghasilkan uang, pernahkah teman online mendengarnya? Untuk zaman serba canggih tidak diragukan lagi.  Namun permasalahannya adalah bagaimana cara mewujudkan. Apakah cukup dengan punya platform kemudian upload karya?  Tidak! Seorang blogger harus melewati beberapa tahap seperti riset keyword, meramu kata sehingga enak dibaca, memperhatikan kaidah KKBI dan memilih gambar pemanis.

Setelah semua tahapan dilalui tidak langsung sukses ya. Sukses yang dimaksud tidak hanya dilihat dari materi tapi juga kontennya mampu menghibur dan memberikan solusi untuk pembacanya. Namun tak bisa dipungkiri materi selalu jadi prioritas utama didalam hidup terutama untuk pembuktian kepada orang lain. 

Pembuktian seperti apa?  Pembuktian bahwasanya penulis blog bisa bertahan hidup, lebih tepatnya sebagai sebuah profesi yang menghasilkan uang. Sayangnya, saat ini aku belum bisa mewujudkannya, bukan karena tidak bergerak tapi pergerakan ke arah tersebut belum menunjukkan hasil. Aku merasa seperti bayi sedang berproses dari merangkak menuju berdiri kemudian berjalan. 

Saat ini aku berada di fase 'merangkak' , hal ini dilihat dari beberapa konten blog yang mulai sedikit menghasilkan walaupun belum semoncer  blogger lain. Istilahnya, sekadar untuk membeli paket internet saja tapi itu membahagiakan, bahwa apa yang telah dijalani selama ini telah bergerak walaupun tertatih. Dan lagi-lagi tulisan ini mengandung curhatan, ha...ha

Hal itu tak membuatku tak berpuas diri, harus bisa melecut diri sendiri untuk bisa lebih baik lagi dan bisa sukses seperti blogger lain. Cara yang bisa dilakukan dengan terus belajar dan belajar, terdengar klise tapi percayalah hidup untuk belajar. *Super sekali

Cara membuat blog yang menghasilkan uang 

Diatas sudah kusinggung sedikit blog bisa menghasilkan. Pasti teman online bertanya, "bagaimana cara membuat blog yang menghasilkan uang ?" Tentu saja jawabnya dengan membuat blog di platform terbaik dan gampang digunakan. Ada banyak platform seperti WordPress, Blogspot, Joomla, Drupal, Magneto dll. Namun tidak semua orang mampu mengoperasikannya. 

Paltform blog untuk menghasilkan uang

Setelah memilih platform, ternyata tidak cukup di situ saja Cara membuat blog yang menghasilkan uang . Ada hal yang perlu disiapkan sebagai berikut:

1. Mempersiapkan diri

Mungkin teman online bertanya kenapa harus mempersiapkan diri? Sebab ketika memutuskan mendapatkan cuan dari blog maka akan ada ketidakpercayaan orang terdekat pilihan itu akan berhasil. Kebanyakan dari mereka meragukannya dan itu aku rasakan.

Selain itu juga seorang blogger harus menyiapkan moodnya untuk bisa bekerjasama sehingga hasil tulisannya bermanfaat dan menarik bagi pembaca blog.

2. Mempersiapkan kelengkapan blog

Kelengkapan blog yang seperti apa? Menurutku sebuah blog  jika ingin  diberdayagunakan  harus dilengkapi dengan  domain dan hosting, template yang ramah dimata  dan juga beberapa widget pendukung. Mari kita bahas satu persatu ya, teman online.  

Domain  merupakan  nama unik untuk mengidentifikasi  atau  mengingat si pemilik blog dan tak jarang juga digunakan sebagai branding blogger. Banyak domain yang bisa dipilih  dan umumnya lebih memilih menggunakan dot com.  Keberadaan domain dianggap sebagai bentuk profesional pemilik  blog, sebagai  petunjuk sang  pemilik siap melahirkan karya-karya berkualitas.

Selain domain, juga ada hosting  berfungsi sebagai tempat penyimpanan data website untuk diakses melalui jaringan internet.  Tidak semua  blogger menggunakan hosting sebab  pemilik Blogspot tidak membutuhkan kelengkapan ini.

Menggunakan template aman dimata, maksudnya tampilannya minimalis, sederhana dan bersih. Penggunaan warna harus diperhatikan, pilih warna yang lembut. Selain itu template harus menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan oleh visitor. Syarat terakhir template yang baik adalah loading cepat.

Jika diibaratkan blog merupakan sebuah rumah dan template  adalah design interiornya. Tentunya  mata akan lebih senang dengan  design yang  warnanya kalem dengan hiasan yang sesuai.  Template bagus tidak harus dibeli, beberapa template bawaannya bisa digunakan, asalkan ngak bikin mata sakit.

Penggunaan widget  jangan banyak-banyak dan lebay,  bagi blogger zaman old pasti ingat dahulu pernah ada kupu-kupu  beterbangan, salju , kursor bergerak, bahkan musik. 😁Duhh... Jadi  nostalgia. Penggunaan printilan tersebut akan membuat tampilan blog semrawut bahkan membuat lama terbuka. Selain itu mengganggu mata saat membaca.

Malahan beberapa pembaca memilih meng-klik tanda silang jika dalam hitungan detik blog lama dibuka. Blog hari ini bukan lagi galeri, jadi masukkan saja widget yang diperlukan seperti  populer post, arsip, kategori dan kontak. Blog bukan lagi sebuah galeri tapi sebuah sarana untuk dibaca. 

3. Mempersiapkan tulisan berkualitas dan SEO

Sebelum melahirkan tulisan, lakukanlah riset keyword, tujuannya  mendatangkan visitor.  Menulis tanpa riset layaknya seperti sebuah diary takkan ada trafik. Awal membangun blog aku hanya menulis apa saja yang terpikir, akibatnya blog ngesot dan tidak berkembang baik. Aku kini mulai memperbaikinya.

Setelah ketemu kata kunci dengan persaingan ringan, tulislah artikel dengan menarik dan bermanfaat. Artikel bermanfaat adalah artikel yang mampu memberikan pengetahuan dan solusi bagi pembaca dan tentunya harus dikemas dengan menarik. Artikel menarik akan membuat pembaca rela berlama-lama didalam sebuah blog.

Kedua syarat harus terpenuhi sebab ini lagi-lagi terkait dengan persaingan. Keyword yang serupa itu banyak namun artikel yang menarik dan memberikan manfaat akan  membuat pembaca betah dan tak jarang menjadikan blog tersebut sebagai candu. 

Menghasilkan uang dari blog tidak cukup dengan artikel bermanfaat dan menarik, ada syarat lainnya yaitu penerapan SEO untuk mengoptimalkan dimesin pencarian. Sekali lagi terkait kata kunci yang sama, tentunya sudah terbayang persaingan yang ketat. 

Fakta yang tidak bisa dibantah adalah orang akan menyukai artikel dihalaman pertama. Ketika mereka mengetikkan kata kunci dan merasa informasi atau solusi sudah pas, maka tidak akan mengintip halaman berikutnya.  Jadi, teman online sudah bisa membayangkan pentingnya arti sebuah SEO

SEO untuk memudahkan blog dioptimasi sehingga mendapatkan pendapatan

 4. Membagikan ke media sosial 

Seorang penjual ingin banyak pembeli tentunya harus giat promosikan jualannya, begitu juga dengan blogger. Orang akan mencari sesuai kebutuhan dan tentunya yang berada dihalaman pertama. Seorang blogger harus membagikan kontennya ke media sosial sehingga keterbacaan lebih tinggi. Namun harus diingat jangan asal share saja, sebab akan meningkatkan bounce rate. Apalagi bounce rate? Next time akan dibahas ya teman online.  

Keempat hal diatas merupakan cara membuat blog yang menghasilkan uang dan harus diterapkan dengan baik. Ternyata, setelah menerapkan tapi masih belum mendulang rupiah? Jangan sedih, tetap lakukan yang terbaik sebab di dunia tidak ada yang instan. Nikmati setiap prosesnya dengan bahagia sampai masanya tiba.

Berikut ini beberapa cara yang bisa teman online pilih untuk menghasilkan uang seperti : google adsense, konten placement, affliansi, berjualan produk dan berjualan jasa. Next time aku akan bahas cara-caranya. 

Kemajuan teknologi membuat orang harus kreatif dalam mencari uang. Memilih berpenghasilan dengan menjadi blogger merupakan salah satu bentuk kreativitas dan bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Asalkan teman online mampu dan mau menjalani dengan sepenuh hati.  Sebelum menutup artikel cara membuat blog yang menghasilkan uang, apakah teman online sudah memahami dan siap menerapkannya? 




 


You Might Also Like

0 komentar

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*