Belajar SEO Untuk Pemula Di kelas Growth Blogger

September 15, 2020

Sudah lama saya berniat untuk belajar SEO tapi tidak ada actionnya, kalau kata orang-orang wacana doank. Bukannya ngak mau meningkatkan ilmu tapi bingung mau memulai dari mana. Bicara SEO cakupannya luas, namanya juga upaya untuk mengoptimalkan website atau blog untuk mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian. Pastinya banyak cara yang harus dilakukan dan tentunya akan ketemu berbagai istilah yang bikin pusing😅.

Belajar SEO untuk pemula

Pekerjaan harus diserahkan pada ahlinya begitu juga dengan belajar harus pada pakarnya. Walaupun banyak tutorial yang beredar di internet tapi bagi pemula seperti saya butuh bimbingan dan kalau tidak ada hanya akan mengibarkan bendera putih. Keberhasilan belajar SEO itu didapatkan dari 80% praktek dan 20% teori. 

Kelas growth Blogger yang istimewa

Saya beruntung bisa berada di kelas growth, kelas yang diampu oleh coach yang sudah berpengalaman dibidangnya yaitu mas pewe dan masirwin. Beberapa teman bercerita untuk bisa masuk kelas ini sulit. Dan saya menjadi salah satu orang yang beruntung itu. Bisa belajar SEO yang ada interaksinya , ketika terbentur bisa bertanya dengan coach-nya kapan saja. 

Sistem belajar dikelas ini ketat, sehabis materi akan tugas sebagai bentuk evaluasi apakah paham atau tidak. Tugasnya pun beragam, kalau analisa itu dikaitkan dengan kondisi blog. Membuat artikel tugas ini merupakan praktek dari penerapan optimasi blog. Tugas lainnya perbaiki template dan link. Kesemua tugas ini jangka waktunya hanya 2 hari saja dan sebagai buta SEO saya kewalahan. Beruntung banyak teman-teman yang membantu.

Tugas yang diberikan merupakan tiket masuk ke materi selanjutnya jadi harus dikerjakan dengan hati-hati. Belajar di sini bikin disiplin dan teliti. Sebuah kelas unik yang dalam 1 waktu bisa bikin happy , ketawa dan cemas. Berbagai keistimewaan ini didapatkan secara gratis.  

Belajar SEO dengan Coach Bahrul Ilmi

Belajar SEO untuk pemula di kgb


Banyak Coach yang berada didalam kelas growth blogger ini. Salah satunya Bahrul Ilmi. Udah tau dengan beliau? Jadi, coach Bahrul Ilmi merupakan blogger Pontianak. Kiprahnya tak hanya sebagai content writer tapi juga penyedia jasa pembuatan web dan artikel yang SEO friendly. Cara penyampaian materinya mudah dipahami, memberikan contoh yang sederhana dan sabar dalam menjawab setiap pertanyaan. Bahkan ketika ada pertanyaan yang tak dipahami maksudnya dia akan menanyakan ulang kepada penanya sehingga yang lain tak gagal paham.  Penasaran sama dia, tengoklah Instagramnya di @bahruladitya

Materi yang didapatkan di kelas growth Blogger

Materi 1: memahami Google Analitik(GA)

Produk Google untuk belajar seo


Sebelum masuk kelas ini salah satu persyaratannya adalah sudah ada data google analitik dan google search console minimal dalam 3 bulan. Kedua data ini penting dimiliki walaupun masih merasa blogger pemula, untungnya saya udah pasang keduanya walaupun ngak pernah dilirik datannya.😅

Google analitik merupakan sebuah layanan gratis yang diberikan google untuk menampilkan data pengunjung sebuah website dan juga blog. Data yang ada di sini lengkap seperti sumber trafik, demografi pengunjung, konten populer dan kata kunci yang mengandung visitor ke blog.

Google analitik harus dipahami oleh blogger sebab ini bisa jadi evaluasi untuk blognya. Selain itu terkait cuan, ada juga pemberi job yang meminta rekapan data analitik blogger. Untuk bisa menggunakannya harus tersambung dengan blog. Oh iya... bagi teman-teman yang mau ganti template selalu simpan Kode Google analitik, kebanyakan dari kita memasangnya di template.

Materi 2: memahami cara menggunakan google search console (GSC)

Belajar SEO di kelas growth blogger


Google search console masih layanan gratis dari Google yang berguna untuk untuk meningkatkan keterlihatan website atau blog dihasil pencarian google dan menampilkan laporan status indeks yang didaftarkan. Gampangnya, GSC akan memaksimalkan artikel kita di google.

Selama ini GSC hanya digunakan untuk mempercepat artikel untuk mempercepat diindex , sejak belajar di kelas ini saya jadi tau bahwa bisa digunakan untuk melihat perkembangan dan perbaikan blog. Seperti GA, untuk melihat data harus tersambung di blog.

Materi 3 : keyword research 

Belajar SEO untuk pemula


Keyword research adalah proses mencari kata kunci untuk membuka tulisan. Jadi sebelum menulis harus riset dulu agar tulisan yang dibuat tak hanya dibaca oleh orang yang sengaja datang ke blog kita, tapi juga oleh mesin pencari.

Riset keyword itu penting banget untuk menemukan ide tulisan, membuat artikel yang sesuai dengan kebutuhan pembaca. Banyak tool yang bisa digunakan seperti Google Search, google keyword planner, Ubersugest dan google trends.  

Coach Baim mencontohkan 2 tools yaitu google search dan Ubersugest. Dan setelah mempraktekkannya saya terkejut, beberapa query yang ada diGSC tidak ada volume pencarian di google. Kemudian mencoba menggunakan keyword turunan pun tak ada volume pencarian. Pantas ya, blog ini sedikit pengunjungnya. 

Baiklah, selanjutnya saya akan riset sebelum bikin artikel supaya tulisan sesuai kebutuhan dan kalau bisa bonusnya page one. Aaminn 

Materi 4: parameter SEO on-page

Belajar SEO untuk pemula


Belajar SEO itu sulit dan membosankan, demikian gambaran saya. Benar, tapi jika ingin blog berkembang dan jadi lebih baik harus dilawan. SEO itu ada 2 yaitu offpage dan onpage. SEO Off-page merupakan optimasi yang dilakukan dari luar dengan menggunakan backlink.

SEO on- page merupakan materi pamungkas dari coach Bahrul Ilmi, yaitu fokus optimasi pada keseluruhan blog tak hanya artikel saja, pantas saja sebelum masuk materi ini kami diminta boleh coach Irwin untuk perbaiki template yang aneh. Kebayang ngak sih, betapa pusingnya yang tak paham kode html untuk ngutak-atik. Walaupun udah dipandu namun kepala terasa berat matapun berkunang-kunang.

Parameter SEO on-page itu banyak dan kesemuanya tidak boleh dilewatkan kalau ingin artikel diperhatikan oleh google yaitu:

  1. Judul artikel mengandung keyword sebaiknya 55 atau 60 karakter
  2. Menyisipkan keyword di permalink untuk memudahkan mesin telusur mengenali artikel. Permalink sebaiknya tidak lebih dari 75 karakter
  3. Menyisipkan keyword di meta deskripsi yang berisi penjelasan singkat isi artikel  maksimal 150 karakter
  4. Menyisipkan keyword di awal paragraph pertama
  5. Optimasi tag heading. Ini tugas yang diberikan sebelum masuk materi. Mengedit template agar struktur blog menjadi baik. Dimulai dari penempatan H1 yang harus sesuai.
  6. Optimasi gambar dengan menambahkan alt titile dan alt image pada gambar yang digunakan
  7. Penggunaan outbound link atau link keluar dari blog menuju blog orang lain  yang relevan
  8. Gunakan internal link yang menuju ke artikel lain dalam blog
  9. Manfaatkan LSI Keyword/Keyrord turunan atau persamaan kata kunci untuk mengatasi kebosanan pembaca dengan kata yang terus berulang
  10. Share ke sosmed untuk mendapatkan social signal 
  11. Submit ke GSC untuk memastikan tulisan sudah diindex oleh google.

Belajar SEO untuk pemula itu wajib hukumnya kalau ingin blognya atau website berkualitas, bermanfaat dan menghasilkan. Untuk bisa belajar maximal dan tuntas harus belajar dengan ahlinya. Ketika udah paham teknik SEO, maka pemula bisa belajar menerapkan diblognya.

Naah, saat ini ada kelas growth blogger juga ada yang premium. Terus apa bedanya? Kalau kelas gratisan kenaikan DA ngak banyak ya, selama 2 minggu saya berhasil naik 3 angka. Luar biasa bukan! Apalagi kelas premium ada jaminan naik 30+ dan DR 50+. Artinya semua materi yang diberikan lebih banyak dari yang gratis. Oh iya... Udah pada paham belum hubungan SEO dan DA? Standar dari suatu website adalah DA, semakin tinggi nilainya akan semakin bagus kualitas suatu website atau blog. Mau DA meroket ya belajar Optimasi blog.

Belajar SEO di kelas berbayar ini ngak tunggu banyak, kalau udah 10 orang kelas akan langsung buka.Tunggu apa lagi daftar sekarang , caranya dengan klik banner dibawah 

Coaching SEO kgb


You Might Also Like

3 komentar

  1. wah seru banget mbak kelasnya
    apalagi materi GA dan GSC itu penting banget bagi blogger
    sayang aku tipe blogger yang cukup abai masalah SEO ini huhu
    beruntung banget bisa ikut kelasnya mbak

    ReplyDelete
  2. Belajar SEO nya bikin mupeng ya seru habis. Apalagi blogger kalau menurutku wajib belajar heheh.

    ReplyDelete
  3. Ulasan materinya lengkap banget mba,, gara-gara di KGB blog ku makin sehat :)

    ReplyDelete

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*