Ingin sehat dan cantik? Jangan lupakan ritual ini sebelum tidur

June 13, 2020

Kata cantik identik dengan kulit terutama wajah. Tak bisa dipungkiri saat bertemu orang wajahlah yang jadi pusat perhatian. Ketika wajah udah cantik pakai fashion yang murah atau biasa aja akan bikin penampilan luar biasa.  Maka dari itu orang berlomba mempercantik wajah dan mengatasi masalah yang sering terjadi.
Masalah yang sering dialami oleh wajah adalah komedo, jerawat, hiperpigmentasi, kulit kusam, hingga penuaan dini. Waaah banyak juga, terus wajah putih masuk mana, hiperpigmentasi? No...,  menurut saya kulit putih hanyalah keinginan yang muncul saat jadi korban iklan. 

Lakukan perawatan kulit sedini mungkin

Cantik bisa diciptakan, semua juga tahu itu! Cantik itu sakit? Saya tidak setuju. Ada kok cara cantik yang tidak menyakitkan dan tanpa merubah bentuk yang sudah Tuhan kasih, yaitu dengan perawatan dan mengubah mindset. Keduanya ini tidak instan butuh proses.

Utamakan dulu mengubah mindset, kemudian perawatan maka cantik akan datang dan akan lebih baik lagi jika ditambahkan inner beauty. Kebayang ngak, bisa jadi Putri sejagat tanpa repot ikut kompetisi. Siapa jurinya? Orang disekitarmu

penyebab masalah kulit 

Banyak penyebab masalah kulit tapi lebih sering akibat paparan sinar UV yang berlebihan, debu dan polusi udara. Penyebab lain yang tak boleh dilupakan adalah gaya hidup seperti ngerokok, alkohol, kurang tidur jarang olahraga dan stres . 

Setelah diketahui penyebab masalah kulit, tentu kita harus mewaspadai dan melakukan perawatan. Namun, ada hal yang tidak bisa ditolak dan itu akan berdampak pada hidup yaitu bertambahnya umur. Ketika mengalami penuaan maka kulit pun akan sulit untuk regenerasi.

Normalnya selama 25-40 hari kulit akan terkelupas dan berganti baru. Ketika alami penuaan maka jangka waktunya menjadi lebih panjang. 

Waktu merawat kulit

Sedini mungkin itulah waktu untuk merawat kulit. Namun, secara umum perawatan wajah dianjurkan bagi orang berusia 20-an tahun atau yang kulitnya rentan. Perawatan yang dilakukan adalah dengan rutin cuci muka , memakai tabir surya minimal SPF 30 saat beraktivitas di luar ruangan dan skin care lainnya serta cuci muka dua kali sehari (terutama sebelum tidur).

 Manfaat merawat kulit banyak yaitu 
1. Terhindar dari masalah Kulit
Kebiasaan merawat kulit wajah sejak dini bisa mencegah komedo, jerawat, dan kulit kusam. 

2. Awet Muda
Penuaan tak bisa dihindari tapi bisa memperlambat prosesnya. Semakin bertambah umur regenerasi kulit akan melambat dan produksi kolagen berkurang sehingga kulit tak lagi elastis.

3. Kulit Berfungsi Optimal
Fungsi utama kulit untuk melindungi organ dan jaringan tubuh dari infeksi bakteri dan paparan radikal bebas. Fungsi lainnya untuk regulasi suhu tubuh, ekresi racun, penyerapan oksigen dan nutrisi, mencegah tubuh kehilangan cairan dan zat penting serta berperan dalam sistem imun. Kesemua fungsi tersebut akan optimal jika merawat kulit sejak dini.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Ritual sederhana dimalam hari 

Perawatan kulit terutama wajah harus merata dimulai dari bagian dalam hingga terluar. Perawatan dari dalam dengan banyak minum air putih, konsumsi makanan sehat (terutama buah dan sayuran), kelola stres, tidur cukup, dan rutin berolahraga. Sedangkan dari luar dengan penggunaan skincare secara rutin terutama dimalam hari.

Secapek ,selelah dan sengantuk atau dalam kondisi apapun jangan lewatkan perawatan dimalam hari. Adapun ritual yang bisa dilakukan adalah 
  •  mencuci muka, tujuannya untuk menghilangkan minyak dan kotoran di permukaan. 
  •  Penyegar Wajah atau Toner
Setelah cuci muka, gunakan toner pada wajah. Selain menyegarkan, toner juga membantu menjaga kelembaban kulit yang mungkin hilang setelah mencuci muka dengan sabun. Toner juga membantu meregenerasi kulit baru dan untuk meremajakan kulit.
  • Gunakan Krim Malam/Serum/Essence
Langkah ketiga ini bisa menyesuaikan dengan perawatan wajah yang  dibutuhkan.  Kenali kebutuhan kulit wajah sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satunya.

Ciri-ciri kulit wajah sehat yaitu memiliki tampilan wajah yang kenyal, glowing, bersih dan halus. Ketiganya akan didapatkan jika rutin melakukan perawatan dan harus selalu ingat ini tidak instan, butuh proses.

You Might Also Like

1 komentar

  1. aku biasa langsung tidur tanpa ada ritual-ritual buat wajah, hehe.. Boleh deh dicoba biar awet muda. makasih uni..

    ReplyDelete

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*