Introvet Juga bisa Bosan Dirumah, Lakukan 3 Tips Berikut Ini !

April 27, 2020


Sebelum menilai orang harus kenal dengannya terlebih dahulu, seperti kata ungkapan don't judge book from the cover. Ada 3 macam tipe kepribadian manusia yaitu introvert, ekstrvert dan ambivert. Ketiganya memiliki keunikan dan antara saudara seibu sebapak tidak bisa memiliki kepribadian yang sama.

Kenali kepribadian

Introvet

Orang introvert selalu diidentikkan dengan pendiam, pemalu dan penyendiri. Baginya ketika interaksi dengan orang lain harus keluarkan banyak energi . Adapun ciri umum yang dimilikinya :
  • Suka menyimpan perasaan sendiri dan menarik diri ketika berada ditempat atau bersama orang baru
  • Sebelum bertindak akan mengamati segala sesuatu 
  • Tidak mau kontak mata terutama saat bertemu orang baru.
  • Lebih sering self talking atau berbicara sendiri 
Intinya adalah cenderung fokus pada pikiran, perasaan dan mood yang berasal dari dalam diri sendiri.

Ekstrovert

Kepribadian jenis ini digambarkan sebagai orang berkepribadian hangat dan ramah. Energi mereka didapatkan dari berinteraksi sosial. Suka bergaul , berbincang dan menjadi pusat perhatian.

Ambivert

Kepribadian jenis ini merupakan kepribadian campuran. Ia bisa bergaul dengan mudah namun cenderung diam saat berada didepan orang yang tak dikenal.

Cara 2 kepribadian menanggapi #dirumahaja

berada dirumah saja selama masa wabah menjadi mimpi buruk bagi para ekstrovert. Mereka yang selama ini aktif ke sana kemari,b komunikasi dan kontak fisik kini gak bisa bergerak seolah terpenjara diantara tembok-tembok rumah.

Lalu, bagaimana dengan kelompok introvet. Pasti ngak bakal ada gejolak tinggal di rumah selama masa yang ditentukan. PSBB dan anjuran  #dirumahaja sebagai upaya memperkecil penyebaran virus sehingga dibutuhkan kesadaran dan kesabaran semua pihak. 

Sejujurnya rasa bosan itu ada tapi tidak sekencang ekstrovert. Berarti ada? Iya... Saya ada merasakan suntuk tapi ngak sampai stress juga. 

Setelah ditelusuri yang membuat suntuk atau stess adalah karena kegiatan di rumah yang monoton, dan gak bisa jalan-jalan! Jadi, setiap 2 bulan saya ada jadwal jalan ke mall atau  tempat objek wisata. Istilah me time gitu, menghilangkan kepenatan selama mengurus rumah .

Jadwal saya tergiling oleh Pandemi covid-19 sehingga rasa jenuh itu muncul. Hampir tiap hari uring-uringan ngak jelas.   Beberapa kali si Uda menghibur dan mengatakan "masih untung masih bisa interaksi dengan tetangga"  

Yah ...saya masih bisa bertemu dan sekadar ngobrol dengan tetangga dengan jarak aman tapi tak ampuh juga. Keinginan jalan-jalan begitu kuat. Bukankah akan sangat menyenangkan kalau kita bisa ketemu keluarga, belanja nyata di mall atau melihat hijaunya pegunungan dan  birunya lautan ?

Ada 3 cara yang saya lakukan untuk  bisa memaksa betah dirumah selama Psbb ini

1. Buat rumah lebih nyaman lagi

Selama ini sering banget ikuti akun homedecor dan kini saatnya menerapkan. Ubah posisi perabotan, geser sana sini itu bikin capek tapi lumayan melelahkan dan bikin puas.

Bersihkan perabotan rumah, sudut rumah yang tidak begitu kotor. Kan hampir tiap hari bebersih. 

Permanis rumah dengan menambahkan printilan home dekor dan lakukan hal luar biasa yang tidak pernah dilakukan seperti mengecat rumah. Yups, saya mengecat rumah dengan kuas , kebayang ngak tuh capeknya.

2.lakukan hobi lama

Sibuk dirumah bukan berarti semuanya bisa dilakukan, ada kala hobi lama terpinggirkan. Saatnya kini memulainya lagi, awalnya pasti kagok 

3.pelajari hal baru

Upgrade kemampuan, pelajari banyak hal yang selama ini dianggap tak menarik seperti bikin kue, craft ,berkebun dsb

Semoga ketika hal diatas bisa menahan rasa jenuh saya dan harapan utamanya jangan lagi ada perpanjangan  PSBB.

You Might Also Like

0 komentar

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*