Perlu Diketahui! Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

March 23, 2021


Beberapa kali mata berusaha menyakinkan bahwa pantulan cermin itu adalah diriku yang terlihat berbeda dari biasanya. Dan ternyata ekspresi kaget juga nampak dari tamu undangan bahkan tak sedikit keluar kata manglingi(bikin pangling) dari mulut mereka. Entah ini keberhasilan tukang make up atau efek jarang bersolek. Tak dipungkiri bagi saya dandan itu cukup ditemplok bedak kemudian dikasih pemerah bibir warna natural. 

Selain dandanan cantik, kenaikan berat badan yang drastis juga bikin tamu kaget,  terutama bagi teman atau kerabat yang udah lama ngak ketemu dan tiba-tiba datang ke pernikahan saya.

Cara saya menaikkan berat badan 

Sepanjang usia saya itu kurus banget bahkan saking kecilnya ketutupan sama saudara, ini lebay ha..ha. Mempunyai badan kurus ngak bikin bahagia apalagi kalau kumpul jadi pembanding. Sedih tapi mau bagaimana lagi berbagai upaya udah dilakukan untuk menambah berat badan mulai dari olahraga untuk membentuk otot, minum susu protein, konsumsi suplemen, meningkatkan porsi makan, mencukupi kebutuhan tidur, bahkan minum obat cacing. Upaya ini membuat timbangan bergeser tapi ngak banyak. 

Pada akhirnya, ketika pernikahan terjadi  kenaikan berat badan drastis, bahkan saat fiting beberapa kali merombak gaun. Beberapa orang berpikir kebahagiaan menyelimuti diri ini sehingga berkolerasi dengan berat badan. Sayangnya, semua anggapan itu tidak 100% benar.  Sebulan menjelang hari -H saya menderita penyakit yang mana efek samping obatnya bikin wajah sembab. Moon face , demikian istilah kedokteran. Perubahan mendadak bikin ngak percaya diri, beberapa shading tapi ngak bikin tirus.

Kenali tubuh sebelum beraksi

Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan setiap orang. Berbagai cara dilakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut, namun harus diingat usaha itu harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan. Jangan mudah tergoda dengan iklan walaupun ada role mode-nya yang berhasil. Selalu ingat tubuh kita ngak sama dengan orang. Pernah dengar keluhan orang"apa yang dimakan jadi lemak". Hmmm , jadi itu menunjukkan ada perbedaan antara satu orang dengan orang lain.

Berbagai anjuran diet banyak yang bertebaran tapi jangan keturutan , latah mengikuti. Percuma, salah diet bisa menimbulkan efek berbahaya dan tak jarang kematian.  Lebih baik cari tau kondisi tubuh kenapa berat badan rendah atau tinggi. Cari tau apakah ada penyakit penyerta, cari tau aktivitas harian seberapa padat dan pola istirahat.

Cara mendapatkan berat badan ideal 

Setelah tau kondisi baik-baik saja, barulah dilakukan diet apakah ingin menaikkan atau menurunkan berat sehingga tercapai berat ideal.  Memiliki berat ideal tak hanya terkait penampilan saja tapi juga perwujudan untuk memiliki tubuh yang sehat. Berat berlebih atau obesitas memiliki dampak terhadap kesehatan tubuh begitu juga berat kurang. 

Cara menghitung berat badan ideal ada 2 rumus yang bisa diterapkan

1. Indeks massa tubuh (IMT) BMI

IMT merupakan hasil penghitungan ukuran tubuh caranya dengan menghitung berat badan dan tinggi badan . Cara ini bisa digunakan sebagai penilaian untuk untuk mengetahui apakah seseorang berisiko mengalami suatu penyakit kronis atau tidak.


Setelah didapatkan angkanya, lihat masuk kategori apa

Rumus ini tidak bisa diterapkan pada anak-anaknya. Kenapa? karena lemak tubuh berubah, anak-anak masih mengalami pertumbuhan sehingga berat dan tinggi badannya tak stabil atau konstan.  Selain itu ada perbedaan lemak di antara anak-anak perempuan dan laki-laki. Jadi kalau ingin mengetahui berat badan ideal anak gunakan rumus IMT.

Kekurangan lain adalah hasil IMT bersifat umum tidak memperhitungkan faktor-faktor lain, seperti tipe bentuk tubuh, usia, jenis kelamin dan tingkat aktivitas seseorang. Contohnya atlet akan dinyatakan kelebihan berat badan padahal beratnya berasal dari massa otot.

Jadi, rumus IMT kurang akurat diterapkan, namun setidaknya keberadaan rumus ini bisa untuk menghitung cepat berat badan seseorang sudahkah ideal. Terutama pada wanita yang selalu bermasalah dengan berat badan. 


2. Rumus broca

Tubuh pria dan wanita memiliki karakteristik yang berbeda , dilihat dari hormon, pertumbuhan dan ciri khasnya. Pada pria berat badan ciri khasnya lebih banyak memiliki massa otot dibandingkan wanita, sedangkan wanita lebih banyak memiliki komposisi lemak dalam tubuhnya. Sehingga ideal pria tidak sama dengan wanita.

Rumus yang memperlihatkan gender dalam menghitung berat badan ideal adalah rumus Broca.

Rumus Broca untuk menghitung berat badan ideal

Contohnya penggunaan rumus Broca untuk cara menghitung berat badan ideal wanita. Misalnya wanita memiliki tinggi badan 160 cm maka berat badan idealnya 

BBI (kg) = [160– 100] – [(160 – 100) x 15%].
BBI = 60 - 9
         = 51

Sedangkan cara menghitung berat badan ideal laki-laki dengan tinggi badan 160 cm adalah 
BBI (kg) = [160– 100] – [(160– 100) x 10%]
BBI = 60 - 6
         = 54

Terlihat bukan, ada perbedaan berat badan ideal antara pria dan wanita. Selain dari pengukuran, ada cara cepat untuk mengetahui seseorang kelebihan berat badan dengan mengukur lingkar perut. Kenapa ini diukur, sebab lemak disekitar organ perut meningkatkan resiko penyakit diabetes, jantung dan kematian.

Cara menaikkan berat badan ala unni rizka

Beberapa bulan setelah menikah tubuh saya kembali kurus, efek obat telah berakhir.  Sedih!  Harus berusaha lagi menaikkan berat badan menuju berat badan ideal. Caranya dengan olahraga , makan teratur ,minum suplemen temulawak , kurangi stres, cukupi kebutuhan istirahat dan pastinya selalu menggunakan rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal wanita. 

You Might Also Like

1 komentar

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

Join

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*