Mudah dan Cepat Mendirikan PT bersama Vospace

November 30, 2020


Setiap mendengar desas-desus pengurangan karyawan atau ada yang minta pensiun dini, saya berdebar-debar. Rasa cemas itu mengukung hati dan pikiran,  bagaimana jika giliran kami tiba.  Sebenarnya bukan kabar baru, hampir tiap tahun terjadi pengurangan karyawan dan di masa Covid-19 ini banyak perusahaan diluar sana yang efisiensi. 

Cepat atau lambat kami akan sampai di masa itu, tak mungkin selamanya bekerja dengan orang, bukankah lebih baik punya usaha sendiri. Tapi lagi-lagi terhalang oleh kesiapan mental dan modal. Menjalani usaha sendiri merupakan tantangan berat bagi yang belum ada pengalaman, salah perhitungan modal bisa ambyar.

Mendirikan perusahaan itu murah dan mudah

Beberapa kali kami membicarakan plan bikin usaha tapi masih belum ketemu kata sepakat. Saya ingin bikin perusahaan yang  menyalurkan kebutuhan bahan pokok konsumsi masyarakat secara grosir dan eceran. Adapun sasaran saya kelompok kecil seperti warung, rumah makan, koperasi, koperasi dan pesantren. Saya ingin berbisnis sambil membantu kelompok kecil.

Sedangkan suami ingin gabung di tempat om nya yang bergerak di bidang transportasi. Jadi, sampai ketemu kata sepakat dinikmati saja kerja sama orang tentunya sambil kumpulin modal.

Mungkin terdengar ngak pantas saat orang biasa seperti saya yang berkeinginan punya perusahaan, sebab selama ini gambaran di sinetron, sebuah perusahaan itu punya banyak karyawan , punya kantor yang besar dan mewah serta harus punya modal besar untuk bisa berdiri. Tapi, itu ngak sepenuhnya benar! Sinetron mah, kebanyakan menggambarkan usaha yang udah maju dan jarang yang memperlihatkan kondisi dari nol.

Tentukan jenis perusahaan yang ingin dibangun 

Sebelum kita bicara panjang, mari pahami arti dari perusahaan. Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan tempat berkumpulnya semua faktor produksi. Perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada yang tidak. Ketika perusahaan terdaftar di pemerintah maka ada badan usaha untuk perusahaannya.

Ketika sebuah perusahaan sudah ada badan usaha maka ia sudah memiliki badan hukum sehingga memudahkan dalam melakukan aktivitas produksi dan kegiatannya dilindungi secara hukum.

Bentuk perusahaan yang ada di Indonesia yaitu :

  • CV ( Commanditaire Vennootschap)
  • FA (Firma)
  • Koperasi - Kooperatif
  • Maatschap - Limited liability company
  • PK - Persekutuan Komanditer 
  • PMA – Penenaman Modal Asing 
  • PMDN – Penanaman Modal Dalam Negeri 
  • Persekutuan Perdata - professional partnership
  • Perusahaan Umum (Perum) 
  • Perusahaan Jawatan (Perjan) 
  • PT – Perseroan Terbatas 
  • P.T. Tbk. - Perseroan Terbatas, Terbuka 
  • UD - Usaha Dagang 
  • Yayasan - Foundation

Memilih mendirikan Perusahaan dalam bentuk PT 



PT merupakan badan usaha yang modalnya terdiri dari saham. Setiap orang bisa masuk dan pergi (menjual saham) tanpa perlu membubarkan perusahaan. Kelebihan lainnya adalah kekayaan perusahaan terpisah dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan. Tujuannya memudahkan mengurus pajak dan mencegah pemiliknya harus kehilangan aset saat gulung tikar.

Jadi mulai sekarang ketika nonton televisi harus smart people ya, tidak semua perusahaan kantornya mewah, berdasi, karyawannya banyak dan modal besar. Asalkan ada kemauan ,lengkapi legalitas dan sedikit modal dirikan saja PT. Bahkan dengan modal 500 juta saja sebuah PT kecil sudah bisa berdiri.

Syarat pendirian PT di masa ini tidaklah seribet dahulu, cukup dengan Pengurusan legalitas PT tidaklah susah dahulu cukup dengan 3 surat  saja yaitu izin usaha yaitu surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan akta pendirian.  Jadi, ketika ada rencana membuat usaha langsung urus surat-suratnya demi mendapat legalitas.

Membuat PT dengan Bantuan VoSpace

Namun faktanya, masih banyak pemilik PT yang kesulitan mengurus perizinan badan usahanya, dimulai dari urusan yang berbelit-belit, tak paham prosedurnya dan itu memakan waktu yang lama. Atau jika ada sedikit ilmu mereka akan menggunakan jasa notaris pembuatan setelah itu bingung kemudian  pada akhirnya minta pihak lain  dan kadangkala bertemu oknum yang meminta pungutan tak jelas. 

Beruntung di masa kini banyak perusahaan yang memberikan jasa untuk pengurusan pendirian perusahaan termasuk PT. Dan saya merekomendasikan VoSpace. Perusahaan yang berdiri pada tahun 2018 sudah banyak menolong calon pengusaha. Jangan ragu dengan kredibilitas mereka, walaupun masih baru tapi memberikan pelayanan langsung. Maksudnya, VoSpace langsung menurunkan tim profesionalnya untuk mengurus semua kebutuhan kliennya. 

Alasan mendirikan PT menggunakan VoSpace

1. Harganya bervariatif
Ketika menyerahkan urusan pembuatan PT ke VoSpace kita tak akan direpotkan sama sekali. Cukup menunggu selama 2 minggu saja maka semua berkas seperti akta pendirian notaris, SK pengesahan kemenkumham, Nomor Induk Berusaha(NIB), izin usaha, izin lokasi, NPWP dan SKT pajak sudah selesai pengurusannya. 
 
Jika memiliki modal kecil (dibawah 500 juta) kita tetap akan mendapatkan keenam berkas tersebut. Ada perbedaan harga tiap PT yang ingin didirikan. Proses pengurusan bisa lebih cepat jika mengambil paket virtual office sebab semua urusan terkait penggunaan gedung sudah diurus oleh VoSpace. Dan enaknya lagi gratis penggunaan 24 jam ruang meeting dan mendapatkan stempel perusahaan. Penasaran, berapa biaya pendirian PT Murah , Kunjungi saja linknya 


2.Pelayanan lengkap
Tak hanya membantu pengurusan legalitas PT tapi juga CV, koperasi, firma, dan yayasan.  Selain itu ia juga menyediakan jasa penyewaan virtual office. Saat ini sedang trend memiliki kantor yang tak ada bangunan fisik demi menghemat anggaran. Apalagi di masa Covid-19 ini, bekerja dari rumah bukan hal baru. Semakin maju zaman kemudahan makin mudah didapatkan termasuk untuk urusan perkantoran. Layanan ini dikhususkan untuk wilayah Jakarta Selatan dan sekitarnya.

Saat ini saya dan suami belum sepakat untuk jenis PT yang ingin kami dirikan, sementara itu mencari modal dan informasi untuk mendirikan perusahaan.



You Might Also Like

0 komentar

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*